Klinik Mata – Meskipun masalah mata dapat mengganggu di mana saja dan kapan saja, mungkin tidak ada waktu yang lebih berbahaya untuk mengalaminya selain saat mengemudi. Hal ini berlaku bagi kita dan orang lain, karena penglihatan kita sangat penting untuk mengambil keputusan yang tepat saat berada di belakang kemudi. Sayangnya, banyak dari kita yang sesekali mengalami gangguan mata yang dapat membuat mengemudi menjadi lebih sulit dan bahkan berbahaya. Inilah alasan mengapa apapun yang terjadi tetap harus melakukan pemeriksaan mata rutin ke klinik mata.

Berikut adalah beberapa masalah penglihatan yang paling umum terjadi saat mengemudi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga mata tetap sehat dan fokus saat mengemudi.

Apa yang Menyebabkan Mata Tidak Nyaman Saat Mengemudi?

Rabun dekat/jauh: Rabun jauh, atau miopia, adalah ketika Anda dapat melihat benda-benda yang dekat, tetapi memiliki masalah dalam melihat benda-benda yang jauh. Rabun dekat, atau hipermetropi, adalah ketika Anda dapat melihat dari jarak jauh, tetapi sulit untuk melihat benda-benda yang dekat. Keduanya dapat mempengaruhi penglihatan Anda dan mengganggu kemampuan Anda untuk membuat keputusan yang tepat saat mengemudi, yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Mata kering: Sindrom mata kering terjadi ketika air mata Anda tidak dapat memberikan pelumasan yang cukup untuk mata Anda, sehingga mengakibatkan gejala-gejala seperti penglihatan kabur, kemerahan, dan sensasi terbakar atau perih. Hal ini dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman dan menyulitkan Anda dalam mengemudi.

Apa yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Mata Tidak Nyaman Saat Mengemudi?

Pemeriksaan Rutin dan Pencegahan

Mengawasi kesehatan mata Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah sebelum menjadi serius. Hal ini dapat dilakukan secara efektif melalui pemeriksaan rutin dan konsultasi dengan pergi ke klinik mata yang dapat menilai risiko atau masalah mendasar yang mungkin Anda alami.

Mengenakan Kacamata atau Lensa Kontak yang Tepat

Jika Anda memerlukan lensa korektif, penting untuk memakainya saat mengemudi. Hal ini akan membantu Anda melihat lebih jelas dan membuat keputusan yang lebih baik saat berada di jalan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan lensa terpolarisasi untuk membantu mengatasi silau dan lensa fotokromik yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya.

Baca Juga: Miopia: Penyebab, Gejala, dan Pilihan Pengobatan Paling Efektif

Beristirahat dan Menyesuaikan Postur Tubuh Anda

Jika Anda mengemudi dalam waktu yang lama, penting untuk beristirahat setiap beberapa jam. Hal ini akan membantu mata Anda beristirahat dan mencegah mata menjadi terlalu lelah. Anda juga harus menyesuaikan postur tubuh Anda secara teratur agar mata Anda tidak tegang.

Menjaga Kesehatan Anda Secara Keseluruhan

Kesehatan mata Anda berkaitan erat dengan kesehatan Anda secara keseluruhan, jadi penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda juga. Ini berarti makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup. Anda juga harus menghindari merokok, karena merokok merupakan penyebab utama degenerasi makula.

Menyesuaikan Mobil Anda

Memastikan mobil Anda diatur sedemikian rupa sehingga nyaman bagi Anda juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata. Ini berarti mengatur tempat duduk Anda sehingga Anda duduk dengan tegak dan mengatur posisi kaca spion, sehingga Anda tidak perlu meregangkan leher untuk melihat. Ini hanyalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan mata Anda dan mencegah masalah saat mengemudi. Dengan melakukan tindakan pencegahan ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa Anda dapat melihat sejelas mungkin dan mengurangi risiko di jalan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas tingg.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.