Klinik Mata Bekasi – Pupil adalah bukaan pendek pada mata yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Pupil menyesuaikan ukurannya sesuai dengan cahaya. Seperti yang terlihat pada anatomi mata, pupil adalah bukaan seperti titik hitam di bagian tengah iris (bagian mata yang memberikan warna). Ini adalah bagian mata yang dilalui cahaya sebelum mencapai lensa mata dan akhirnya difokuskan ke retina. Pupil juga bisa mengalami gangguan mata, sehingga sangat penting untuk segera melakukan pengobatan dengan pergi ke pusat terapi mata.

Umumnya, kedua pupil mata manusia tampak berbentuk bulat sempurna, ukurannya sama, dan berwarna hitam. Warnanya hitam pada sebagian besar kasus, sehingga cahaya yang melewatinya akan diserap oleh retina dan tidak dipantulkan kembali. Hal ini memastikan penyerapan cahaya yang diterima secara sempurna, dan karenanya membentuk gambar objek yang cerah dan akurat. Ukurannya diatur oleh otot-otot iris yang secara umum dikenal sebagai otot siliaris. Otot-otot ini bertanggung jawab atas penyempitan dan pelebaran yang cepat.

Dengan bekerja bersama, iris dan pupil mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Fungsi utamanya adalah untuk memungkinkan jumlah cahaya yang cukup masuk ke dalam mata sehingga dapat difokuskan ke retina dan karenanya, gambar objek dapat dilihat dengan mudah.

Kondisi Kesehatan dan Penyakit yang Berhubungan dengan Pupil

Katarak

Pada beberapa kasus, pupil mata terlihat keruh atau berwarna pucat. Hal ini disebabkan karena lensa mata yang terletak tepat di belakang pupil menjadi buram. Kondisi ini umumnya dikenal sebagai katarak. Untuk mengembalikan tampilan pupil yang hitam normal dan penglihatan yang sehat, lensa yang keruh diganti dengan lensa intraokular (IOL) yang jernih melalui pusat terapi mata.

Perubahan Warna Pupil

Kondisi umum lainnya pada pupil mata adalah ketika pupil mata berubah warna. Ketika seseorang mengklik foto Anda menggunakan lampu kilat kamera, pupil mata dalam foto mungkin tampak lebih terang dari biasanya ketika dilihat dengan cermat. Tergantung pada arah pandangan ketika foto diambil, pupil mata Anda mungkin tampak merah cerah. Warna cerah ini muncul akibat cahaya yang benderang dari lampu kilat yang dipantulkan oleh warna merah retina.

Sindrom Horner

Sindrom Horner karena pupil ini adalah suatu kondisi kesehatan yang terjadi apabila saraf yang menghubungkan otak kita ke wajah mengalami cedera. Cedera ini menyebabkan pengecilan ukuran pupil. Beberapa penyebab dari kondisi ini adalah:

  • Stroke
  • Tumor
  • Trauma

Baca Juga: Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Mata untuk Pengemudi

Kondisi ini juga terjadi ketika Anda mengalami cedera pada pembuluh darah yang membawa darah dan oksigen ke wajah dan otak atau pembuluh darah yang membawa darah kotor dari wajah dan otak kembali ke jantung.

Tes Pupil

Selama pemeriksaan mata rutin, spesialis mata akan memeriksa dan melakukan tes pupil untuk memeriksa apakah pupil berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk hasil yang tepat, tes pupil dilakukan di ruangan dengan kondisi cahaya redup. Spesialis mata, setelah menyuruh Anda melihat objek yang jauh, akan mengarahkan sinar senter ke salah satu mata Anda beberapa kali. Respons kedua mata kemudian direkam. Spesialis kemudian akan mengarahkan cahaya secara bergantian ke masing-masing mata Anda dan sekali lagi mengamati respons pupil kedua mata.

Pemeriksa mungkin akan menaikkan sedikit cahaya ruangan dan meminta Anda untuk fokus pada objek yang didekatkan ke mata Anda sambil secara bertahap mendekatkan objek tersebut ke hidung Anda. Tes ini dilakukan untuk memeriksa respons akomodatifnya.

Pupil diketahui tidak normal jika gagal untuk:

  • Melebar dalam kondisi cahaya redup
  • Menyempit dalam kondisi cahaya terang

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata seperti Ortho K? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas tinggi.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.