Klinik Mata JakartaSaat Anda bangun tidur dan berkaca, pasti bakal ada lendir yang mengering di sudut mata. Lendir kering ini disebut termasuk dengen belek. Hal ini normal terjadi gara-gara pas tidur mata tidak berkedip supaya lendir alaminya bakal berkumpul di sudut mata. Namun, lendir bisa diproduksi lebih banyak supaya sebabkan mata belekan sepanjang hari. Apa saja penyebabnya?

Berbagai kondisi yang sebabkan mata belekan
Lendir sebetulnya diproduksi sejalan bersama air mata. Saat mata mengalami gangguan, lendir bisa diproduksi lebih banyak berasal dari biasanya sebabkan mata Anda belekan. Beberapa kondisi yang sebabkan mata jadi belekan, antara lain:

1. Konjungtivitis
sakit mata menular

Kelopak mata Anda dilapisi oleh membran yang disebut bersama konjungtiva. Membran ini penuh bersama pembuluh darah yang ukurannya terlampau kecil. Saat kotoran atau benda asing masuk ke mata dan mengiritasi membran, putih mata bisa berubah kemerah. Kondisi ini disebut termasuk bersama konjungivitis atau mata merah.

Mata merah sebabkan lendir kehijauan keluar lebih banyak supaya sebabkan Anda mudah belekan. Apalagi pas bangun tidur, lendir yang mengering bisa sebabkan mata sulit dibuka. Selain berlendir, matajadi bengkak, jadi gatal, berair, dan jadi perih.

2. Mata kering
cara mengatasi mata kering
Air mata mengandung empat komponen, yakni air, lendir, minyak, dan antibodi. Jika kelenjar air mata terganggu, sistem produksi air mata bisa terhambat. Akibatnya mata bisa mengering gara-gara kekurangan cairan.

Baca Juga :

Sama-Sama Tampak Buram Ini Bedanya Pandangan Berbayang dan Penglihatan Ganda

Kondisi mata kering selanjutnya merangsang saraf untuk produksi “air mata cadangan”. Sayangnya, air mata ini tidak mempunyai komponen yang sama, yakni lebih banyak mengandung lendir. Kondisi ini sebabkan mata jadi mudah belekan, cepat letih dan peka bersama cahaya, serta keluar sensasi layaknya mata kelilipan.

3. Penyumbatan terhadap saluran air mata
penyebab mata berair
Air mata yang diproduksi kelenjar air mata bakal lewat saluran air mata. Nah, saluran ini bisa membuka ke area hidung dan termasuk tenggorokan.

Jika saluran ini tersumbat akibat ada infeksi, luka, atau kerusakan, air mata tidak bisa mengalir. Kondisi ini bisa sebabkan pembengkakan terhadap bagian sudut mata, kelopak mata berkerut, mata merah dan berlendir.

4. Ulkus kornea
sakit kelenjar air mata
Kornea adalah susunan bening yang melapisi pupil dan termasuk iris. Walaupun jarang terjadi, infeksi bakteri dan mata kering parah bisa sebabkan ulkus terhadap kornea. Ulkus adalah luka bernanah yang sulit sembuh.

Gejala yang kemungkinan terjadi adalah mata merah disertai keluarnya lendir atau nanah, kelopak mata membengkak dan jadi sakit, pandangan kabur dan perih pas memandang cahaya terang.