Mata Malas (Amblyopia)

mata malas

Amblyopia, atau dikenal sebagai mata malas adalah sebuah penyakit mata dimana salah satu mata mengalami penurunan ketajaman penglihatan dibandingkan mata yang satunya. Mata malas tidak dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak biasa.

Mata malas (Amblyopia) terbentuk mulai dari masa bayi dan anak usia dini. Pada kebanyakan kasus, hanya satu mata saja yang terpengaruh, namun pada kasus yang lain, penurunan ketajaman penglihatan bisa terjadi pada kedua mata.

Secara khusus, jika mata malas terdeteksi sejak dini dan ditangani secara tepat, kita bisa menghindari yang namanya penurunan kualitas penglihatan anak. Tapi, jika tidak segera ditangani , maka mata malas bisa mengakibatkan kecacatan dalam penglihatan Anda bahkan bisa menyebabkan Anda menderita Low Vision.

Gejala Mata Malas

Seperti yang sudah tadi disebutkan, Mata Malas (Amblyopia) biasanya sudah berkembang pada masa bayi, jadi agak sulit untuk melihat gejala dan tanda-tandanya. Namun, penyebab umum terjadinya mata malas adalah Strabismus (mata juling). Jadi, jika Anda memperhatikan mata anak atau bayi Anda juling atau matanya tidak berada pada posisi yang benar, Anda harus mengunjungi dokter mata segera untuk dicek secara komprehensif dan menyeluruh.  Anda harus membawanya kepada dokter mata yang terpercaya seperti VIO Optical Clinic yang memiliki keahlian dalam pemeriksaan mata Anak.

Petunjuk lain bahwa anak Anda mungkin mengalami Mata Malas (Amblyopia) adalah mereka akan menangis atau rewel jika Anda menutup satu mata mereka. Anda bisa mencoba metode ini di Rumah hanya dengan menutup atau membuka satu mata anak Anda (dilakukannya secara bergantian)saat mereka sedang beraktivitas yang membutuhkan akomodasi mata seperti menonton TV.

Jika anak Anda tidak merasa terganggu jika ditutup satu matanya, tapi menolak jika dilakukan pada mata yang lain, kemungkinan ini menunjukkan bahwa mata yang tutup itu adalah mata yang dominan, sedangkan mata yang tidak ditutup itu mata malasnya, yang menyebabkan pandangan anak Anda menjadi kabur.

Walapun Anda bisa melakukan metode ini di rumah, hal ini tidak sebanding jika Anda melakukan pemeriksaan mata komprehensif dengan dokter mata.

Apakah Anda sudah membawa anak Anda untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk memastikan mereka memiliki penglihatan yang normal dan bekerja dengan baik?

Penyebab Mata Malas

Ada beberapa jenis-jenis Mata Malas (Amblyopia), berdasarkan penyebab yang mendasarinya;

  1. Strabismic Amblyopia. Strabismus adalah penyebab umum terjadinya mata malas (Amblyopia). Untuk menghindari penglihatan ganda yang disebabkan oleh posisi mata yang tidak tepat, otak menolak informasi yang masuk dari mata yang bermasalah, sehingga menyebabkan mata tersebut menderita Mata Malas (Amblyopia). Tipe mata malas inilah yang disebut dengan Strabismic Amblyopia.
  2. Refractive Amblyopia. Terkadang, mata malas (amblyopia) bisa terjadi karena perbedaan kelaian refraksi antara kedua mata, meskipun tidak ada masalah dengan posisi kedua mata pasien. Misalnya, satu mata bisa menderita rabun jauh atau rabun dekat yang sangat signifikan, sedangkan mata yang lainnya biasa saja. Atau bisa jadi, satu mata bisa menderita mata silinder yang cukup parah sedangkan mata yang lainnya tidak.Dalam beberapa kasus, otak bergantung pada mata yang mengalami kelainan refraksi yang sedikit parahnya dibandingkan mata yang lain dan menyebabkan mata malas (Amblyopia) pada mata tersebut karena tidak digunakan. Tipe mata malas inilah yang disebut dengan Refractive Amblyopia. (atau Anisometropic Amblyopia)
  3. Deprivation Amblyopia. Mata malas ini disebabkan oleh sesuatu yang menghalangi cahaya masuk dan menjadi fokus pada mata bayi, seperti penyakit mata Katarak Kongenital. Penanganan yang tepat untuk penyakit mata Katarak Kongenital agar sang bayi bisa memiliki penglihatan yang normal.

Anak yang menderita Mata Malas lebih lamban membaca dibandingkan anak yang penglihatannya normal

Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang menderita Mata Malas (amblyopia) membuat gerakan mata yang lebih korektif saat membaca dan cenderung membaca lebih lamban daripada anak-anak yang memiliki penglihatan yang normal.

Pemeriksaan mata untuk pendeteksian dini mata malas sangat penting

Meskipun sekarang sudah banyak penanganan yang canggih untuk mengobati Mata Malas (Amblyopia)baik pada orang dewasa atau anak-anak, beberapa ahli berpendapat bahwa pencegahan mata malas yang baik adalah dengan melakukan pemeriksaan mata sekaligus mendeteksi adanya gejala-gejala mata malas.

Semua anak-anak disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata bahkan semenjak usia 6 bulan, lalu pemeriksaan mata selanjutnya pada usia 3 tahun dan saat mulai memasuki sekolah untuk memastikan bahwa tumbuh kembang penglihatan anak itu normal pada kedua mata dan memastikan bahwa mereka tidak memiliki resiko terkena mata malas (Amblyopia)

Mata malas (Amblyopia) tidak akan hilang dengan sendirinya, dan mata malas yang tidak segera ditangani bisa mengakibatkan permasalahan mata secara permanen. Jika suatu saat nanti mata yang dominan (mata yang tidak bermasalah) mengalami cedera atau terkena penyakit mata yang lainnya, maka anak tersebut akan selamanya bergantung pada mata malasnya, jadi sangat disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan mata minimal 6 bulan sekali.

Untuk kasus-kasus tertentu, kelainan refraksi yang tidak ditangani dan mata malas (Amblyopia)pada anak bisa menyebabkan perilaku yang tampaknya mengindikasikan gangguan perkembangan atau keterbelakangan mental, atau memang benar-benar gangguan penglihatan.

Terapi Mata Malas (Amblyopia) di VIO Optical Optical Clinic

VIO Optical Clinic menyediakan beberapa pelayanan kesehatan mata seperti pemeriksaan mata lengkap, pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata seperti mata malas (Amblyopia), katarak, Low Vision, Glaukoma, dan lain-lain.

Seluruh pelayanan kesehatan mata ditangani langsung oleh Dokter Optometry dan Professional Eye Care yang sudah ahli di bidangnya.

Untuk info lebih lanjut mengenai penanganan mata malas (Amblyopia) dan gangguan penglihatan lainnya, silahkan klik tombol di bawah ini untuk terhubung langsung dengan staff VIO.

Untuk selengkapnya, Anda bisa berkonsultasi dengan VIO untuk penanganan lebih lanjut di;

Alamat; VIO Optical Clinic – Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *