Klinik Mata Bekasi – Pernahkah Anda menyadari bahwa penglihatan Anda semakin memburuk saat mencoba membaca buku atau teks pada ponsel Anda; atau mungkin Anda mulai kesulitan membaca menu restoran? Ini bisa jadi merupakan perubahan alami yang dikenal sebagai presbiopi, dan ini sangat umum terjadi saat Anda mencapai usia 40-an dan 50-an. Sehingga, tidak kalah penting untuk selalu melakukan pemeriksaan mata dan melakukan pengobatannya ke klinik gangguan mata jika ditemukan permasalahan pada mata Anda.

Apakah Penglihatan Jarak Dekat Anda Menurun?

Jika Anda telah menderita miopi, yang juga dikenal sebagai rabun jauh, kemungkinan Anda memerlukan kacamata untuk membantu melihat benda-benda yang jauh dengan jelas. Penuaan alami pada mata mulai terlihat pada usia sekitar 40 tahun, dengan tanda yang sederhana, yaitu mulai kehilangan kemampuan untuk melihat tulisan dari jarak dekat. Hal ini dikenal sebagai presbiopi dan bisa sedikit mengecewakan, tetapi mungkin akan menghibur untuk mengetahui bahwa kehilangan kemampuan untuk melihat benda-benda jarak dekat secara jelas mempengaruhi hampir semua orang.

Baik miopi maupun presbiopi dikenal sebagai kelainan refraksi dan dapat terjadi ketika ada sesuatu yang berubah pada struktur mata Anda. Jika Anda merasa mengalami keduanya, Anda bukan satu-satunya yang mengalaminya.

Bagaimana Presbiopi Terjadi?

Presbiopi, yang juga dikenal sebagai rabun jauh atau rabun dekat yang berkaitan dengan usia, adalah bagian normal dari penuaan. Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mengalami penurunan kemampuan lensa untuk melakukan hal ini. Hal ini dikenal sebagai presbiopi. Lensa kehilangan kelenturannya, dan otot di sekitar mata menjadi lebih lemah. Ini berarti lensa Anda tidak dapat fokus dengan mudah, dan Anda akan melihat objek jarak dekat tampak sedikit buram.

Dapatkah Anda Menderita Miopi dan Presbiopi?

Presbiopi dapat menyerang semua orang, apa pun kondisi penglihatan Anda saat ini, tetapi dapat diatasi dengan mudah dengan menggunakan kacamata presbiopi. Anda mungkin mengalami gejala seperti penglihatan kabur atau penglihatan yang buruk dalam kondisi cahaya redup. Apakah Anda sering harus memegang benda-benda dari kejauhan agar dapat melihatnya dengan lebih baik? Apakah Anda menderita sakit kepala atau ketegangan mata yang membuat membaca, atau aktivitas jarak dekat lainnya menjadi kurang nyaman? Hal ini dapat mengindikasikan gejala presbiopi. Ini adalah kondisi mata yang terpisah dari miopi dan Anda dapat memiliki keduanya.

Namun, jika Anda menderita miopi dan mulai mengalami presbiopi, Anda mungkin tidak akan langsung menyadarinya. Miopi berarti bayangan suatu objek terbentuk di depan retina, bagian mata yang bertanggung jawab untuk melihat cahaya dan objek, tetapi pada presbiopi, bayangan terbentuk di belakang retina.

Baca Juga: Hubungan Antara Rabun Jauh, Rabun Dekat, dan Silinder, Bisakah Mengalami Ketiganya Secara Bersamaan?

Kedua masalah ini dapat dikompensasi, dan Anda mungkin akan merasa penglihatan Anda membaik untuk sementara waktu, tetapi ini hanyalah bagian dari proses dan Anda masih memerlukan kacamata untuk mempertahankan penglihatan yang tajam dan nyaman pada jarak dekat dan jauh. Cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan mengunjungi klinik gangguan mata terbaik. Baik presbiopi maupun miopi dapat diidentifikasi dengan mudah selama pemeriksaan mata rutin.

Bagaimana Cara Mengobati Presbiopi?

Saat ini, tidak ada cara untuk mencegah terjadinya presbiopi sejak awal, tetapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Jika Anda sudah menggunakan kacamata untuk rabun jauh, spesialis mata Anda akan merekomendasikan lensa varifokal, yang juga dikenal sebagai lensa progresif. Lensa ini merupakan solusi yang sangat populer jika Anda mengalami rabun jauh dan presbiopi.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.