Klinik Mata Jakarta – Masalah yang umum terjadi setelah mengalami stroke adalah terjadinya gangguan penglihatan. Mata kita akan mengirimkan informasi visual ke berbagai bagian otak yang terlibat dalam penglihatan. Ini dikenal sebagai jalur visual. Jika stroke mempengaruhi bagian tertentu dari jalur visual atau bagian otak yang terlibat dalam memproses dan menafsirkan informasi visual, maka hal ini dapat mempengaruhi penglihatan Anda. Jenis utama masalah mata yang dapat terjadi setelah stroke meliputi kehilangan lapang pandang, masalah gerakan mata, dan masalah pemrosesan visual. Inilah alasan mengapa Anda lebih baik segera mendapatkan vision therapy jika mengalami gangguan penglihatan yang disebabkan karena stroke tersebut.

Apa Saja Gejala Gangguan Penglihatan yang Umum Terjadi pada Pasien Stroke?

Stroke dapat mempengaruhi jalur visual mata Anda dan hal ini dapat mempengaruhi penglihatan Anda dengan berbagai cara, termasuk:

  • Kehilangan lapang pandang
  • Penglihatan kabur
  • Penglihatan ganda
  • Kesulitan membaca
  • Gambar bergerak
  • Mata kering
  • Kepekaan terhadap cahaya

Bagaimana Masalah Penglihatan Setelah Stroke Dapat Ditangani?

Fokus setelah stroke adalah rehabilitasi. Bagian dari program rehabilitasi untuk seseorang yang mengalami stroke biasanya mencakup penilaian penglihatan dan mata mereka. Ahli ortopedi dan spesialis low vision dapat menilai dan bekerja sama dengan Anda dalam mendapatkan vision therapy dengan atau tanpa alat bantu optik. Tim stroke, spesialis umum, atau spesialis spesialis mata dapat merujuk Anda untuk pemeriksaan ortopedi dan/atau ke klinik low vision.

Terdapat berbagai teknik yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi efek visual stroke. Hal ini akan tergantung pada bagaimana stroke mempengaruhi penglihatan Anda, tetapi dapat mencakup kacamata, prisma pada kacamata, penambalan, kaca pembesar, dan teknik pemindaian visual. Ada juga program rehabilitasi berbasis komputer yang dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk memindai jika Anda mengalami kehilangan lapang pandang.

Beberapa orang mungkin mengalami perbaikan penglihatan selama berbulan-bulan setelah stroke, lebih sering terjadi setelah stroke iskemik. Namun, hal ini sangat individual dan sangat bergantung pada bagian otak mana yang mengalami kerusakan, tingkat kerusakan dan jenis stroke yang Anda alami, serta masalah kesehatan lain yang ada. Sayangnya, bagi banyak orang, terutama yang mengalami kehilangan lapang pandang, kehilangan penglihatan dapat bersifat permanen.

Baca Juga: Seperti Apa Penglihatan Seseorang yang Mengalami Low Vision dan Solusi Terbaiknya?

Kehilangan Lapang Pandang (Hemianopia)

Lapang pandang adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seluruh area yang dapat Anda lihat ketika mata Anda terpaku pada satu posisi. Ini mengacu pada segala sesuatu yang dapat Anda lihat di pinggiran (samping) penglihatan Anda serta apa yang dapat Anda lihat saat melihat langsung pada sesuatu (penglihatan sentral). Hemianopia adalah hilangnya separuh lapang pandang Anda. Hal ini berarti Anda tidak dapat melihat ke kiri atau ke kanan dari pusat lapang pandang pada kedua mata Anda.

Meskipun hemianopia tidak memengaruhi seluruh penglihatan Anda, hemianopia masih dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, seperti menemukan barang, menghadapi lalu lintas di jalan, atau mengalami disorientasi di lingkungan yang ramai seperti supermarket. Membaca juga dapat menjadi pengalaman yang sangat membuat frustasi bagi penderita hemianopia karena kata-kata dan kalimat menghilang saat berada di lapang pandang yang hilang.

Kadang-kadang menggunakan spidol di akhir kalimat atau Post-it Note untuk menunjukkan di mana akhir baris dapat membantu. Sebuah tiposkop (sepotong kartu dengan kotak persegi panjang yang dipotong) atau kaca pembesar batang (kaca pembesar tipis yang panjang dengan pedoman di atasnya) dapat membantu dengan membuatnya lebih mudah agar bisa fokus pada satu baris teks dalam waktu yang sama.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.