Low Vision – Peran yang dimiliki oleh mata sebagai indera penglihatan, sangatlah penting bagi kehidupan setiap orang. Adanya gangguan kesehatan pada mata, dapat memengaruhi setiap kegiatan dan aktifitas yang dilakukan seseorang. Tidak jarang mereka akan mengalami gangguan penglihatan, sehingga menghambat seseorang dalam melakukan rutinitas. Salah satu gangguan kesehatan pada mata adalah low vision, dimana penglihatan seseorang akan menurun yang disebabkan oleh beberapa faktor. Low Vision merupakan gangguan penglihatan yang signifikan dan tidak dapat dikoreksi sepenuhnya dengan alat bantu optic seperti kacamata atau lensa kontak. Low vision dapat menyebabkan seseorang kesulitan dalam mengenali benda-benda pada jarak jauh seperti tanda jalan dan lainnya.  Mereka juga akan kesulitan dalam membedakan warna terutama dalam warna hijau-biru-violet. Bahkan kesulitan untuk melihat dengan baik meskipun dengan jarak yang dekat.

Low vision akan membatasi daya pandang atau penglihatan seseorang pada jarak tertentu. Pada umumnya jarak pandang yang dimiliki penderita low vision maksimal adalah 6 meter dengan luas pandang maksimal 20 derajat. Penderita low vision akan kehilangan sebagian penglihatannya, dan masih memiliki sisa penglihatan yang dapat digunakan dalam beraktifitas. Penderita low vision mengalami kerusakan saraf penglihatannya. Mereka hanya bisa melihat huruf dengan ukuran besar, silau dengan cahaya terang, dan tidak dapat memandang lurus ketika melihat sesuatu. Mata juga akan terlihat berkabut dan berwarna putih pada bagian luar. Gangguan penglihatan tersebut dapat berakibat buruk pada kesehatan apabila tidak segera mendapat perawatan yang tepat. Oleh sebab itu, pemilihan perawatan low vision harus dilakukan dengan tepat dan baik.

Penyebab Dan Ciri Gangguan Low Vision

Gangguan penglihatan low vision dapat dialami oleh setiap orang pada setiap jenjang usia. Penyebab dari low vision adalah degenerasi makula, glaukoma, retinopati diabetik, dan katarak, serta penyakit langka stargrand. Low vision juga dapat disebabkan oleh tumor, infeksi, cedera, fibroplasias retrolental, diabetes, gangguan pembuluh darah, atau miopia. Selain itu, low vison juga dapat terjadi pada bayi yang baru lahir atau pada anak-anak, dengan istilah kelainan congenital. Penyebab gangguan low vision pada anak adalah virus rubella, maupun diabetes yang diderita oleh ibunya pada saat mengandung, serta albino. Retinitis pigmentosa yang mengurangi penglihatan bagian tepi mata dan kemampuan mata untuk melihat dalam gelap juga berakibat pada low vision. Bagi penderita diabetes disertai retinopati diabetic yang menyebabkan bintik buta, kabur, dan pandangan berbayang memiliki resiko tinggi mengalami low vision.

Baca Juga: Penyembuhan Mata Minus Menggunakan Ortho Keratology

Apabila anda sering membaca dan menulis dengan jarak yang dekat, ada kemungkinan anda mengalami low vision. Kebiasaan dalam menonton televisi dari jarak yang dekat, juga menjadi indikasi low vision. Kesulitan dalam mengenali wajah, mengenali makanan dalam piring, membedakan warna, juga merupakan ciri-ciri adanya gangguan penglihatan low vision. Selain itu, seseorang seringkali tersandung saat berjalan, kesulitan dalam menaiki tangga bahkan kesulitan berjalan sendiri di tempat asing. Penurunan fungsi penglihatan akibat low vision maka dapat mengganggu setiap kegiatan yang dilakukan. Kesulitan dalam berjalan dan mengenali tanda atau marka jalan, dapat menimbulkan resiko yang berbahaya. Penanganan yang tepat dari layanan optic profesional sangatlah diperlukan bagi anda yang mengalami low vision.

Penanganan Low Vision

Dalam penanganan masalah penglihatan low vision hal pertama yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan secara menyeluruh. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan oleh layanan optic yang profesional dan terpercaya. Kemudian, langkah yang dilakukan adalah langkah fungsional dimana penglihatan pasien akan dilatih dengan baik. Latihan tersebut berupa latihan kemampuan melihat, kemampuan memfokuskan pandangan, kemampuan mengalihkan suatu fokus ke fokus lain, dan berbagai kemampuan visual yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan layanan optic profesional dan terpercaya dengan alat medis yang lengkap akan membantu penanganan low vision secara optimal.

Apabila kamu membutuhkan layanan optic professional dalam menangani low vision, Vio Optical dapat menjadi pilihan terbaik. Vio Optical memberikan layanan optic dengan peralatan canggih dan lengkap, pemeriksaan lengkap dengan staff professional, kualitas terbaik dan garansi yang terjamin. Vio Optical, solusi terbaik bagi setiap permasalahan optic yang anda alami. Segera kunjungi Vio Optical untuk memperoleh layanan terbaik dalam permasalahan optic.