VIO OPTICAL – Strabismus atau juling adalah suatu kondisi di mana mata tidak sejajar dengan benar untuk memfokuskan gambar yang halus pada retina. Mata atau kedua mata dapat menyimpang ke atas, ke bawah, atau ke samping. Hal ini disebabkan oleh koordinasi yang tidak tepat antara otot-otot ekstraokular mata. Beberapa otot atau satu otot dapat mengalami fibrosis atau tegang, sementara otot lainnya mungkin lebih longgar.

Jika strabismus terjadi ketika usia dini, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya persepsi kedalaman yang disebut stereopsis. Inilah alasan mengapa sangat penting rutin membawa anak ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL, untuk melakukan pemeriksaan mata dan segera mendapat penanganan saat terjadi gangguan mata.

Strabismus tidak hanya secara masalah visual, ini merupakan penyakit yang merusak penampilan, tetapi juga berhubungan dengan berkurangnya penglihatan. Pengenalan strabismus secara tepat waktu dan penanganan strabismus dini dapat memberikan hasil penglihatan yang lebih baik. Strategi penanganan strabismus dini meliputi penanganan strabismus tanpa pembedahan, seperti koreksi kelainan refraksi, penambalan, dan pemberian prisma.

Sedangkan prosedur pembedahan meliputi pelonggaran dan pengencangan otot-otot yang terlibat, yang disebut resesi dan reseksi. Hal-hal berikut ini harus diperhatikan untuk penanganan strabismus tanpa operasi. Pengobatan strabismus tanpa operasi terutama tergantung pada jenis mata juling yang Anda alami. Namun, tidak kalah penting untuk selalu membawa pasien pergi ke klinik mata seperti VIO OPTICAL, untuk mendapatkan perkembangan strabismus yang akurat. Ada beberapa langkah yang dapat diikuti di rumah. Langkah-langkah tersebut meliputi:

Patching

Harus dilakukan secara teratur. Mata yang lebih baik ditutup dengan penutup setidaknya selama 50 hingga 60 menit per hari selama durasi waktu dalam beberapa minggu. Patching secara teratur akan memaksa mata yang malas atau ambliopia untuk bekerja lebih efisien dan karenanya terjadi perbaikan pada mata juling dan penglihatan.

Push-up Pensil

Push-up pensil adalah latihan mata sederhana yang membuat kedua mata terarah pada titik tetap yang sama. Latihan ini juga dikenal sebagai latihan mendekati titik konvergensi. Mulailah dengan memegang pensil sejauh lengan, mengarah menjauhi Anda. Fokuskan pandangan Anda pada penghapus atau huruf atau angka di sampingnya. Gerakkan pensil secara perlahan ke arah batang hidung Anda. Pertahankan fokus selama mungkin, tetapi berhentilah ketika penglihatan Anda mulai kabur.

Baca Juga: Vision Therapy: Mengatasi Gangguan Penglihatan dengan Pengobatan yang Paling Tepat

Brock String

Frederick Brock, seorang dokter mata asal Swiss, mengembangkan latihan ini untuk meningkatkan koordinasi mata. Anda memerlukan seutas tali dengan tiga manik-manik berwarna berbeda. Salah satu ujung tali harus diikatkan pada lokasi yang tidak bergerak, seperti pegangan tangan atau bagian belakang kursi. Beri jarak pada manik-manik dengan jarak yang sama. Jaga ujung tali yang lain tetap berada di hidung Anda.

Anda akan melihat pola yang konsisten saat Anda memindahkan konsentrasi Anda dari satu manik ke manik lainnya. Manik-manik yang Anda lihat akan muncul dengan sendirinya di persimpangan dua senar yang identik dengan kembaran manik-manik lainnya, membentuk huruf X. Jika Anda melihat senar melintang di depan manik atau di belakang manik, mata Anda tidak terfokus dengan baik pada manik. Periksa untuk melihat apakah Anda dapat memperoleh huruf X pada semua manik-manik (kecuali yang paling ujung, yang hanya memiliki dua senar yang keluar ke arah Anda dalam bentuk V). Lanjutkan aktivitas dengan memposisikan ulang manik-manik di sepanjang senar.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah klinik kesehatan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas tinggi.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.