Klinik Mata Bekasi Lazy eyes, atau ambliopia, adalah suatu kondisi yang menyebabkan penglihatan yang buruk, biasanya pada satu mata. Kondisi ini mempengaruhi sekitar 3 dari setiap 100 anak. Penderita mata malas memiliki satu mata yang lebih kuat daripada mata lainnya, karena otak dan mata yang lebih lemah tidak dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga agar bisa melakukan berbagai aktivitas lebih baik segera melakukan pengobatan dengan pergi ke klinik mata terbaik. Mata dan otak Anda harus bekerja sama agar penglihatan dapat terjadi. Untuk memungkinkan hal ini, retina Anda mengirimkan sinyal saraf dari bagian belakang mata ke saraf optik, yang membawa sinyal ke otak. Di sana, sinyal-sinyal tersebut ditafsirkan sebagai hal-hal yang Anda lihat.

Jika Anda memiliki satu mata yang lebih lemah daripada mata lainnya, otak Anda mungkin mulai memilih mata yang lebih kuat dan berhenti menerima sinyal dari mata yang lebih lemah. Tanpa pengobatan, mata malas dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Tetapi kondisi ini dapat diobati. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai perawatan yang tersedia untuk kondisi ini, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil terbaik. Ambliopia, lebih dikenal sebagai ‘mata malas’, memengaruhi sekitar 4% populasi umum dan berarti satu mata memiliki penglihatan yang lebih rendah daripada mata lainnya.

Mata malas pada anak-anak biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, meskipun dalam beberapa kasus, mata malas dapat dikaitkan dengan mata juling. Biasanya terdeteksi saat pemeriksaan penglihatan di sekolah atau setelah kunjungan rutin ke dokter mata. Kondisi lain terkadang juga dapat disebut sebagai ‘mata malas’. Ini termasuk:

  • Mata juling
  • Mata tidak sejajar yang dikenal sebagai strabismus
  • Kelopak mata yang terkulai yang dikenal sebagai ptosis

Penting untuk membedakan kondisi-kondisi ini, sehingga saran yang tepat dapat diberikan. Informasi di halaman ini khusus membahas tentang ambliopi.

Penyebab Mata Malas

Perbedaan kekuatan kedua mata

Jika kekuatan refraksi masing-masing mata berbeda secara signifikan, maka jika salah satu mata memiliki kekuatan minus atau plus yang tinggi, otak akan memilih untuk menggunakan mata yang lain untuk melihat. Hal ini menyebabkan perkembangan mata yang memiliki daya minus tinggi tidak optimal.

Mata juling atau Strabismus

Beberapa anak mungkin terlahir dengan atau mengalami juling, yang menyebabkan kedua mata tidak sejajar. Akibatnya, ketika satu mata melihat lurus ke depan, mata yang lain mungkin berputar ke dalam atau ke luar. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka akan menyebabkan penglihatan yang buruk pada mata yang menyimpang.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Jenis Buta Warna Merah-Hijau

Kekurangan rangsangan

Hal ini terjadi ketika penglihatan salah satu, atau kedua mata terganggu untuk sementara oleh katarak, atau kelopak mata yang terkulai di masa kanak-kanak. Hal ini menyebabkan sinyal yang tidak sama ke otak dari kedua mata dan akibatnya, mata dengan penglihatan yang lebih buruk akan berkembang lebih buruk, bahkan setelah gangguan tersebut dihilangkan.

Perawatan Mata Malas

Jika anak Anda terdeteksi menderita ambliopi, penting untuk segera melakukan pengobatan sesegera mungkin dengan pergi ke klinik mata terbaik. Pengobatan mata malas untuk anak-anak cenderung bekerja paling baik jika dimulai sebelum usia tujuh tahun. Namun, jika kondisi ini ditemukan setelahnya, masih ada beberapa hal yang dapat kami lakukan untuk membantu.

Prinsip di balik penanganan ambliopia pada anak-anak adalah menghukum mata yang baik, untuk mendorong mata yang penglihatannya kurang baik untuk berkembang lebih jauh. Ada beberapa pilihan untuk melakukan pendekatan ini. Dr. Saurabh Jain dapat memberikan saran mengenai pendekatan terbaik yang dapat dilakukan, dan kami akan memantau bagaimana pengobatannya.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.