Klinik Mata Bekasi – Penyebab mata kerap berair bisa berbagai faktor, bisa karena kelilipan debu, sedang menguap, atau malah karena tertawa terbahak-bahak. Berbagai sebab tersebut bila menyebabkan mata berair sebenarnya hal wajar. Tapi, yang tidak wajar itu kalau mata terus-terusan berair tanpa berhenti.

Air mata sebenarnya memiliki peranan penting untuk menjaga kondisi mata tetap sehat dan menjadi pelindung mata dari berbagai faktor berbahaya. Ini kenapa ketika Anda kelilipan mata akan segera bereaksi dengan mengeluarkan cairan. Tapi, lain cerita kalau warna mata sudah kemerah-merahan.

Mata merupakan organ ajaib yang sebenarnya setiap kita berkedip selalu memproduksi air mata sedikitnya guna membersihkan mata dari berbagai faktor berbahaya, seperti debu halus. Mata juga memiliki sistem kerja yang tidak langsung meluruhkan air mata sehingga mata normal tetap lembab.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki mata normal. Ada juga yang matanya berair, merah, gatal, berat, dan lain-lainnya disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini.

Penyebab Mata Berair

Mata berair pada seseorang bisa disebabkan dari alergi terhadap berbagai hal, seperti asap, tungau, bulu binatang, makanan tertentu, dan juga debu. Infeksi mata yang disebabkan oleh alergi biasanya ditandai juga dengan ruam merah, bersin, hidung tersumbat, atau bahkan hidung meler tidak berhenti.

Kondisi mata kering juga bisa menjadi sebab keluarnya air berlebih dari mata, tujuannya untuk melindungi mata dari kekeringan tersebut. Tapi, akhirnya malah produksi air mata menjadi berlebih dan tidak karuan. Berbagai sebab yang bisa membuat kondisi ini adalah diabetes, HIV, lupus, dan rematik.

Baca juga : Kebanyakan Main Gadget Bisa Membahayakan Mata Anak?

Faktor berikutnya yang bisa membuat air mata mengalir tidak normal adalah tersumbatnya saluran air pada mata. Seyogyanya air mata harus disalurkan ke seluruh permukaan mata, namun hal tersebut tidak terjadi pada mata yang terganggu, di mana air mata akan menumpuk di satu titik hingga berairlah mata.

Penyebab mata berair selanjutnya adalah adanya masalah pada bagian kornea mata yang semestinya berperan sebagai lapisan paling luar untuk melindungi mata dari berbagai kuman dan kotoran. Kalau terjadi kerusakan pada bagian kornea, otomatis segala kotoran masuk ke mata tanpa disaring dahulu. Kondisi seperti ini akan membaik dengan sendirinya, namun jika memarah Anda harus segera ke dokter.

Cara Mengobati Mata Berair

Berbagai gangguan pada mata tentu sangat mengganggu, apalagi kalau mata terus-terusan berair. Akan sulit bagi Anda melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, terutama jika pekerjaan harus bertemu klien. Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati mata berair adalah melakukan kompresan pada mata.

Penanganan selanjutnya yang lebih simple dan pasti semua orang tahu adalah menggunakan tetes mata untuk mengobati mata berair. Bisa jadi kondisi mata kering disebabkan karena kuman dan kotoran yang menyerang. Anda bisa menggunakan obat tetes mata dengan kandungan antiseptiknya yang berguna.

Jika mengompres dan menggunakan obat tetes mata tidak membuahkan perkembangan apa-apa terhadap mata Anda, mungkin Anda harus segera mendatangi dokter mata. Biasanya dokter akan meresapkan obat alergi jika memang kondisinya mata Anda terserang berbagai hal terkait alergi.

Namun, pemberian obat alergi itu bukan satu-satunya cara atau solusi yang diberikan oleh dokter. Ini bergantung pada apa kerusakan pada mata Anda. Jika membutuhkan penanganan lebih lanjut, tentu dokter akan menginformasikannya. Yang terpenting adalah jangan pernah menganggap sepele penyakit pada mata, sebab organ penglihatan ini sangat krusial fungsinya dalam kehidupan sehari-hari manusia.