Mata merupakan anggota tubuh yang mempunyai peran penting untuk melihat dalam tubuh manusia. Untuk itu kesehatan mata perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik. Jika tidak, mata dapat mengalami gangguan karena ia rentan terhadap berbagai penyakit yang akan mengganggu penglihatan bahkan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kebutaan. Aktivitas sehari-hari dan gaya hidup turut mempengaruhi kesehatan mata, terutama aktivitas yang banyak dilakukan dengan berinteraksi dengan layar gadget.

Banyaknya waktu yang dihabiskan di depan layar gadget dapat membuat mata cepat lelah. Beberapa keluhan yang sering dirasakan sebagai gejala awal adanya gangguan pada mata di antaranya mata merah dan terasa nyeri, mata sensitif terhadap cahaya, pandangan kabur atau buram, penglihatan berbayang, banyak mengeluarkan air mata, mata kering dan lain-lain. Namun, penderita sering tidak menyadari gejala tersebut karena menganggapnya sebagai gejala penyakit lainnya.

Kondisi seperti ini jika terus dibiarkan dan tidak segera dilakukan pengobatan dapat menyebabkan gangguan mata yang lebih parah bahkan kebutaan. Oleh karena itu, pemeriksaan mata rutin itu penting dilakukan supaya kondisi mata dapat diketahui dan cepat dilakukan pengobatan. Pengobatan secara dini dapat mencegah penyakit mata yang cukup serius. Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan oleh penderita rabun atau penyakit mata lainnya, namun kondisi mata yang normal pun sebaiknya tetap diberikan pemeriksaan rutin meski tidak mengalami keluhan.

Gangguan yang terjadi pada indra penglihatan cukup sering terjadi pada masyarakat. Seiring bertambahnya usia, mata menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit dan kerusakan. Terlebih bagi penderita penyakit seperti diabetes, hipertensi, stroke ataupun masalah neurologis harus sering melakukan pemeriksaan mata. Penyakit pada indra penglihatan dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Beberapa penyakit mata yang umum terjadi yakni konjungtivis, mata kering, katarak, glukoma, rabun dekat, rabun jauh, astigmatisme, presbiopi, gangguan retina dan kelainan kornea. Agar kondisi mata tidak menjadi lebih buruk, maka pastikan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan mata rutin meski tidak memiliki keluhan pada mata setidaknya 2 tahun sekali.

Seberapa sering seseorang untuk melakukan pemeriksaan mata rutin tergantung terhadap beberapa faktor di antaranya adalah usia, kesehatan dan risiko munculnya masalah pada mata. Untuk anak-anak direkomendasikan melakukan pemeriksaan mata di antara usia 3 hingga 5 tahun. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini apakah terdapat masalah pada mata anak seperti mata malas, juling, atau tidak sejajar.

Baca Juga: Apakah Periksa Mata di Bulan Puasa Hasilnya Akan Lebih Akurat?

Bagi anak usia Sekolah Dasar dan Remaja sebaiknya pemeriksaan mata rutin dilakukan setiap dua tahun sekali. Sedangkan bagi setiap orang dewasa usia 18 tahun ke atas, untuk menjaga kesehatan penglihatan tetap baik harus menjalani pemeriksaan mata rutin paling tidak setiap dua tahun. Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin diharapkan dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan penglihatan yang parah.

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin tentu sangat dianjurkan meski tidak ada keluhan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan kondisi mata Anda tetap sehat dan terjaga dengan baik. Pemeriksaan mata merupakan serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui kualitas penglihatan mata serta mendeteksi gangguan pada mata dan menentukan pengobatan yang tepat. Berapa tes yang dilakukan saat melakukan pemeriksaan mata di antaranya adalah pemeriksaan fisik mata, pemeriksaan gerakan otor mata, tes ketajaman penglihatan atau uji refraksi, pemeriksaan lapang pandang dan tes buta warna.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.