Orthokeratology – Orthokeratology adalah metode perawatan yang populer di dunia perawatan mata dan penglihatan. Meskipun orthokeratology telah menjadi opsi dalam memperbaiki masalah visual akibat kelainan refraksi akhir-akhir ini, namun masih ada sebagian orang yang tidak tahu persis apa itu. Ini adalah alternatif dalam memperbaiki penglihatan dan mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak tanpa harus menjalani operasi mata. Pelajari lebih lanjut mengenai orthokeratology berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaatnya.

Definisi Orthokeratology

Kata orthokeratology mengacu pada lensa kontak khusus yang dapat menyerap gas yang dimaksudkan untuk dipakai dalam semalam. Ini juga disebut sebagai sebuah terapi refraksi kornea, yang membentuk kembali kornea dengan cara yang lembut, bertahap, dan aman. Pada dasarnya, orthokeratology mengubah bentuk kornea sehingga pasien dapat menikmati penglihatan normal di siang hari tanpa memerlukan kacamata atau lensa kontak. Idealnya, lensa orthokeratology akan menghilangkan kebutuhan pasien untuk memakai lensa kontak atau kacamata selama aktivitasnya.

Orthokeratology atau disingkat dengan Ortho-k, adalah sebuah metode koreksi kelainan refraksi menggunakan lensa yang dirancang khusus untuk memodifikasi lengkung kornea. Bahan permeabel gas yang kaku dan desain geometri terbalik digunakan untuk melakukan pembentukan kembali kornea. Dimana prosesnya ditandai dengan kurva dasar tengah yang lebih datar. Yang berhubungan dengan kelengkungan kornea pusat dan satu atau lebih kurva sekunder yang lebih curam. Sehingga memungkinkan transisi yang mulus dari kurva dasar ke bagian perifer. Cara pemakaiannya dengan cara adaptasi nokturnal, sehingga dilakukan renovasi kornea saat tidur, kemudian dilepas saat bangun tidur.

Tujuan Lensa Orthokeratology

Orthokeratology (ortho-k) adalah adaptasi dari lensa kontak permeabel gas yang dirancang khusus untuk digunakan pada malam hari. Saat Anda tidur, lensa dengan lembut membentuk permukaan depan mata (kornea). Sehingga, keesokan harinya, setelah Anda melepas lensanya pada saat bangun, Anda dapat melihat dengan jelas. Lensa orthokeratology sendiri diresepkan untuk tujuan:

  • Memperbaiki kesalahan refraksi, terutama miopi, tetapi juga bisa untuk hiperopia dan astigmatisme. Dalam beberapa kasus, orthokeratology juga bisa digunakan untuk mengoreksi masalah atau kelainan presbiopi.
  • Memperlambat atau menghambat perkembangan miopi di masa kanak-kanak dan remaja.
  • Sebagai lensa kontak pembentuk kornea atau lensa kontak malam hari untuk mengoreksi atau mengontrol miopi.

Baca Juga: Bagaimana Bisa Ortho-K Digunakan Sebagai Koreksi Cacat Visual?

Kondisi Yang Dapat Diperbaiki Dengan Orthokeratology

Empat masalah penglihatan yang paling sering menggunakan orthokeratology untuk memperbaikinya adalah miopi, hiperopia, astigmatisme, dan presbiopi. Dari empat masalah ini, orthokeratology paling berhasil sebagai metode pengobatan miopi. Pasien dengan miopi yang memiliki diameter hingga -6.00 adalah kandidat terbaik untuk perawatan ortho-k.  Orthokeratology ini juga telah menjadi pilihan utama di antara dokter mata untuk mengatasi masalah miopi pada anak-anak. Ini akan memperlambat perkembangan miopinya.

Orthokeratology juga dapat bermanfaat bagi pasien yang mengalami hiperopia, astigmatisme, dan presbiopi. Dalam kebanyakan kasus, ortho-k hanya berguna untuk pasien dengan kasus masalah penglihatan yang tidak terlalu parah. Namun, jika Anda menghadapi salah satu masalah penglihatan ini, Anda tentunya harus berkonsultasi dengan dokter mata Anda. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah Anda kandidat yang baik untuk perawatan orthokeratology.

Penting untuk diperhatikan dengan baik bahwa hasil dari perawatan orthokeratology sangat bervariasi dari satu kasus ke kasus lainnya. Bahkan di antara pasien yang berjuang dengan jenis dan derajat kelainan refraksi yang sama. Sehingga anda perlu untuk memeriksa kondisi kesehatan mata Anda pada dokter mata. Dengan demikian anda dapat menentukan apakah tingkat kelainan refraksi Anda dapat ditangani secara efektif dengan orthokeratology.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.