Permasalahan yang terjadi pada penglihatan seperti penyakit mata, tentu bisa berdampak pada kehidupan seseorang. Gangguan kesehatan mata atau penyakit mata pada dasarnya tidak terjadi pada satu gender tertentu. Baik itu wanita dan laki-laki sama-sama memiliki risiko terhadap penyakit mata. Namun, faktanya wanita lebih berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan mata atau penyakit mata. Mengapa demikian? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Alasan Wanita Lebih Rentan Terkena Penyakit Mata

Seperti yang kita tahu, setiap wanita memiliki gaya hidup seperti dalam penggunaan kosmetik dan perubahan hormon. Dimana wanita akan lebih rentan terserang alergi atau gangguan pada mata, iritasi dan infeksi seperti konjungtivitis (mata merah) akibat dari penggunaan kosmetik. Selama kosmetik atau riasan yang digunakan untuk mata digunakan dengan cara yang tepat, maka hal tersebut akan menghindarkan dari masalah kesehatan mata. Penting juga untuk memastikan make up yang dipakai pada mata seperti kontak lens tidak terkontaminasi yang bisa menjadi masalah.

Mata seringkali disebut sebagai jendela dunia, sehingga perannya sangat penting bagi setiap manusia. Meski begitu, kesehatan mata seringkali masih diabaikan oleh banyak orang. Padahal, tidak semua gangguan mata bisa dikoreksi dengan kacamata atau operasi. Gangguan mata memang lebih rentan dan banyak dialami oleh wanita. Ada beberapa penyebab mengapa seorang wanita lebih rentan mengalami gangguan mata dibandingkan pria, seperti:

  • Usia harapan hidup bagi wanita lebih panjang dibandingkan dengan pria, sehingga wanita lebih rentan menderita penyakit mata akibat dari faktor penuaan. Contohnya seperti katarak atau glaukoma.
  • Beberapa gangguan pada mata juga lebih sering dialami oleh wanita. Seperti misalnya sindrom mata kering yang umumnya dipicu oleh penggunaan pil kontrasepsi dan menopause.
  • Fluktuasi hormonal pada wanita juga berpengaruh pada terjadinya masalah atau gangguan mata.

Baca Juga: Seperti Apa Pengaruh Glaukoma Terhadap Munculnya Low Vision?

Wanita Lebih Rentan Mengalami Neuritis Optik

Seorang wanita juga lebih rentan mengalami masalah neuritis optik. Dimana sebagian besar kasus ini dialami oleh wanita dengan rentang usia anatara 20 hingga 40 tahun. Ini merupakan masalah kesehatan yang menyerang mata, dan gejala utamanya adalah masalah penglihatan. Gejala yang muncul sebagai tanda terjadinya neuritis optik, seperti:

  • Menurunnya penglihatan
  • Kesulitan untuk membedakan warna, serta merasa bahwa setiap warna menjadi tidak sejelas biasanya.
  • Penglihatan menjadi kabur, terutama pada saat suhu tubuh naik seperti setelah mandi air panas atau selesai berolahraga.
  • Tidak mampu untuk melihat dengan satu mata.
  • Reaksi pupil yang tidak normal pada saat terkena cahaya yang terang.
  • Sakit pada mata, terutama pada saat menggerakkannya.

Faktor Anatomi yang Menyebabkan Wanita Rentan Menderita Penyakit Mata

Faktor anatomi atau bentuk mata pada perempuan yang lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki juga berpengaruh terhadap risiko penyakit mata. Wanita dengan bentuk mata yang lebih sempit tersebut, bisa menyebabkan munculnya penyakit mata seperti glaukoma pada sudut mata tertentu. Faktor anatomi seperti misalnya, bilik mata yang dangkal, sempit, dan kedalaman bilik mata bagian depan yang dangkal. Ataupun seiring dengan pertambahan usia perempuan yang menjadi lebih gemuk hingga mendorong iris lebih ke depan lagi. Kondisi anatomi tersebut yang juga menjadi penyebab wanita lebih rentan mengalami penyakit mata.

Dengan bentuk anatomi yang dimiliki seorang wanita, maka kemungkinan akan muncul rasa emosional yang bisa memengaruhi pupil mata menjadi lebih lebar. Sementara pada laki-laki, meski pupil matanya melebar, namun karena anatomi matanya lebih besar, maka lebih jarang mengalami penyakit mata. Perbandingan ukuran mata antara pria dan wanita memiliki rasio 3:1, jadi anatomi mata pria 3 kali lebih besar dibandingkan dengan wanita. Sehingga risiko penyakit mata lebih sering dialami oleh wanita. Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin, agar anda terhindar dari risiko penyakit mata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.