Doctor’s diary by dr. Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO

 

Apa yang bisa menyebabkan mata merah terjadi? Bloodshot eyes….

 

Beberapa waktu lalu, ada pasien berusia 50 tahun yang mengunjungi Vio Optical Clinic untuk berkonsultasi dengan dokter mata mengenai penyakit mata yang dideritanya. Dia memiliki keluhan pada saat dia bangun tidur, dia sering mengalami mata gatal sehingga dia mengucek matanya sampai terjadi mata merah parah. Hal ini dia alami hampir setiap tahun.

Di Vio Optical Clinic ada alat pemeriksaan yang namanya Slit Lamp. Akhirnya saya segera melakukan pemeriksaan mata dengan Slit Lamp untuk pengecekan lebih lanjut. Slit Lamp ini merupakan alat pemeriksaan mata yang berfungsi untuk mencari penyakit mata atau kelainan mata yang meliputi kelopak mata, bulu mata, lensa, konjungtiva, kornea, dan iris.

Slit Lamp (Doc. Vio Optical Clinic)

Pada saat pemeriksaan mata di ruang periksa Vio Optical Clinic, pasien menceritakan bahwa dia mempunyai tekanan darah tinggi dan diabetes. Dia pun mengkonsumsi obat penurun tekanan darah dan pengontrol gula darah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa obat yang dikonsumsi pasien ini mengakibatkan pecahnya pembuluh darah pada mata pasien atau yang dinamakan dengan Blood Shot Eyes (Mata Merah).

Foto hasil pemeriksaan dengan Slit Lamp – Mata Merah (Bloodshot Eyes)

Hasil dari pemeriksaan mata dengan menggunakan Slit Lamp by Vio Optical Clinic adalah terjadi penyebaran darah pada bulbar (otot-otot) konjungtiva akibat dari Blood Shot tersebut. Sedangkan hasil pemeriksaan mata lainnya tidak menunjukkan sesuatu yang parah.

Treatment yang saya dan team Vio Optical Clinic lakukan terhadap pasien adalah dengan menyarankan untuk melakukan cold compress, memberikan comfort drop yaitu cairan solution yang berfungsi untuk menyegarkan, menenangkan, dan membersihkan mata lelah 4x sehari.

Saya dan Team Vio Optical Clinic menjelaskan kepada pasien bahwa Mata merah (bloodshot eyes) bisa jadi gejala mata iritasiringan atau kondisi medis yang serius seperti infeksi mataMata merah terjadi pada saat pembuluh darah kecil yang ada di permukaan mata menjadi besar dan sesak disertai darah. Hal ini terjadi karena jumlah oksigen yang disalurkan ke kornea tidak mencukupi. Mata merah (Bloodshot eyes) umumnya tidak perlu dikhawatirkan, tapi apabila ditambah dengan sakit mata, penglihatan terganggu, ini bisa mengindikasikan masalah medis yang serius.

Jika kalian mengalami kejadian yang sama persis dengan apa yang dialami pasien diatas, harap segera menghubungi ahli kesehatan mata anda. Atau bisa juga menghubungi saya dan Vio Optical Clinic di:

Office: 021-29475974

SMS/WA: o89502092881 / 081287840643

Line: vioclinic

Address: Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Kota Harapan Indah Bekasi untuk mendapat treatment lebih lanjut sehingga dapat mencegah kondisi yang lebih parah.

Untuk info mengenai kesehatan mata dan promo-promo dari Vio Optical Clinic, bisa mengunjungi Vio Optical Clinic di:

Website: www.viooptical.com

Facebook: Vio Optical Clinic

Instagram: @viooptical

Youtube: Vio Optical Clinic