Klinik Mata Bekasi – Gas air mata adalah senyawa kimia yang digunakan oleh penegak hukum untuk mengendalikan kerumunan. Efek gas air mata dapat bertahan selama berbulan-bulan setelah paparan awal dan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pernapasan, penglihatan, dan kulit seseorang. Gas air mata dapat merembes ke dalam material di sekitarnya dan menyebabkan bahaya kesehatan jangka panjang jika tidak ditangani dengan benar.

Setelah terpapar, penting untuk membilas mata dan mencuci area yang terkena dengan deterjen yang aman bagi tubuh. Atau apabila Anda mengalami gangguan penglihatan, segera pergi melakukan vision therapy.

Efek residu dari gas air mata dapat menyebabkan kerusakan pada seseorang dan properti mereka. Mencari bantuan profesional untuk membersihkan gas air mata dianjurkan untuk mengatasi efek jangka panjang dari gas air mata. Gas air mata adalah senyawa kimia yang berbentuk padat pada suhu kamar. Biasanya digiling menjadi debu halus kemudian digunakan dalam kombinasi dengan aerosol untuk membuat granat.

Ketika diledakkan, granat ini menciptakan awan kimia yang kemudian mempengaruhi area yang dilepaskan. Ketika diledakkan, awan tersebut mempengaruhi mata, hidung, dan sistem pernapasan seseorang. Setelah mengudara, ia akan mengudara dan merembes ke semua bahan di dekatnya: sofa, karpet, drywall, ventilasi, filter udara, lantai, pakaian – tidak ada yang aman dari efek residu gas air mata.

Setelah Paparan Awal Gas Air Mata

Efek gas air mata dapat bertahan selama sebulan setelah paparan awal. Ketika gas air mata digunakan pada penyerang di dalam rumah atau bangunan, gas air mata digunakan dalam jumlah yang berlebihan untuk memastikan ketidakstabilannya.  Ketika gas air mata yang digunakan ditembakkan ke dalam rumah, biasanya dalam bentuk granat yang berbentuk seperti torpedo kecil yang menjadi tempat senjata kimia, ketika granat tersebut menabrak permukaan di dalam gedung, granat tersebut akan meledak menjadi awan gas. Torpedo dapat menembus drywall, atau permukaan lain di dalam rumah.

Jika ini terjadi, maka drywall dan insulasi di belakangnya akan terinfeksi. Jika tidak ditangani, gas air mata di dinding akan berada di dalam bangunan lama setelah paparan awal mereda. Hal ini dapat menyebabkan bahaya kesehatan jangka panjang bagi penghuni ruangan. Jika seseorang bersentuhan dengan gas air mata, selama penggunaan awal atau bahkan setelah mengendap, gas air mata masih dapat membahayakan orang tersebut. Efek gas air mata dapat bertahan selama 30 menit atau lebih dari beberapa jam tergantung pada jumlah paparan awal dan waktu yang dihabiskan di dalam awan kimia.

Baca Juga: Low Vision pada Anak: Mengenali Penyebab dan Bantuan yang Tepat

Tujuan gas air mata adalah untuk melumpuhkan seseorang dan gas air mata melakukan hal itu. Seseorang yang terpapar akan mengalami kesulitan bernapas, mata gatal, gangguan penglihatan, hidung meler, mengeluarkan air liur, dan bahkan ruam atau luka bakar pada kulit.  Jika paparan yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut dan dalam kasus yang jarang terjadi, paparan yang berkepanjangan dapat menyebabkan kematian. Paparan gas air mata dapat menyebabkan risiko kesehatan

Paparan dapat berdampak pada kesehatan jika tidak ditangani dengan cepat. Oleh karena itu, segera pergi melakukan vision therapy untuk mengobatinya. Setelah terpapar, basuhlah mata dengan air dingin dan bersih atau larutan garam. Membiarkan air atau larutan garam mengalir di atas mata yang terbuka akan menghilangkan gas air mata – jangan mengucek mata karena hal ini hanya akan meningkatkan iritasi.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.