Klinik Mata BekasiKeratitis adalah type infeksi mata yang paling sering dialami oleh orang yang pakai lensa kontak. Kondisi ini sebabkan mata merasa perih, kemerahan, dan cenderung peka pada cahaya. Nah, untuk menanggulangi rasa tidak nyaman pada mata, review bermacam cara menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis berikut ini, yuk!

Apakah keratitis pada mata dapat pulih sendiri?

Keratitis adalah keadaan dikala anggota kornea Anda mengalami peradangan atau infeksi. Penyebabnya dapat sebab infeksi virus, bakteri, jamur, atau dapat terhitung sebab cedera pada mata.

Orang yang sering kenakan lensa kontak terhitung berisiko tinggi mengalami keratitis. Lensa kontak yang tidak bersih dapat memindahkan kuman dan bakteri berasal dari lensa ke permukaan mata. Kondisi ini diperparah kecuali Anda sering pakai lensa kontak kelamaan, jarang mengganti lensa kontak, atau kenakan lensa kontak yang telah kedaluwarsa.

Orang yang mengalami keratitis umumnya bakal mengalami mata merah, berair, merasa perih, dan peka pada cahaya. Namun hati-hati, infeksi mata ini dapat sebabkan rusaknya mata permanen sampai kebutaan kecuali tidak langsung diobati.

Kabar baiknya, keratitis pada mata sebenarnya dapat pulih sendiri dengan sebutan lain tanpa pengobatan. Akan tetapi, perihal ini bergantung berasal dari penyebab keratitis itu sendiri.

Anda tidak harus menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis kecuali disebabkan oleh cedera, contohnya sebab tradisi mengucek mata. Biasanya, mata merah atau perih yang dirasakan bakal hilang sendiri sementara mata Anda sembuh. Bila perlu, Anda lebih-lebih hanya memerlukan obat tetes mata untuk mempercepat penyembuhannya.

Namun, bila keratitis sebabkan infeksi yang lebih didalam pada kornea mata, maka keadaan ini dapat meninggalkan bekas luka yang tak boleh disepelekan. Jika dibiarkan terus-menerus, luka berikut dapat mengakibatkan kerusakan penglihatan atau lebih-lebih sebabkan kebutaan. Untuk mencegahnya, pergilah ke dokter mata paling dekat sesegera barangkali untuk menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis.

Berbagai cara menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis

1. Air mata buatan
Cara menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis yang tergolong gampang adalah dengan pakai air mata buatan. Jenis pengobatan ini bekerja dengan cara menaikkan jumlah cairan pada mata sekaligus kurangi penguapan air mata. Dengan begitu, rasa perih dan merah di mata bakal berkurang secara perlahan.

Baca Juga : 4 Sebab Mengapa Mata Terasa Perih Saat Memakai Lensa Kontak

Air mata buatan ini dapat berwujud obat tetes, salep, atau gel. Nah, Anda dapat memilihnya cocok kebutuhan. Bila rasa nyeri pada mata tergolong ringan, lalu Anda mencari obat yang gampang dan nyaman digunakan, maka obat tetes dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pemilihan obat tetes mata terhitung harus disesuaikan lagi dengan penyebab keratitis yang Anda alami. Bila keratitis disebabkan oleh jamur, maka Anda memerlukan obat tetes mata yang sifatnya antijamur.

Sedangkan untuk menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis yang tergolong parah, Anda barangkali memerlukan obat berwujud salep atau gel. Jenis obat ini sebaiknya digunakan pada malam hari sebab teksturnya lebih kental dan dapat bikin pandangan kabur sejenak.

2. Antibiotik
Antibiotik oral digunakan untuk menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis bakteri yang tergolong sedang sampai berat. Jenis obat ini berfaedah untuk melawan bakteri dan menyingkirkan infeksi pada mata.

3. Transplantasi kornea
Transplantasi kornea dapat dikerjakan untuk menyembuhkan infeksi mata akibat keratitis acanthamoeba. Acanthamoeba itu sendiri adalah sejenis parasit yang dapat sebabkan kornea meradang dan cenderung sulit disembuhkan.

Sebagai cara awal, Anda sebenarnya dapat menyembuhkan infeksi mata ini dengan obat tetes mata yang punya kandungan antibiotik. Namun sayangnya, lebih dari satu type parasit acanthamoeba cenderung resisten pada pengobatan.

Ketika keratitis tidak dapat diobati atau sebabkan kornea rusak permanen, maka dokter bakal memberi saran transplantasi kornea sebagai jalur terakhir. Kornea yang telah rusak bakal diangkat dan diganti dengan jaringan kornea sehat berasal dari mata pendonor. Secara bertahap, ke dua mata Anda bakal lagi jernih dan kian tahu untuk melihat.