VIO OPTICAL – Game merupakan hal yang sangat populer baik dikalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bermain game sendiri adalah aktivitas yang menyenangkan. Namun, bermain game terlalu lama dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan khususnya mata. Dimana kebiasaan bermain game dalam waktu lama bisa memicu mata lelah. Kondisi mata lelah serta mata tegang akibat terlalu menatap layar, juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan mata. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki hobi main game, perlu mengetahui langkah-langkah untuk mengobati mata lelah.

Hobi bermain game membuat seseorang menghabiskan waktunya berada di depan layar komputer. Kondisi tersebut tentu dapat membahayakan kesehatan mata anda. Ketika anda menatap perangkat digital terlalu lama, tentu hal tersebut dapat menyebabkan ketegangan mata, mata kering, iritasi mata, penglihatan kabur, sakit kepala hingga susah tidur. Kondisi mata lelah akibat bermain game yang dibiarkan begitu saja, bisa berisiko pada gangguan kesehatan mata yang lebih serius. Ketahui cara mengobati mata lelah akibat terlalu lama bermain game berikut.

1.    Mengistirahatkan Mata

Mengistirahatkan mata sangat penting dilakukan ketika anda menatap layar komputer terlalu lama. Langkah ini juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi kondisi mata lelah akibat terlalu lama bermain game. Saat anda terlalu fokus menatap layar komputer, cobalah sesekali untuk menatap keadaan di sekitar selain layar komputer. Ketika mata sudah terasa lelah dan konsentrasi yang menurun, cobalah untuk beristirahat sejenak. Anda bisa mengistirahatkan mata seperti tidur atau melakukan aktivitas lain yang jauh dari layar komputer.

2.    Mengatur Pencahayaan

Aturlah pencahayaan yang baik ketika anda melihat layar komputer. Sebaiknya, pencahayaan tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Aturlah pencahayaan yang sesuai dan pas, agar mata lebih nyaman saat menatap layar komputer. Hal ini dapat membantu mencegah mata cepat lelah dan mengurangi ketegangan mata.

3.    Mengatur Jarak Pandang

Mengatur jarak pandang yang tepat saat terlalu lama menatap layar komputer juga penting dilakukan. Ketika anda bermain game sebaiknya aturlah jarak pandang dan posisi duduk yang tepat. Menatap layar komputer dengan sangat dekat dapat membuat mata cepat lelah hingga mata menjadi merah.

Baca Juga: Terapi Mata Agar Cepat Tidur untuk Atasi Insomnia

4.    Menggunakan Obat Tetes Mata

Menggunakan obat tetes mata menjadi salah satu cara untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu lama bermain game. Obat tets mata dapat membantu mencegah mata kekeringan dan meredakan mata sakit akibat terlalu lama bermain game. Obat tetes mata ini berguna untuk menjaga kondisi mata agar tetap terlumasi dengan baik. Sehingga bisa mencegah kondisi mata kering yang berbahaya bagi kesehatan mata.

5.    Menggunakan Kacamata yang Tepat

Anda juga bisa memilih kacamata yang dirancang khusus untuk mencegah paparan sinar biru pada layar komputer. Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi untuk mencegah paparan sinar biru yang dapat merusak kesehatan mata. Kacamata ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang sering bermain game dengan waktu lama agar mata tidak terlalu banyak terpapar sinar biru. Paparan sinar biru pada layar komputer sendiri juga bisa membuat mata mudah lelah.

6.    Lakukan Aturan 20-20-20

Ketika Anda sering menatap layar komputer termasuk bermain game, terapkanlah aturan 20-20-20. Yaitu setiap 20 menit di depan layar komputer anda perlu untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan dari layar komputer. Alihkan pandangan anda pada objek-objek yang berjarak minimal 20 kaki atau 6 meter dari posisi duduk anda. Menerapkan aturan 20-20-20 ini dapat membantu anda mencegah mata lelah akibat terlalu lama bermain game.

Selain hal-hal tersebut di atas, anda juga bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Dimana anda bisa memperoleh pemeriksaan mata secara teratur dan komprehensif yang bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan mata. Ini juga dapat membantu mendeteksi potensi masalah penglihatan yang terjadi.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.