Terapi Mata Minus – Penggunaan gadget secara terus-menerus selain menyebabkan mata lelah, tentunya juga bisa membuat adanya gangguan penglihatan lain seperti salah satunya adalah mata minus. Kondisi mata yang satu ini mungkin akan cukup mengganggu kegiatan Anda setiap harinya apabila mengalaminya.

Sehingga, pasti anda ingin melakukan berbagai cara untuk mengurangi gejala yang dirasakan karena mata minus. Solusi efektif untuk mengatasi gangguan mata yang satu ini adalah dengan melakukan terapi mata minus. Terapi mata minus ini dilakukan sebagai untuk mengurangi dan menghentikan pertambahan minus yang dialami oleh pasien.

Perlu digaris bawahi bahwa mengurangi mata minus ini bukan berarti menghilangkan total untuk keadaan mata minus. Melainkan, ulasan berikut ini dibuat untuk pasien agar kondisi mata minus tidak semakin parah. Tidak jarang orang yang mengalami kondisi seperti ini, bertanya-tanya apakah gangguan mata minus bisa sembuh?

Perlu diketahui bahwa mata minus ini sebenarnya tidak dapat disembuhkan seutuhnya. Tetapi, terdapat beberapa penanganan medis yang bisa diterapkan untuk mengurangi dan menghambat pertambahan minus supaya tidak makin parah. Berikut beberapa penanganan medis muda yang bisa dicoba sebagai upaya mengurangi mata minus, antara:

Memakai Lensa Korektif

Memanfaatkan lensa korektif untuk mengatasi mata minus merupakan solusi pertama yang paling mudah dan paling sederhana. Karena anda hanya perlu menggunakan alat bantu mata minus tanpa harus melalui sebuah prosedur yang berat seperti pembedahan. Lensa korektif yang biasanya digunakan untuk pasien mata minus adalah kacamata dan lensa kontak.

Hal yang membedakan dari dua jenis alat bantu mata minus ini, yaitu cara memakainya. Kacamata hanya digunakan pada bagian mata luar saja, sedangkan untuk lensa kontak akan ditempelkan atau dipakai secara langsung di selaput mata.

Selain digunakan untuk membantu supaya penglihatan lebih jelas, lensa korektif ini juga bertujuan supaya kelengkungan kornea tidak semakin parah. Alat bantu khusus ini bertugas untuk mengarahkan fokus cahaya supaya jatuh tepat pada retina. Dengan demikian penglihatan pasien akan menjadi lebih jelas.

Ortho-K

Ortokeratologi atau yang seringkali disebut dengan ortho-k ini, merupakan sebuah penggunaan lensa kontak rigid permeabel dengan desain khusus pada malam hari, ketika pasien mata minus tidur. Alat bantu ini hampir sama dengan lensa kontak, karena penggunaannya ditempelkan secara langsung pada selaput mata.

Baca Juga: Proses Pemeriksaan Mata Eksternal untuk Mengantisipasi Gangguan pada Kornea

Sedangkan, tujuannya adalah supaya permukaan kornea dapat terbentuk ulang dan menghilangkan kelainan refraksi, seperti silinder dan mata minus. Tentu saja Ortokeratologi ini merupakan salah satu terapi mata minus yang sangat efektif digunakan untuk mengurangi dan menghambat perkembangan mata minus.

LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis)

Mungkin saja Anda sudah tidak asing mendengar kata lasik, klasik ini merupakan sebuah prosedur operasi yang secara efektif digunakan untuk memperbaiki kelainan mata atau mata minus. Klasik ini adalah prosedur operasi yang memanfaatkan laser untuk melakukan pengikisan pada lapisan epitel dan beberapa bagian kornea, serta membuat Flap atau lipatan supaya memperbaiki bentuk lapisan epitel dan bagian Korea. Hal ini akan membuat fokus cahaya yang diperoleh dari kornea mata bisa jadi lebih baik. Secara efektivitasnya, prosedur yang satu ini akan tergantung pada kondisi mata pasien.

Karena pasien berbeda-beda tergantung dengan lapisan korneanya yang tipis, apakah bisa diperbaiki atau tidak. Selain melakukan berbagai upaya di atas, Tentu saja sangat penting untuk selalu menjaga pola hidup sehat, misalnya dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang dan memperhatikan bagaimana aktivitas anda sehari-hari agar tidak terlalu lama menatap gadget terlalu dekat.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus yang efektif.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.