Terapi Mata Minus – Mata minus atau yang seringkali disebut dengan rabun jauh maupun miopia, merupakan kondisi pada saat mata tidak cukup bisa melihat sebuah objek dengan jelas atau menjadi kabur pada jarak tertentu. Pemeriksaan mata minus adalah tes yang bertujuan untuk memberikan diagnosis dan melakukan pengukuran terhadap keparahan mata minus yang dialami. Nantinya setelah mendapatkan diagnosis yang tepat, pasien yang mengalami mata minus akan mendapatkan terapi mata minus yang juga sesuai dengan hasil diagnosis. Pada umumnya, pemeriksaan mata minus ini dilakukan oleh ahli mata yang profesional.

Penting untuk mengetahui ada berbagai jenis pemeriksaan dalam tahapan tes mata minus, mulai dari cek tes ketajaman penglihatan hingga pemeriksaan yang dilakukan untuk mendiagnosis penyakit mata atau yang seringkali disebut dengan slit lamp. Ulasan Berikut ini akan membahas Lebih Detail mengenai beberapa rangkaian pemeriksaan mata minus

Kapan Periksa Mata Minus Dibutuhkan?

Disarankan pemeriksaan mata minus pada seseorang yang mengalami berbagai gejala dari rabun jauh, antara lain:

  • Seringkali mengalami mata lelah
  • Pandangan kabur ketika melihat objek yang berjarak jauh
  • Nyeri kepala atau pusing pada bagian dahi
  • Kesulitan untuk melihat dengan jelas ketika malam hari
  • Sering memicingkan mata supaya dapat melihat objek secara jelas
  • Konsentrasi menurun ketika bekerja maupun belajar karena rasa tidak nyaman pada mata

Penting untuk diketahui bahwa mata minus ini bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun juga tidak jarang ditemui kasusnya pada anak-anak. Berikut ini adalah beberapa gejala mata minus yang seringkali terjadi pada anak-anak dan patut diwaspadai, diantaranya:

  • Sering tidak menyadari terdapat objek yang berjarak jauh
  • Sering menyipitkan mata apa jika memandang objek yang jauh
  • Harus duduk dengan jarak yang dekat ketika menonton televisi
  • Melihat gadget, baik smartphone maupun laptop dengan jarak yang terlalu dekat
  • Seringkali berkedip
  • Sering mengusap-ngusap mata tanpa adanya alasan yang jelas
  • Menurunnya prestasi akademik sebab anak merasa kesulitan belajar, terutama Apabila anak mendapatkan tempat duduk di belakang.

Jenis-Jenis Pemeriksaan Mata Minus

Tes Ketajaman Penglihatan

Tes ketajaman penglihatan memiliki tujuan untuk melakukan pengukuran seberapa besar kemampuan mata untuk melihat sebuah objek. Tes yang satu ini akan menggunakan lembar kertas (Snellen Chart) yang berisi angka dan huruf dengan berbagai ukuran yang telah disesuaikan. Pasien akan diminta untuk duduk dengan jarak yang telah disesuaikan kemudian membaca setiap huruf yang telah tertera pada Snellen Chart.

Baca Juga: Hindari Sakit Mata Menular, Kenali Berbagai Gejala dan Cara Penularannya

Retinoskopi

Retinoskopi merupakan pemeriksaan mata minus yang tujuannya adalah mengukur refleks cahaya dari retina. Tes yang ini akan memanfaatkan alat pemeriksaan mata yaitu retinoskop. Biasanya ahli mata juga akan mengombinasikan pemeriksaan ini dengan menggunakan Phoropter. Sangat penting untuk melakukan tes mata minus, supaya cepat mengetahui terapi mata minus apa yang tepat untuk diberikan.

Pinhole Test

Pinhole test adalah pemeriksaan mata minus yang seringkali diberikan untuk remaja dan orang dewasa. Karena pemeriksaan ini dinilai kurang akurat apabila diberikan untuk anak-anak yang berusia di bawah 8 tahun. Pemeriksaan ini dilakukan dengan melihat sebuah objek menggunakan alat seperti kacamata hitam yang di tengahnya dilengkapi dengan satu lubang kecil.

Slit Lamp

Pemeriksaan mata minus slit lamp bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya gangguan penglihatan pada mata pasien. Ketika tes ini dilakukan, di depan alat yang bernama slit lamp pasien diminta untuk duduk. Lalu, pasien harus meletakkan dagu pada sandaran dan dahi pada sandaran yang telah disesuaikan agar posisi kepala selalu stabil ketika melakukan tes ini.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah  terapi mata minus yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.