Klinik Mata JakartaMenjaga kebersihan mata seringkali terlupakan. Tanpa sadar mata terpapar debu, kotoran, atau benda asing lainnya, yang sanggup mengganggu penglihatan dan aktivitas sehari-hari. Kondisi ini pasti terlalu merepotkan, bahkan terkecuali Anda merupakan pengguna lensa kontak.

Ketika debu, kotoran, atau benda asing lain masuk ke mata, Anda bisa saja dapat mengucek mata untuk membersihkannya. Namun, normalitas selanjutnya sanggup menyebabkan mata Anda enteng mengalami iritasi dan berisiko menyebabkan pandangan menjadi kabur. Oleh gara-gara itu, terlalu perlu untuk melindungi kebersihan mata secara teratur tiap tiap hari, dengan cara yang benar.

Kapan Mata Harus Dibersihkan?
Mata merupakan organ tubuh yang terlalu kompleks dan dilengkapi dengan bagian-bagian yang tercipta tertentu untuk melindunginya dari paparan debu, kotoran, atau benda asing lainnya. Meski begitu, benda-benda asing ini tetap senantiasa bisa saja masuk ke didalam mata dan menyebabkan fungsinya terganggu.

Paparan benda-benda asing ini sanggup menyebabkan mata mengalami iritasi dan menjadi merah, bahkan sanggup menyebabkan peradangan terhadap mata. Untuk menahan perihal ini terjadi, Anda harus bersihkan mata dengan cara yang tepat misalnya tersedia benda asing yang masuk ke mata. Jika udah berlangsung gangguan terhadap mata akibat paparan benda asing, cara bersihkan mata yang tepat juga dibutuhkan sehingga gangguan yang berlangsung tidak menjadi makin kritis dan keluhan sanggup teratasi.

Cara Aman Membersihkan Mata
Banyak cara sanggup ditunaikan untuk bersihkan mata, tetapi caranya harus sesuai dengan type kotoran yang masuk ke didalam mata. Berikut adalah lebih dari satu cara simple yang sanggup ditunaikan untuk bersihkan mata.

  • Pertama, cuci tangan dengan sabun dan air. Sebelum bersihkan mata, pastikan Anda udah melepaskan lensa kontak misalnya menggunakannya.
  • Kemudian, bersihkan debu, kotoran, atau benda asing lain yang masuk ke mata Anda dengan mengalirkan air bersih yang diteteskan secara perlahan ke mata.
  • Cara lain yang sanggup ditunaikan yaitu merendam mata Anda memakai eye bath cup, gelas, atau wadah kecil berisi air. Kemudian, tundukkan muka Anda dan arahkan eye bath cup berisi air itu ke mata yang bermasalah. Saat mata terendam, melakukan gerakan membuka dan menutup mata secara berulang untuk mengeluarkan kotoran atau benda asing yang terjerat di didalam mata.

Baca Juga :

Mata yang Sehat dan Bebas Iritasi Adalah Idaman Setiap Orang

Selain penanganan independent di atas, sehari-hari Anda juga sanggup bersihkan mata dengan memakai cairan pencuci mata. Cairan pencuci mata sanggup menunjang mengeluarkan benda asing maupun bahan kimia dari permukaan mata, dan juga meredakan gejala-gejala gangguan mata, layaknya mata merah, perih, atau gatal.

Salah satu cairan pencuci mata yang lazim digunakan untuk bersihkan mata adalah pencuci mata yang memiliki kandungan bahan witch hazel. Selain menunjang bersihkan mata, zat ini juga sanggup meredakan iritasi atau peradangan, sehingga mata

dapat mulai sejuk, segar, dan lagi berfungsi dengan baik. Namun disarankan untuk menjauhi penggunaan cairan pencuci mata yang memiliki kandungan zat pengawet layaknya Benzalkonium chloride, gara-gara dari penelitian didapatkan efek yang merugikan untuk mata.

Jika Anda menentukan memakai cairan pencuci mata, pilihlah product yang udah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sehingga terjamin keamanannya. Produk cairan pencuci mata tertentu bahkan juga miliki sertifikasi halal, sehingga sanggup digunakan secara luas oleh masyarakat.

Jadi, jangan pernah mengucek, menggaruk, atau bersihkan mata dengan tangan, bahkan didalam situasi kotor. Hal itu justru berisiko menyebabkan gangguan terhadap mata bertambah parah. Bila keluhan mulai terlalu mengganggu atau tidak kunjung membaik, disarankan untuk berkonsultasi terhadap dokter mata, sehingga sanggup diberikan penanganan yang sesuai.