Klinik Mata Bekasi – Apa itu ablasi retina? Sesuai dengan yang Anda baca dan dengar, penyakit ini merupakan salah satu yang menyerang bagian mata. Ablasi retina ialah keadaan dimana penyakit mata yang terjadi pada seseorang, karena adanya lapisan tipis di dalam mata yaitu retina. Kondisi seperti ini bisa dikatakan parah, karena bisa menyebabkan kebutaan dalam jangka panjang.

Namun, terdapat syarat untuk hal ini yaitu jika Anda obati dengan baik dan benar biasanya penyakit ini bisa disembuhkan. Berbeda dengan beberapa penyakit mata lainnya yang memang terbilang sulit untuk diobati dengan satu dan alasan lainnya. Retina mata menjadi bagian yang sangat penting untuk Anda jaga, karena itu berfungsi untuk memproses cahaya.

Cahaya yang sudah diproses di retina tadi itu kemudian diubah menjadi sinyal listrik dan diteruskan ke bagian otak. Sinyal yang sudah sampai ke bagian otak tadi kemduan akan diproses dan diinterpretasikan sebagai gambar yang bisa dilihat oleh manusia sekarang ini. Maka, dengan memahami dan mempelajari akan hal ini Anda bisa lebih paham dan menjaga mata lebih maksimal.

Kenali Gejala Ablasi Retina

Ada hal yang harus Anda pahami bahwa ada beberapa penyakit yang tidak memiliki gejala secara langsung. Misalnya seperti Ablasi Retina yang ternyata tidak memberikan rasa sakit pada penderitanya. Maka, Anda secara tiba-tiba dan mendadak bisa saja kehilangan penglihatan. Namun, berdasarkan paparan dari dokter dan tenaga medis yang ada, terdapat beberapa gejala jika seseorang mengalami Ablasi Retina.

Pertama, pada bagian mata akan timbul bercak hitam yang tampak melayang saat Anda sedang melihat. Gejala lainnya seperti pandangan Anda terlihat menyempit, penglihatan bisa saja kabur, atau bahkan tertutup oleh bayangan. Untuk gejala seperti kilatan cahaya pada penglihatan juga bisa Anda rasakan dalam jangka waktu tertentu. Maka, untuk penanganan jika mengalami salah satu hal yang sudah disebutkan di atas bisa dengan konsultasi ke dokter.

Baca juga : Bahaya Sinar UV Untuk Kesehatan Mata

Ternyata ada beberapa penyebab yang dibicarakan kenapa seseorang bisa terserang ablasi retina, akan dibahas disini. Ablasi ini akan menyerang seseorang jika retina mata terlepas dari pembulu darah yang dapat menyalurkan oksigen dan nutrisi. Ada juga beberapa kondisi saat seseorang terkena ablasi retina yang akan dibahas pada paparan di bawah ini.

Ini Dia Kondisi Dimana Seseorang Dapat Terkena Ablasi Retina

Kondisi pertama ialah terdapat robekan di bagian retina, untuk mengetahui hal ini Anda harus konsultasikan dengan dokter. Robekan tadi menjadi penyebab cairan di bagian tengah bola mata Anda merembes, hingga masuk dan menumpuk di belakang retina. Cairan yang menumpuk tadi akan membuat lapisan retina akhirnya terlepas dari dasar. Keadaan ini bisa menyebabkan perubahan jaringan saat usia Anda semakin bertambah dan berubah.

Maka, mereka yang matanya minus alias rabun jauh atau juga pernah melakukan operasi katarak ternyata memiliki risiko lebih besar akan robekan pada retina. Kondisi lain yang harus Anda kenali ialah, dimana cairan vitreus menumpuk yang tidak disertai dengan robekan pada retina. Kondisi yang demikian tidak lain disebabkan oleh adanya cedera, peradangan, hingga bisa karena penyakit degenerasi makula.

Ada beberapa faktor juga yang ternyata harus dipahami hingga kenapa akhirnya seseorang bisa terkena ablasi retina. Untuk faktor utama memang karena usia yang sudah di atas 50 tahun dan mungkin Anda memiliki riwayat penyakit tersebut. Faktor lain karena ada cedera yang terjadi pada diri Anda yang terbilang parah dan juga pernah mengalami rabun meski dalam jangka waktu sebentar.