Mata kering bukan hanya sekedar mengakibatkan mata merah dan iritasi saja. Mata kering bisa mempersulit Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sedangkan untuk sebagian orang, mereka bisa mengalami rasa sakit dan bahkan menderita depresi dan kegelisahan yang berlebihan. Bayangkan, betapa sulitnya hidup Anda jika Anda menderita mata kering.

Apa itu Mata Kering?

Mata kering adalah penyakit mata yang kompleks yang memiliki banyak faktor penyebabnya. Sebab dan akibatnya itu bisa berbeda-beda bagi masing-masing penderita. Beberapa pasien tidak menunjukkan gejala apa-apa dari mata kering yang mereka derita namun bisa mengeluhkan rasa sakit yang luar biasa pada matanya. Sedangkan, ada yang setelah diperiksa ternyata menunjukkan adanya indikasi mata kering tapi pasiennya baik-baik saja atau tidak merasakan sakit.

Gejala mata kering secara umum

Pada umumnya, orang yang menderita mata kering akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut;

  1. Pandangan kabur
    Pandangan kabur adalah gangguan penglihatan yang membuat Anda sulit untuk melihat dengan jelas atau bisa dibilang kurangnya ketajaman penglihatan Anda. Biasanya berhubungan dengan penyakit mata seperti Degenerasi Makula, Kelainan refraksi seperti Mata minus dan mata silinder, Katarak, Konjungtivitis, Glaukoma, dan lain-lain.
  2. Mata perih
    Mata perih atau iritasi ini memberikan sensasi seperti terbakar pada mata si penderita. Mata perih sering bersangkutan dengan penyakit mata seperti Blepharitis, alergi mata, dan lain-lain.
  3. Mata kekeringan
    Kekeringan pada mata adalah ketika air mata Anda kurang berproduksi sehingga menimbulkan rasa gatal. Mata kering sering bersangkutan dengan penyakit mata seperti Blepharitis, mata kering, dll.
  4. Seperti ada yang mengganjal pada mata
    Sesuatu yang mengganjal pada mata adalah iritasi yang bisa menyebabkan sensasi berpasir di dalam mata. Hal ini sering bersangkutan dengan penyakit mata Blepharitis, Alergi mata, mata kering, ablasi kornea, dll.

Untuk booking appointment dan info lebih lanjut, hubungi VIO cukup dengan klik tombol di bawah ini

Penyebab mata kering

Mata kering terjadi ketika mata tidak memproduksi air mata yang cukup atau ketika kualitas air mata tidak dapat membuat permukaan mata kita terhidrasi (terlumasi) dengan baik. Mata kering sering terjadi akibat permasalahan kesehatan tubuh kita yang lain. Pengaruh lingkungan, seperti polusi udara juga berperan penting dalam berkontribusi memberikan indikasi mata kering. Terkadang juga bisa terjadi akibat penggunaan obat-obatan, seperti obat asma, antihistaminesbirth control pills. Bahkan bisa menjadi lebih parah jika Anda menggunakan lensa kontak atau beraktivitas di depan gadget seperti komputer, laptop, handphone, dll.

Sangat penting bagi pasien untuk memberitahukan apa yang mereka alami dan benar-benar rasakan kepada dokter mata sehingga dokter mata bisa mengevaluasi sumber permasalah mata kering yang pasiennya alami.

Mengobati mata kering

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah jika Anda menderita mata kering. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. Sering-sering berkedip. Jika Anda sering beraktivitas di depan komputer, handphone, atau perangkat digital yang lain, pasti kita jarang berkedip dari yang biasanya, sehingga memperburuk mata kering yang kita derita. Berusahalah untuk sering-sering berkedip ketika Anda sedang beraktivitas di depan gadget. Setelah itu, berkediplah secara menyeluruh, rapatkan kedua kelopak mata Anda secara bersamaan guna untuk memberikan menyalurkan lapisan air mata ke bagian permukaan mata Anda.
  2. Sempatkan waktu beristirahat ketika Anda beraktivitas di depan gadget. Cara yang paling praktis adalah dengan beristirahat setiap 20 menit sekali dan melihat objek sejauh 20 feet (6 meter) dari mata Anda selama 20 detik. Para ahli kesehatan mata menyebutkan tindakan ini sebagai 20-20-20 rule. Taat melakukan 20-20-20 rule bisa meringankan mata kering dan Computer Eye Strain (gangguan penglihatan akibat penggunaan perangkat komputer yang berlebih).
  3. Membersihkan make-up secara menyeluruh. Eyeliner dan kosmetik lainnya bisa menggumpal di dasar kelenjar bulu mata, sehingga menyebabkan kelenjar meibom (bagian dasar kelenjar bulu mata) dan mata kering. Oleh sebab itu, selalu perhatikan kebersihan mata dan jangan lupa untuk membersihkan make-up Anda sebelum tidur.
  4. Rajin membersihkan kelopak mata. Ketika mencuci muka sebelum tidur, cucilah kelopak mata Anda untuk mencegah bakteri yang bisa menyebabkan penyakit mata Blepharitis atau permasalahan pada kelenjar pada bagian dasar bulu mata yang mengakibakan mata Anda kering. Aplikasikan handuk tangan dengan air hangat dan kompreskan lalu bersihkan kelopak mata Anda selama 1 menit sampai dengan 2 menit.
  5. Gunakan kacamata yang bisa 100% menghalangi sinar UV. Ketika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan, gunakan kacamata yang bisa menghalangi 100% sinar UV. Kacamata juga bisa sebagai alat bantu untuk menghalangi debu, angin, sinar UV yang menyebabkan Anda menderita mata kering atau memperparah mata kering Anda.

Jika Anda mengalami mata kering yang tidak kunjung membaik, Anda harus segera mengunjungi Dokter Mata atau VIO Optical Clinic untuk penanganan lebih lanjut. Jangan menggunakan obat sembarangan atau tanpa anjuran dan rekomendasi dari Dokter Mata. VIO melayani pemeriksaan mata lengkap yang bisa membantu Anda untuk mengetahui sumber permasalahan mata kering Anda. Pemeriksaannya adalah sebagai berikut;

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan ketajaman penglihatan
  5. Pemeriksaan kesejajaran pandangan
  6. Pemeriksaan penglihatan ganda
  7. Test Buta Warna
  8. Pendeteksian dini penyakit mata dengan Mapping Cornea
  9. Test buta warna
  10. Dan masih banyak lagi

Untuk booking appointment dan info lebih lanjut, hubungi VIO cukup dengan klik tombol di bawah ini

Alamat; VIO Optical Clinic – Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi