Terapi Mata Minus – Miopia adalah istilah medis untuk rabun jauh, yang berarti Anda dapat melihat benda-benda yang dekat dengan jelas, tetapi kesulitan melihat benda-benda yang jauh. Sebagai contoh, jika Anda menderita rabun jauh, Anda mungkin tidak dapat melihat rambu-rambu jalan raya hingga jaraknya hanya beberapa meter. Anda tidak dapat mencegah miopia karena miopia merupakan kondisi yang cenderung menurun dalam keluarga, tetapi Anda dapat menurunkan risiko rabun jauh dengan beberapa cara seperti halnya dengan segera melakukan terapi mata minus saat mulai merasakan gejala rabun jauh.

Bagaimana Cara Menurunkan Risiko Miopia?

Beberapa ahli mata percaya bahwa Anda mungkin dapat mengurangi risiko miopi pada Anda atau anak Anda dengan menghabiskan cukup waktu di luar ruangan dan membatasi waktu yang dihabiskan di depan layar. Anda mungkin juga perlu memperhatikan jumlah waktu yang dihabiskan untuk melakukan pekerjaan yang dekat, seperti membaca atau menjahit.Miopi adalah suatu kondisi yang tidak akan hilang. Perawatan yang dapat dilakukan antara lain dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Anda mungkin dapat menjalani pembedahan untuk mengoreksi penglihatan Anda.

Biasanya, pusat terapi mata minus dapat menangani miopia sederhana dengan mudah. Pada kasus miopia tinggi atau miopia patologis yang jarang terjadi, pandangan Anda mungkin berbeda. Miopi tinggi biasanya berhenti memburuk antara usia 20 dan 30 tahun. Anda masih bisa menggunakan kacamata atau lensa kontak, atau Anda mungkin bisa menjalani operasi. Miopi tinggi dapat menyebabkan miopi patologis dan kemungkinan kondisi penglihatan yang lebih serius di kemudian hari. Komplikasi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Pemeriksaan mata secara teratur penting bagi semua orang, terutama jika Anda memiliki miopia tinggi atau miopia patologis. Anda harus mengikuti jadwal yang ditetapkan oleh penyedia layanan kesehatan mata Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Miopia agar Tidak Bertambah Parah?

Meskipun tidak ada obat untuk miopi, ada beberapa langkah sehari-hari yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kesehatan mata Anda secara keseluruhan. Saat ini, sangat penting untuk menetapkan batasan bagi anak-anak Anda (dan diri Anda sendiri) dalam melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Cobalah tips berikut untuk menjaga kesehatan mata:

  • Batasi waktu penggunaan perangkat digital.
  • Beristirahatlah sejenak dari layar untuk meregangkan otot-otot mata Anda.
  • Jangan membaca atau bekerja dalam cahaya redup.
  • Pergilah ke luar rumah dan kenakan kacamata hitam saat Anda berada di luar.
  • Kenakan alat pelindung mata untuk olahraga/hobi.
  • Berhenti merokok.

Baca Juga: Kesehatan Mata Wanita: Mengatasi Risiko Masalah Penglihatan di Usia 50

  • Jadwalkan pemeriksaan mata secara teratur.
  • Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat tetes mata atropin untuk memperlambat perkembangan.
  • Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda mengenai lensa kontak fokus ganda untuk memperlambat perkembangan pada anak-anak.

Mengurangi Risiko Bertambah Parah dengan Konsumsi Makan Bergizi

Mata setiap orang bergantung pada nutrisi dari makanan yang kita makan untuk mempertahankan jaringan dan fungsi mata yang vital. Nutrisi sangat penting untuk penglihatan anak Anda saat mata mereka tumbuh dan berkembang. Selain membatasi minuman bersoda berkafein dan minuman ringan lainnya, jagalah agar tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Menjaga penglihatan Anda dan keluarga dengan aman berarti melakukan pemeriksaan mata secara rutin, rutinitas perawatan mata yang baik, dan pola makan yang sehat. Menjaga kebiasaan sehat tersebut akan membantu Anda semua melihat masa depan yang dipenuhi dengan semua hal yang Anda sukai.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.