Vio Optical Clinic – Mata kita mungkin kecil, tetapi mata kita menyediakan apa yang dianggap banyak orang sebagai indra terpenting – penglihatan. Penglihatan terjadi ketika cahaya memasuki mata melalui pupil. Dengan bantuan dari struktur penting lainnya di mata, seperti iris dan kornea, jumlah cahaya yang tepat diarahkan ke lensa. Karena mata adalah salah satu organ yang paling penting bagi manusia, maka jika merasa terganggu atau tidak nyaman sangat penting untuk segera melakukan pemeriksaan. Misalnya, jika mengalami rabun jauh segera dapatkan terapi mata minus untuk mengobatinya.

Seperti halnya lensa pada kamera yang mengirimkan pesan untuk menghasilkan film, lensa pada mata ‘membiaskan’ atau membelokkan cahaya yang masuk pada retina. Retina terdiri dari jutaan sel khusus yang dikenal sebagai sel batang dan sel kerucut, yang bekerja sama untuk mengubah gambar menjadi energi listrik, yang dikirim ke cakram optik pada retina dan ditransfer melalui impuls listrik di sepanjang saraf optik untuk diproses oleh otak.

Bagaimana Mata Bekerja?

Mata disebut sebagai organ yang paling kompleks dalam tubuh kita. Sangat menakjubkan bahwa suatu hal yang begitu kecil dapat mempunyai begitu banyak bagian yang bekerja. Namun, ketika Anda mempertimbangkan betapa sulitnya tugas untuk memberikan penglihatan, mungkin tidak mengherankan.

Fungsi mata

Melihat

Ketika kita melihat, kita menggunakan mata dan otak kita secara bersamaan. Kita melihat ketika cahaya masuk ke mata kita dari objek yang kita lihat. Gambar yang kita lihat mengenai retina di bagian belakang mata kita secara terbalik dan dari belakang ke depan. Gambar seperti ini nantinya diubah menjadi suatu sinyal listrik dan dikirim ke otak kita melalui saraf optik. Dari sini, otak kita dapat memproses apa yang kita lihat. Penglihatan akan berkurang apabila salah satu dari bagian mata ini tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga, inilah saat mendapatkan terapi mata minus jika Anda mengalami berbagai tanda-tandanya.

Menangis

Air mata dimulai dari kelenjar air mata dan setiap kali kelopak mata berkedip, kelopak mata akan menyapu air mata, menyebarkan air mata secara merata ke seluruh permukaan mata. Gerakan kelopak mata yang berkedip memaksa air mata masuk ke saluran kecil yang terdapat di sudut dalam kelopak mata atas dan bawah. Kemudian, air mata akan mengalir melalui saluran menuju sesuatu yang disebut kantung lakrimal yang pada gilirannya mengalir ke saluran hidung.

Gerakan

Terdapat enam otot yang menggerakkan mata ke atas dan ke bawah serta ke kiri dan ke kanan.

Baca Juga: Mendukung Anak dengan Low Vision: Perangkat Optik dan Non-Optik yang Penting

Berkedip

Saat kita berkedip, air mata membasuh bola mata kita, menjaganya tetap lembab dan bersih. Kita berkedip sekitar sepuluh kali dalam satu menit dan lebih dari 10.000 kali dalam setahun. Otot yang membuat Anda berkedip adalah otot tercepat dalam tubuh.

Melindungi

Mata kita terlindungi dengan baik oleh alis, bulu mata, dan rongga mata. Alis kita mencegah keringat dan hujan masuk ke mata. Alis kita melengkung untuk mengarahkan cairan ke sisi mata kita. Bulu mata membantu menjaga debu dan kotoran. Mata terletak di bagian tengkorak yang disebut rongga mata. Ini membantu melindungi mata Anda dari cedera

Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat mengurangi risiko terkena kondisi mata yang umum.  Nutrisi ramah mata yang ditemukan dalam banyak buah dan sayuran termasuk bayam, paprika merah, kangkung, daun bawang, alpukat, persik, dan blueberry dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula yang berkaitan dengan usia (AMD)

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.