Ortho Keratology – Kesehatan mata anda adalah jendela penglihatan yang dapat membuka dunia. Mata merupakan indera penglihatan dengan peran dan fungsi yang sangat penting. Dalam melakukan aktifitas, setiap orang tidak pernah lepas dari indera penglihatan yaitu mata. Berjalan, berkendara, belajar, bekerja, olahraga dan lain sebagainya, membutuhkan penglihatan yang jelas dan bagus. Terjadinya gangguan penglihatan membuat seseorang kesulitan untuk melihat dengan jelas, benda atau objek yang dilihat akan terlihat buram. Coba bayangkan apabila anda memiliki penglihatan yang buram, tentunya akan mengganggu kelancaran aktifitas yang dilakukan. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting bagi setiap orang.

Gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata sangatlah beragam. Gangguan penglihatan yang sekarang ini sering dialami oleh setiap orang dan tidak mengenal usia adalah mata minus. Mata minus membuat anda memiliki penglihatan yang buram terutama untuk melihat benda atau objek yang jauh. Tingkatan mata minus yang tinggi, berpengaruh terhadap kegiatan yang anda lakukan. Tidak menutup kemungkinan anda mengalami penurunan produktifitas dalam bekerja, belajar ataupun dalam kegiatan sehari-hari. Tidak hanya orang dewasa saja, mata minus juga dapat dialami oleh anak-anak. Mungkin sudah sering kita jumpai kasus anak-anak yang memiliki mata minus. Bahkan, mata minus pada anak memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap proses belajar mereka.

Mengenal Mata Minus Pada Anak

Mata minus adalah gangguan kesehatan mata yang menyebabkan seseorang tidak bisa melihat objek jarak jauh dengan jelas. Bagi setiap orang tua, mengetahui penyebab mata minus pada anak sedini mungkin sangatlah penting. Anak yang sejak dini memiliki mata minus dapat mengganggu aktivitas yang dilakukannya. Seperti ketika anak-anak belajardi sekolah dimana mereka kesulitan membaca tulisan di papan tulis sehingga mereka tertinggal. Resiko tinggi akibat mata minus dapat membuat anak-anak kesulitan membaca sehingga tidak dapat belajar secara maksimal. Hal tersebut berisiko terhadap nilai akademik anak yang menurun dan proses belajar yang tidak dapat dipahami dengan baik.

Faktor yang dapat menjadi penyebab mata minus pada anak meliputi hal berikut ini:

  1. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan.

Contohnya anak terbiasa melihat benda dengan jara sangat dekat ke mata seperti membaca buku, bermain gadget, dan lain sebagainya.

  1. Anak terlalu sering berada di dalam ruangan.

Beraktifitas di dalam ruangan yang kurang pencahayaan, menyebabkan mata akan bekerja ekstra yang berisiko pada mata minus.

  1. Keturunan

Apabila anda sebagai orang tua memiliki riwayat mata minus, maka besar kemungkinan anak anda juga mengalami mata minus.

Sedangkan gejala yang dapat timbul apabila anak mengalami mata minus adalah sebagai berikut:

  1. Kesulitan melihat benda atau objek yang berada jauh.
  2. Sensitive terhadap cahaya yang terang, sehingga sering memicingkan sebelah mata.
  3. Kesulitan dalam membaca, terutama tulisan pada papan tulis.
  4. Seringkali membaca, melihat tv, bermain gadget dengan jarak yang sangat dekat.

Baca Juga: Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui tentang Ortho K?

Ortho Keratology Sebagai Solusi Mata Minus Anak

Pada umumnya, anak yang memiliki mata minus akan dianjurkan untuk memakai kacamata minus guna membantu anak untuk melihat dengan jelas. Namun penggunaan kacamata tidak dapat dipakai setiap kali khususnya pada saat melakukan aktifitas olahraga maupun berenang. Oleh sebab itu, Ortho keratology dapat menjadi opsi baru yang tepat untuk mengurangi resiko mata minus anak. Ortho keratology adalah perawatan koreksi penglihatan untuk mata minus tanpa operasi. Lensa kontak khusus ortho keratology akan membentuk ulang kornea guna mengurangi resiko mata minus pada anak.

Proses pemakaian lensa ortho keratology, dilakukan sebelum tidur di malam hari dengan waktu 7-8 jam. Lensa tersebut akan mengoreksi penglihatan anak ketika tidur, dan dilepas pada keesokan harinya. Anak dapat melihat dengan jelas sepanjang hari tanpa bantuan kacamata minus. Terapi lensa ortho keratology, juga dapat membantu memelihara kesehatan mata pada anak. Dengan terapi yang rutin, maka dapat meminimalisir resiko mata minus ketika anak dewasa.

Vio Optical Clinic, memberikan layanan kesehatan mata seperti ortho keratology, clinical refraction, contact lens spesialis, low vision treatment dan masih banyak lagi. Pelayanan terbaik dari ahli optometry dengan para staff professional. Peralatan medical lengkap, dengan pemeriksaan secara menyeluruh, memberikan pelayanan kesehatan mata secara maksimal. Dan semua itu bisa Anda nikmati dengan menghubungi kontak person mereka yang ada di halaman ini.