Klinik Mata Jakarta – Jika anak Anda memiliki low vision yaitu memiliki kondisi mata yang mengganggu kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, dapat membaca cetakan standar atau cetakan yang diperbesar, atau dapat menggunakan satu atau beberapa perangkat penglihatan rendah, seperti kaca pembesar, teropong, teleskop, dan kaca pembesar video untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis secara visual. Perangkat ini harus selalu diresepkan oleh ahli mata yang berspesialisasi dalam penglihatan rendah, dan anak Anda akan membutuhkan instruksi sistematis dalam penggunaannya oleh guru siswa dengan gangguan penglihatan.

Anak Anda mungkin juga akan merasa terbantu dengan sejumlah perangkat non optik, termasuk alat-alat sederhana seperti spidol tebal, kertas bergaris gelap, penyangga buku, atau lampu dengan intensitas tinggi serta buku-buku rekaman dalam beberapa keadaan. Ia juga dapat mulai menggunakan teknologi bantu berteknologi tinggi tertentu, seperti komputer dengan perangkat lunak pembesaran layar yang dapat memperbesar cetakan dan grafik pada layar komputer.

Penglihatan Jarak Jauh di Ruang Kelas

Perangkat penglihatan jarak dekat, seperti teleskop, untuk membaca materi di papan tulis atau menonton demonstrasi di kelas. Mereka juga dapat bergerak lebih dekat ke materi untuk melihat lebih baik. Guru kelas dapat memberikan salinan materi di papan tulis kepada anak Anda. Ini bisa berupa selembar kertas yang difotokopi atau yang ditulis oleh guru atau asisten guru dengan menyalin materi di papan tulis. Guru dapat membacakan dengan keras apa yang dia tulis di papan tulis. Jika anak Anda menggunakan komputer, guru dapat memberikan file elektronik yang berisi materi sehingga anak Anda dapat membacanya di layar komputer mereka seperti orang lain atau dengan memperbesar teks di layar menggunakan perangkat lunak pembesar layar.

Ketika anak Anda naik ke kelas-kelas sekolah dasar, ukuran cetakan dalam buku pelajaran mungkin akan semakin kecil, sementara jumlah bacaan dan tulisan yang diharapkan untuk dikerjakan akan semakin besar. Oleh karena itu, pada waktu yang berbeda, anak Anda mungkin perlu menggunakan metode membaca yang berbeda atau alat bantu yang berbeda untuk mengikuti tugas-tugas yang diberikan di kelas. Untuk alasan ini, penting untuk meninjau kinerja anak Anda dalam berbagai tugas literasi secara terus-menerus dan memastikan penilaian media pembelajaran dilakukan setiap tahun.

Baca Juga: Apakah Gangguan Penglihatan pada Masa Kehamilan akan Permanen?

Seberapa Besar Ukuran Cetakan untuk Anak Saya?

Bagi banyak anak dengan low vision, menggunakan cetakan standar, dengan atau tanpa alat bantu low vision seperti kaca pembesar genggam dan kaca pembesar video, mungkin lebih baik daripada menggunakan cetakan yang diperbesar. Bahkan jika menggunakan cetakan besar mungkin efisien untuk anak Anda sekarang, itu memiliki beberapa kelemahan jika itu adalah satu-satunya metode membaca. Huruf besar tidak selalu tersedia. Ketika anak Anda pergi ke toko, label harga dan menu tidak akan ditulis dalam cetakan besar. Menggunakan kaca pembesar atau perangkat penglihatan rendah lainnya untuk membaca cetakan standar membuat mereka lebih mandiri secara keseluruhan.

Beberapa anak merasa tidak nyaman menggunakan buku cetak besar karena terlihat berbeda dari buku dan materi teman sekelasnya. Materi cetak besar sering kali juga lebih panjang, lebih besar, dan lebih sulit untuk dibawa daripada materi cetak standar. Jika seorang anak dengan low vision menjadi efisien dalam menggunakan buku-buku cetak standar, dengan atau tanpa alat bantu optik, transisi ke perguruan tinggi dan dunia kerja akan lebih mudah. Jika spesialis mata anak Anda merekomendasikan agar mereka menggunakan materi cetak besar, sebaiknya Anda memverifikasi bahwa asesmen yang dilakukan benar-benar menunjukkan bahwa ini adalah pilihan yang paling efisien bagi anak Anda.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.