Vision Therapy РMasalah mata pada anak seringkali mempengaruhi mereka dalam beraktivitas. Karena umumnya masalah mata akan mempengaruhi kemampuan visual anak dalam kehidupannya. Bahkan seringkali anak mengabaikan gejala masalah mata yang dialaminya. Sehingga orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan mata anak. Seperti  melakukan pemeriksaan mata malas (amblyopia), gangguan penglihatan yang terjadi pada sebelah mata. Ini terjadi karena otak dan mata yang tidak terhubung dengan baik sehingga mengakibatkan menurunnya kualitas penglihatan.

Apa itu Mata Malas (Amblyopia)?

Mata malas atau amblyopia adalah salah satu jenis gangguan penglihatan yang umumnya mempengaruhi satu mata. Kondisi ini mengakibatkan penglihatan buruk yang terjadi hanya pada satu sisi mata anak. Mata malas disebabkan oleh otot mata dan saraf otak yang tidak bekerja sama dengan baik. Dan seiring dengan berjalannya waktu, anak akan mengalami penglihatan yang normal di satu sisi mata. sementara itu mata yang mengalami mata malas akan buram hingga memburuk.

Pada beberapa kasus, masalah mata malas bisa menyebabkan kualitas atau fokus penglihatan yang dihasilkan oleh kedua mata berbeda. Koordinasi antara kedua mata mengalami gangguan yang berakibat pada menurunnya kemampuan visual. Kondisi mata malas menyebabkan otak hanya menerjemahkan penglihatan dari mata yang baik saja, dan mengabaikan penglihatan dari mata yang mengalami gangguan. Apabila masalah mata malas tidak segera mendapatkan perawatan yang sesuai, otak anak akan mengabaikan penglihatan serta tidak mengontrol cara kerja mata.

Apa Saja Tanda dan Gejala Mata Malas (Amblyopia)?

Gejala mata malas paling umum adalah anak yang kesulitan untuk mengetahui seberapa dekat atau jauh sesuatu yang dilihat dan melihat dengan jelas. Simak gejala dari mata malas amblyopia berikut ini:

  • Mata yang mengarah kedalam atau ke luar
  • Mata yang terlihat tidak bekerja sama
  • Menyipitkan atau menutup salah satu sisi mata
  • Juling atau mata menutup
  • Melihat dengan memiringkan kepala
  • Kecenderungan untuk menabrak objek pada satu sisi
  • Penglihatan ganda

Baca Juga: Kenali Apa Itu Low Vision dan Pengobatannya Secara Efektif

Pengobatan untuk Mata Malas

Mata malas dapat diobati melalui berbagai cara, yang mana tergantung pada jenis, tingkat keparahan, dan usia pasien. Perawatan yang paling umum untuk masalah mata malas atau amblyopia adalah dengan terapi penglihatan (vision therapy). Terapi ini direkomendasikan sebagai perawatan mata malas untuk mencapai hasil yang lebih efektif. Vision therapy adalah solusi efektif untuk membantu meningkatkan ketajaman visual, penglihatan binokular, kemampuan pemrosesan visual, kelancaran membaca dan persepsi kedalaman yang lebih baik. Program terapi yang digunakan mampu memberikan hasil jangka panjang yang optimal agar kedua mata bekerja sama dengan baik.

Vision therapy atau terapi penglihatan penting dalam membantu penderita mata malas memiliki kemampuan visual yang baik. Program terapi penglihatan tersebut dapat mencakup penggunaan optical device dan peralatan khusus lainnya. Dimana hal tersebut dirancang khusus untuk secara aktif membuat mata malas dapat bekerja dengan baik. Setiap program terapi penglihatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari setiap pasien. Vision therapy ini bisa meliputi latihan untuk peningkatan akomodasi, peningkatan akurasi keterampilan okulomotor, peningkatan rentang vergensi, peningkatan persepsi kedalaman dan lainnya. Tujuannya yaitu agar keterampilan visual menjadi lebih baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.