Terapi Mata Minus – Miopia, yang juga dikenal sebagai rabun jauh atau rabun dekat, merupakan masalah yang terus meningkat. Bahkan, sebuah penelitian terbaru memprediksi bahwa miopia akan mempengaruhi penglihatan hampir separuh populasi global pada tahun 2050. Miopi biasanya dimulai pada masa kanak-kanak ketika bola mata tumbuh terlalu panjang, menyebabkan penglihatan jarak jauh menjadi kabur.

Keadaan tersebut penyebabnya adalah riwayat keluarga, gaya hidup, atau keduanya. Keadaan tersebut  juga cenderung semakin buruk seiring bertambahnya usia anak-anak karena mata mereka terus tumbuh.  Sehingga, lebih baik segera melakukan terapi mata minus.

Hal ini dapat berdampak signifikan pada kehidupan sehari-hari anak dan terkadang dapat menyebabkan masalah kesehatan mata di masa depan. Untungnya, penelitian terbaru menunjukkan adanya strategi yang lebih baik untuk menangani miopi pada anak-anak. Inilah caranya:

Jauhkan dari gadget. Data dari 145 penelitian yang mencakup 2,1 juta peserta mengungkapkan bahwa peningkatan miopi terutama disebabkan oleh gaya hidup. Anak muda masa kini menghabiskan banyak waktu untuk melakukan aktivitas di dekat pekerjaan, sering kali dengan perangkat elektronik. Tentu saja tidak realistis untuk meminta anak-anak untuk tidak menggunakan alat-alat ini sama sekali, tetapi cobalah untuk membatasinya agar ada lebih banyak keseimbangan dalam hari anak Anda.

Tanyakan kepada spesialis mata Anda tentang cara-cara penanganan miopi. Kacamata dan lensa kontak biasa dapat membantu anak melihat lebih jelas, tetapi tidak memperlambat perkembangan miopi, yang berarti anak-anak mungkin memerlukan resep yang lebih kuat saat mereka terus tumbuh. Namun, beberapa jenis lensa kontak tertentu, termasuk lensa lunak, dapat memperlambat kecepatan perkembangan miopi. Menurut American Optometric Association, lensa kontak multifokal untuk anak-anak dengan miopia dapat memperlambat perkembangan rabun jauh, sehingga memberikan pilihan pengobatan yang lebih efektif dan efisien.

Mengontrol miopi pada anak-anak adalah hal yang penting karena seiring dengan pertumbuhan mata mereka dan bertambahnya miopi, maka ketergantungan pada kacamata pun meningkat. Hal ini dapat mengurangi kemampuan anak untuk berpartisipasi aktif dalam olahraga dan kegiatan lainnya. Meningkatnya miopi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mata di masa depan. Kita tidak dapat mengubah gen anak-anak, tetapi kita dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kita melakukan semua yang kita bisa untuk menjaga mereka tetap sehat.

Kedengarannya seperti pertanyaan yang sederhana, apa yang dilihat oleh para tunanetra? Namun, sebagai manusia, realitas kita sangat berorientasi pada visual, sehingga sulit untuk membayangkan seperti apa dunia non-visual. Ternyata tunanetra memang bisa “melihat”, hanya saja tidak dengan cara yang sama seperti kita.

Baca Juga: Mengatasi Ancaman Kesehatan Mata Karena Dampak Merokok?

Terkadang, rabun jauh dapat disembuhkan. Namun, hal ini tergantung pada kondisi seseorang. Pada beberapa anak, spesialis mata dapat merekomendasikan terapi mata minus untuk mencegah rabun jauh berkembang dengan mengurangi pemanjangan mata seiring dengan pertumbuhan anak. Pada orang dewasa, pembedahan dapat menjadi pilihan. Meskipun pembedahan laser untuk mengoreksi rabun jauh bersifat permanen, beberapa orang mungkin mengalami penglihatan yang memburuk seiring waktu.

Apakah Lensa Dapat Membantu Rabun Jauh?

Kacamata resep dapat memperbaiki penglihatan, tetapi pada kebanyakan kasus, kacamata resep hanya membantu saat seseorang memakainya. Tidak ada bukti yang menyatakan bahwa penggunaan lensa resep standar dapat membantu mengatasi rabun jauh. Namun, beberapa jenis lensa khusus mungkin dapat memperlambat perkembangan rabun jauh pada anak-anak. Beberapa dari perawatan sangat baru atau masih dalam tahap pengembangan dan mungkin tidak dapat diakses oleh semua orang. Terdapat juga risiko infeksi mata pada perawatan ortokeratologi dan defokus perifer, seperti halnya pada semua lensa kontak.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.