Klinik Mata Jakarta – Menjaga keseimbangan adalah proses yang kompleks yang dikendalikan oleh tiga sistem yang berbeda di dalam tubuh. Sistem vestibular terutama terletak di telinga bagian dalam dan bertanggung jawab untuk memberikan informasi kepada otak mengenai posisi kepala, orientasi spasial, dan gerakan. Proprioseptor di tungkai dan kaki memberikan tubuh platform yang stabil serta informasi tentang gerakan dan gerak. Sistem visual memberikan masukan dari mata ke otak Anda, dan merupakan sistem dominan yang memberikan isyarat untuk menjaga keseimbangan dan mencegah pusing. Inilah alasan mengapa lebih baik segera melakukan vision therapy sebagai upaya untuk menangani gangguan ini.

Bagaimana Gangguan Penglihatan Dapat Menyebabkan Pusing dan Gangguan Keseimbangan?

Jika Anda pernah mengalami mabuk laut atau mabuk perjalanan, saran yang umum diberikan adalah memejamkan mata. Dengan melakukan hal ini, Anda akan mengurangi dampak dari sistem penglihatan, dan dapat mengurangi rasa mual dan pusing. Gangguan apa pun pada koneksi mata-otak atau sistem visual dapat mengakibatkan pusing dan masalah keseimbangan.

Pusing dan Penglihatan

Ketika sistem penglihatan terkena dampak negatif, seperti setelah gegar otak, stroke atau cedera otak traumatik lainnya, pusing dapat terjadi.

Penyebab paling umum dari pusing yang berhubungan dengan penglihatan meliputi:

  • Cedera otak traumatiik
  • Tekanan pada mata
  • Resep kacamata atau lensa kontak yang salah
  • Gangguan penglihatan binokular (ketidaksejajaran mata)

Dalam banyak kasus, pusing disebabkan oleh masalah penglihatan binokular. Ketika mata tidak sejajar, mata menerima sinyal yang saling bertentangan dari otak dan dapat menyimpang dari posisi yang benar. Oleh karena itu, mata berusaha keras untuk menyatukan kembali gambar-gambar tersebut agar dapat melihat sekelilingnya dengan jelas. Tekanan ekstra pada otot mata dapat menyebabkan otot mata bergetar, yang dapat menyebabkan pusing atau pusing. Ketidaksejajaran mata yang menyebabkan pusing dapat terlihat sangat kecil sehingga sering terlewatkan dalam pemeriksaan mata rutin.

Untuk alasan ini, sangat penting bagi siapa pun yang menderita pusing atau masalah keseimbangan untuk melakukan vision therapy lengkap, untuk menyingkirkan disfungsi penglihatan sebagai penyebab gejala-gejala tersebut. Maupun ketika mengalami rabun jauh, sangat direkomendasikan untuk melakukan pengobatan melalui Ortho K.

Baca Juga: Ketika Penglihatan Menurun: Tips Hidup Lebih Baik dengan Low Vision

Masalah Keseimbangan dan Penglihatan

Orang yang menderita gangguan keseimbangan dapat berada dalam posisi diam tetapi merasa seolah-olah sedang bergerak. Selain itu, mereka mungkin merasa sulit untuk berjalan lurus, terutama setelah berada dalam posisi duduk atau berbaring dan tiba-tiba berdiri. Masalah penglihatan dapat menyulitkan mereka untuk menjaga keseimbangan. Ketika seseorang mengalami gangguan penglihatan dan otot mata bekerja lebih keras untuk mengimbangi kejernihan penglihatan yang menurun, maka dapat terjadi kelelahan mata, sakit kepala, dan gangguan keseimbangan.

Penyebab paling umum dari masalah keseimbangan yang berhubungan dengan penglihatan meliputi:

  • Penglihatan buram atau ganda
  • Disfungsi Penglihatan Teropong (mata bergabung)
  • Gegar otak
  • Hemianopsia (kebutaan pada separuh lapang pandang)
  • Nistagmus (gerakan mata yang tidak disengaja dan berulang-ulang)
  • Disorientasi Spasial
  • Vertigo
  • Sindrom Pergeseran Garis Tengah Visual
  • Penanganan untuk Masalah Keseimbangan dan Pusing yang Berkaitan dengan Penglihatan

Pusing dan masalah keseimbangan sering kali terjadi beriringan, dan jika masalah penglihatan merupakan akar masalahnya, terapis rehabilitasi neuro-optometri dapat menawarkan bantuan. Apabila Anda pernah melihat satu cedera kepala, Anda telah melihat satu cedera kepala. Setiap orang mengalami tingkat pusing, gangguan keseimbangan, atau gangguan penglihatan yang berbeda-beda. Beberapa pasien mungkin hanya memerlukan beberapa minggu perawatan, sementara yang lain mungkin memerlukan perawatan yang lebih lama.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.