Penggunaan kacamata sebagai alat bantu optik berfungsi untuk membantu penglihatan agar semakin jelas. Seseorang yang mengalami kesalahan bias, mereka akan sulit untuk melihat dengan jelas sehingga dibutuhkan kacamata. Kesalahan bias ini terjadi ketika bentuk mata tidak bisa memfokuskan cahaya dengan benar pada retina mata. Ada beberapa jenis kesalahan bias, seperti rabun jauh (miopia), rabun dekat (hyperopia), mata silinder, dan presbiopia yang umumnya terjadi pada lansia. Ketika seseorang mengalami kesalahan bias dan mulai menggunakan kacamata, maka kemungkinan mereka sering merasa pusing saat pertama kali memakai kacamata. Apakah hal ini normal dan apa penyebab munculnya rasa pusing saat memakai kacamata baru, berikut ini penjelasannya.

Penggunaan kacamata umumnya akan diresepkan oleh dokter ahli mata pada kondisi medis tertentu. Kondisi gangguan penglihatan yang paling sering terjadi dan membutuhkan kacamata yaitu mata minus atau miopi. Penderita mata minus memiliki penglihatan yang buram saat melihat objek yang berada lebih jauh. Biasanya, mata minus terjadi karena bentuk kornea mata yang terlalu melengkung atau bola mata yang lebih panjang dari biasanya. Selain mata minus, ada beberapa kondisi medis lain yang mengharuskan seseorang untuk menggunakan kacamata seperti hipermetropi, esotropia, astigmatisme, amblyopia dan lainnya.

Penggunaan kacamata pada kondisi medis tertentu bertujuan untuk membuat penglihatan yang dimiliki akan nampak lebih jelas. Meski begitu, tidak jarang seseorang akan merasa pusing pada saat pertama kali menggunakan kacamata. Sebenarnya, pusing yang terjadi ketika seseorang baru pertama kali memakai kacamata adalah hal yang wajar. Ketika anda pertama kali menggunakan kacamata atau memakai kacamata dengan resep baru, mata akan beradaptasi dalam proses untuk melihat. Dimana dalam proses adaptasi tersebut bisa menimbulkan rasa pusing. Mata anda sedang belajar untuk mengimbangi penglihatan yang tidak seperti biasanya.

Baca Juga: Mata Minus Kecil, Haruskah Menggunakan Kacamata?

Munculnya sakit kepala atau pusing ketika anda menggunakan kacamata baru biasanya akan berlangsung kurang lebih dalam kurun waktu satu minggu. Kondisi ini lama kelamaan akan hilang, dimana mata akan mulai terbiasa dan sudah lebih nyaman saat anda menggunakan kacamata. Pusing atau sakit kepala saat anda memakai kacamata baru adalah hal yang umum terjadi an cukup wajar. Hal tersebut terjadi karena adanya penyesuaian diri terhadap sistem pemfokusan yang berubah dari penggunaan kacamata. Meski begitu, anda perlu memperhatikan dengan baik, apakah rasa pusing yang muncul berlangsung melebihi waktu pada umumnya.

Ketika anda mengalami pusing atau sakit kepala serta ketegangan mata yang terjadi terus-menerus, maka kemungkinan hal tersebut tidak normal. Sebaiknya anda segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ada kemungkinan frame atau lesa yang ternyata kurang sesuai dengan kebutuhan anda. Pusing yang terjadi ketika penggunaan kacamata baru untuk pertama kalinya memang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Anda perlu untuk membiasakan diri ataupun mencoba cara untuk menghilangkan rasa pusing yang mungkin muncul tersebut.

Untuk bisa menghilangkan rasa pusing akibat mata lelah setelah menggunakan kacamata baru, yaitu dengan mengistirahatkan mata untuk sementara waktu. Kemudian, anda perlu untuk menyesuaikan pencahayaan yang ada di rumah. Batasi waktu yang digunakan untuk melihat layar komputer atau telepon genggam. Serta batasi pula penggunaan obat tetes mata yang biasanya digunakan untuk mengatasi mata kering akibat kelelahan. Sesekali lepas kacamata baru anda dan cobalah untuk memejamkan mata beberapa saat atau kompres dengan air dingin. Cara ini dapat membantu anda untuk meringankan ketegangan pada mata dan rasa pusing.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata yang terpercaya dan profesional? Segera kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan berbagai layanan kesehatan mata terbaik untuk anda dan keluarga. Kami memberikan layanan kacamata dan berbagai soft lenses dengan kualitas dan standar kesehatan terbaik. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staff professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya hanya bersama Vio Optical Clinic.