Vision Therapy – Mata malas atau dalam istilah medis disebut dengan amblyopia adalah kondisi penurunan penglihatan pada satu mata. Kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh perkembangan penglihatan yang tidak normal. Mata yang lemah atau malas sering bergerak ke dalam atau ke luar. Amblyopia pada umumnya berkembang sejak anak lahir hingga usia 7 tahun. Kondisi menjadi penyebab utama terjadinya penurunan penglihatan pada anak-anak. Untuk itu, anda harus mengetahui seperti apa itu mata malas (amblyopia) untuk melakukan pencegahan sejak dini.

Apa itu Mata Malas (Amblyopia)?

Mata malas atau amblyopia adalah kondisi gangguan penglihatan yang terjadi akibat kelainan perkembangan saraf optik. Gangguan ini baisanya dimulai pada anak usia dini, sebelum mereka memasuki usia delapan tahun. Mata malas berkembang ketika salah satu mata tidak dapat mencapai ketajaman visual yang normal, menyebabkan penglihatan kabur pada mata yang terkena, bahkan dengan kacamata korektif. Kondisi tersebut juga muncul dengan persepsi kedalaman yang buruk, dan kesulitan untuk membaca. Kondisi ini bisa terjadi ketika anak mengalami kondisi seperti berikut ini:

  • Mata tidak bisa fokus pada satu objek yang sama atau bisa disebut dengan strabismus. Satu mata mungkin akan mengarah lurus sementara mata yang lain akan melihat ke arah lain. Sehingga mata akan mengirimkan dua gambar yang berbeda kepada otak.
  • Anak memiliki penglihatan yang jauh lebih rabun di satu mata dibandingkan dengan mata yang lainnya. Jika satu mata bisa melihat objek yang jauh lebih jelas dari yang lain, maka otak akan mengabaikan gambar kabur dari mata yang lebih lemah.
  • Munculnya masalah yang mencegah cahaya untuk memasuki mata dalam jangka waktu yang lama. Masalah yang terjadi pada lensa, seperti katarak, atau masalah pada kornea juga dapat menyebabkan ambliopia.

Baca Juga: Inilah Tips untuk Mengenal Gangguan Penglihatan Low Vision

Penyebab Mata Malas (Amblyopia)

Mata malas atau amblyopia akan berkembang karena adanya penglihatan yang abnormal yang dialami sejak mereka masih kecil. Masalah perkembangan fungsi penglihatan yang dialami oleh anak bisa mengubah jalur saraf antara lapisan retina pada bagian belakang mata dan otak. Mata yang lebih lemah akan menerima lebih sedikit sinyal visual. Akhirnya, kemampuan mata untuk bekerja sama akan menurun, dan otak menekan atau mengabaikan masukan dari mata yang lebih lemah. Kondisi yang bisa menyebabkan penglihatan kabur atau menyebabkan mata juling atau berubah menjadi mata malas. Penyebab yang paling umum dari kondisi tersebut meliputi:

  • Ketidakseimbangan otot (strabismus amblyopia)

Ketidakseimbangan yang terjadi paa otot mata sehingga memposisikan mata yang tidak normal dan menyebabkan mata juling atau keluar. Serta mencegah mata untuk bisa bekerja sama dengan baik, akan memengaruhi risiko terjadinya mata malas.

  • Perbedaan ketajaman penglihatan antar mata (ambliopia bias)

Perbedaan yang cukup signifikan antara ketajaman mata pada setiap mata yang terjadi karena rabun jauh atau astigmatisme, dapat menyebabkan mata malas. Kacamata atau lensa kontak biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah refraksi ini.

  • Hilangnya penglihatan

Masalah penglihatan dengan satu mata, seperti katarak dapat menghalangi penglihatan yang jelas di mata.

Faktor Risiko Mata Malas (Amblyopia)

Beberapa faktor yang memengaruhi peningkatan risiko mata malas atau amblyopia meliputi:

  • Lahir premature
  • Ukuran kecil saat lahir
  • Riwayat keluarga yang memiliki mata malas
  • Ganggungan perkembangan fungsi penglihatan atau saraf optik

Mata malas atau amblyopia bisa diatasi dengan melakukan perawatan non-bedah. Jika ambliopia disebabkan oleh kelainan refraksi, maka anak akan menerima resep kacamata, sehingga mata yang terkena dapat terbiasa melihat dengan lebih jelas. Jika penyebab mata malas atau ambliopia adalah strabismus, maka perawatan tambahan yang diperlukan adalah:

  • Penutup mata atau oklusi mata
  • Tetes mata atropine
  • Latihan visi

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.