Low vision adalah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan penglihatan yang signifikan, sehingga mereka memiliki kesulitan melihat dengan jelas atau memiliki pandangan terbatas. Tantangan sehari-hari yang dihadapi oleh individu dengan low vision dapat sangat beragam, mulai dari membaca, mengenali wajah, bergerak di sekitar, hingga menjalankan tugas-tugas sehari-hari. Namun, dengan strategi dan bantuan yang tepat, mereka dapat mengatasi tantangan ini dan menjalani kehidupan yang mandiri dan bermakna.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu individu dengan low vision menghadapi tantangan sehari-hari:

Konsultasikan dengan ahli penglihatan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli penglihatan, seperti dokter mata atau optometris. Mereka dapat melakukan evaluasi lengkap terhadap kondisi penglihatan Anda dan memberikan rekomendasi yang sesuai, seperti kacamata khusus atau alat bantu penglihatan.

Gunakan bantuan visual

Terdapat berbagai alat bantu visual yang dapat membantu meningkatkan kemampuan penglihatan individu dengan low vision. Contohnya, kacamata baca dengan lensa khusus, perbesaran teleskopik, atau kacamata mata-mata elektronik. Alat-alat ini dirancang untuk membantu melihat dengan lebih jelas dan memperluas pandangan.

Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan yang baik sangat penting bagi individu dengan low vision. Pastikan ruangan yang Anda tempati memiliki pencahayaan yang cukup, baik dari cahaya alami maupun buatan. Anda juga dapat menggunakan lampu meja atau senter untuk membantu menerangi area yang membutuhkan fokus lebih.

Organisasi dan labeling

Mengatur dan melabeli benda-benda sehari-hari dengan jelas dapat membantu dalam mengidentifikasinya. Misalnya, gunakan stiker braille atau tulisan yang mudah dibaca pada tombol-tombol peralatan elektronik atau botol obat. Sistem pengorganisasian yang baik juga dapat membantu Anda menemukan benda dengan lebih mudah.

Teknologi asistif

Teknologi telah membantu mengatasi banyak tantangan bagi individu dengan low vision. Ada aplikasi mobile atau perangkat khusus yang dapat membantu membaca teks, memperbesar gambar, atau memberikan informasi suara tentang lingkungan sekitar. Anda dapat menjelajahi berbagai pilihan teknologi ini dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Kondisi Strabismus (Silang Mata), Tips Memperbaiki Keseimbangan Otot Mata dengan Vision Therapy

Dukungan sosial

Tidak kalah pentingnya adalah mendapatkan dukungan dari keluarga, teman, atau kelompok dukungan bagi individu dengan low vision. Melibatkan orang-orang terdekat dapat membantu Anda dalam menghadapi tantangan sehari-hari dan memberikan dukungan emosional yang dibutuhkan.

Teruslah belajar dan beradaptasi

Teruslah belajar dan beradaptasi: Menghadapi tantangan sehari-hari dengan low vision membutuhkan keterampilan dan penyesuaian yang kontinu. Teruslah belajar tentang strategi baru dan teknologi terkini yang dapat membantu meningkatkan kemandirian Anda. Ada banyak kursus dan pelatihan yang tersedia untuk individu dengan low vision, baik dalam hal keterampilan membaca braille, penggunaan teknologi asistif, atau keterampilan sehari-hari lainnya.

Jaga kesehatan mata

Meskipun low vision mungkin tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, menjaga kesehatan mata tetap penting. Rutinlah mengunjungi dokter mata untuk pemeriksaan teratur dan ikuti anjuran dalam merawat mata. Beberapa kondisi penyebab low vision, seperti katarak atau degenerasi makula, dapat diobati atau dikelola dengan tindakan medis yang tepat. Dengan menjaga kesehatan mata Anda secara umum, Anda dapat meminimalkan risiko memburuknya kondisi low vision.

Jangan ragu meminta bantuan

Terakhir, jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda menghadapi kesulitan. Baik itu meminta bantuan dari orang-orang terdekat, meminta bantuan dalam mengakses informasi atau pelayanan publik, atau memanfaatkan layanan dukungan khusus yang tersedia. Ada berbagai organisasi dan lembaga yang siap membantu individu dengan low vision dalam mengatasi tantangan sehari-hari. Memiliki dukungan dari orang lain dapat membuat perbedaan besar dalam menghadapi situasi yang mungkin sulit.

Jika Anda memerlukan bantuan atau layanan kesehatan mata yang terpercaya untuk Low Vision yang dialami. Maka, lebih baik segera mengunjungi Vio Optical Clinic yang merupakan klinik mata terpercaya dan berkualitas tinggi, tentunya bisa Anda beri tanggung jawab untuk menangani permasalahan kesehatan mata Anda.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO OPTICAL Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.