Klinik Mata Jakarta – Di jaman yang semakin maju seperti saat ini, hampir semua pekerjaan dilakukan dengan bantuan komputer. Di kantor, tempat bisnis, bahkan sampai kuliah dan sekolahpun sudah banyak yang dilakukan secara digital sehingga mengharuskan anda untuk selalu berada di depan komputer. Kondisi ini pastinya sangat melelahkan terutama untuk mata anda.

Terlalu lama berada di depan layar komputer atau bahkan smartphone bisa membuat mata mengalami gangguan mulai dari mata lelah, merah, perih, gatal dan berair. Jika dilakukan secara terus menerus tanpa ada tindakan pencegahan atau penanganan, bukan tidak mungkin akan menimbulkan gangguan mata yang lebih serius seperti mata minus, silender, atau bahkan rabun.

Selalu berada di depan komputer memang sudah menjadi resiko yang harus ditanggung oleh orang-orang yang bekerja di era maju seperti ini, sehingga anda juga harus siap dengan segala konsekuensinya. Untuk itu anda juga harus tahu tips menjaga mata agar tetap sehat meski berada lama di depan komputer.

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat Walau Berada Lama di Depan Komputer

  1. Atur tingkat kecerahan komputer

Salah satu cara agar mata tidak mudah lelah saat berada di depan komputer adalah dengan selalu atur tingkat kecerahan perangkat anda sesuai dengan lingkungan sekitar. Pastikan tingkat kecerahan nyaman untuk mata. Dengan begitu mata tidak akan mudah lelah dan kesehatan mata pun juga akan tetap bagus.

  1. Sesekali keluar ruangan dan lihat pemandangan hijau

Mata lelah karena berada terlalu lama di depan komputer bisa anda akali dengan meninggalkannya sejenak untuk menikmati pemandangan hijau. Anda bisa pergi ke taman sebentar untuk membuat otot mata menjadi rileks kembali. Dengan begitu anda bisa melanjutkan pekerjaan dengan lebih baik dan fokus lagi.

  1. Lakukan olahraga mata

Selain dengan melakukan refresing dengan keluar ruangan, anda juga bisa sesekali melakukan olahraga mata. Caranya yaitu dengan kedipkan mata sebanyak 5 kali setiap 10 menit. Olahraga ringan lainnya yang bisa anda lakukan adalah memutar bola mata dengan melihat sekeliling dari kiri ke kanan kemudian dari bawah ke atas.

  1. Konsumsi makanan yang bagus untuk mata

Satu lagi cara untuk menjaga kesehatan mata walaupun harus berada lama di depan komputer adalah dengan memperhatikan asupan makanan anda. pastikan anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E seperti wortel, telur, kacang almond dan juga sayur bayam.

Terapi Sederhana Untuk Mengurangi Mata Lelah Karena Terlalu Lama di Depan Komputer

Terlalu lama di depan layar komputer tak jarang membuat mata menjadi lelah. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti mengompres mata dengan handuk atau tisu dingin. Ini bisa membuat mata anda lebih rileks  sehingga bisa fokus kembali melakukan aktivitas.

Baca juga : Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Penyalahgunaan Lensa Kontak

Selain dengan mengompres mata menggunakan handuk dingin, anda juga bisa mengompres mata menggunakan irisan mentimun. Anda bisa meletakkan irisan mentimun di mata selama kurang lebih 15-20 menit untuk membuat mata menjadi segar. Dengan begitu rasa lelah yang anda rasakan akan hilang dan fresh kembali.

Itulah ulasan seputar cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer yang perlu anda ketahui. Berada cukup lama di depan komputer memang sudah menjadi keharusan bagi anda yang bekerja di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini. Hal ini pastinya bisa menimbulkan gangguan untuk kesehatan mata anda. Untuk itu pastikan melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko terhadap kesehatan mata anda.