Terapi Mata Minus – Miopia atau mata minus adalah kelainan yang terjadi pada mata di mana seseorang dapat melihat objek dengan jelas dari jarak yang dekat, tetapi terlihat kabur dari kejauhan. Kelainan ini cukup umum dan sering terjadi, bahkan banyak orang yang mengalaminya namun tidak langsung menyadarinya. Membaca buku mungkin masih bisa dilakukan, tapi rambu lalu lintas yang berada di kejauhan bisa saja akan terlihat tidak begitu jelas. Ketika hal ini terjadi, anda harus mewaspadai adanya tanda dan gejala mata minus atau miopia.

Kenali Lebih Dini Miopia Atau Mata Minus

Mata minus atau miopi memiliki bola mata lebih panjang daripada mata pada normalnya. Akibatnya, fokus sinar cahaya yang dibiaskan mata akan berada di depan retina. Kesalahan bias tersebut akan menyebabkan gambar yang terlihat menjadi buram dan tidak jelas. Kondisi seperti ini akan berakibat pada objek yang berada di kejauhan menjadi kabur. Sinar cahaya dari titik terdekat masih dapat tergambar dengan tajam pada retina, sehingga anda dapat melihat lebih baik dari dekat. Inilah mengapa penderita mata minus bisa melihat jelas objek yang dekat tapi kesulitan untuk melihat objek yang jauh.

Mata minus atau miopia seringkali berkembang diantara usia 10 dan 25 tahun. Biasanya mereka yang memiliki mata minus lebih suka duduk lebih dekat ke televisi. Selain itu, mereka juga akan kesulitan membaca rambu-rambu jalan atau rambu lalu lintas dari kejauhan. Pada anak-anak mereka lebih suka duduk di depan kelas agar bisa melihat papan tulis dengan lebih baik. Kenali beberapa gejala mata minus berikut ini agar anda bisa melakukan perawatan sejak dini.

  • Anda sering memicingkan mata misalnya saat menonton televise
  • Anda kesulitan melihat sesuatu dengan jelas dari kejauhan
  • Kesulitan untuk mengendarai mobil khususnya pada malam hari
  • Tidak bisa menonton TV, dan melihat papan tulis dengan jelas
  • Sering mengalami mata tegang akibat lelah hingga merasa sakit kepala

Apa Saja Penyebab Miopia Atau Mata Minus

Bentuk bola mata yang terlalu panjang bisa menyebabkan kelainan refraksi yaitu pembiasan kornea dan lensa mata. Hal tersebut berakibat pada panjang fokus lensa mata yang terlalu pendek dan sinar cahaya yang sampai ke mata tidak dibiaskan dengan benar. Titik fokus pembiasaan cahaya tersebut berada di depan retina, sehingga terjadi kesalahan bias yang berujung pada mata minus. Ada indikasi bahwa mata minus juga bisa terjadi karena keturunan. Jika anda memiliki riwayat mata minus, beri perhatian khusus pada tanda-tanda awal miopia progresif pada anak-anak anda. Penting untuk memeriksakan mata mereka secara teratur karena miopia umum biasanya dimulai pada masa kanak-kanak.

Baca Juga: Kenali Gangguan Penglihatan Ini Sebelum Menggunakan Vision Therapy

Selain hal tersebut di atas, kebiasaan buruk seperti menonton TV dari jarak yang dekat bisa meningkatkan risiko munculnya mata minus. Kemudian terlalu lama membaca buku dengan jarak yang dekat juga bisa berpengaruh terhadap munculnya mata minus. Terlalu lama berada di dalam ruangan juga tidak baik untuk kesehatan mata anda. Jika mata kekurangan cahaya maka mata bisa menjadi minus.

Pengobatan untuk Miopia atau Mata Minus

Kacamata minus menjadi opsi paling umum sebagai salah satu cara untuk mengoreksi penglihatan kabur di kejauhan akibat mata minus. Jika anda berusia di atas 40 tahun, anda mungkin memerlukan lensa multifokal agar dapat melihat dengan jelas objek yang jauh dan dekat. Banyak yang memilih lensa kontak untuk solusi mata minus berikutnya.  Jika anda menjalani kehidupan yang aktif dan melakukan banyak olahraga atau lebih suka memakai lensa kontak adalah pilihan yang bagus.

Operasi korektif untuk mata minus juga bisa menjadi pilihan. Dalam pengobatan LASIK, laser akan membentuk kembali kornea. Dengan begitu cahaya yang menyinari mata anda jatuh sebagaimana mestinya. Tidak semua orang secara otomatis memenuhi syarat untuk ini. Alternatif lain yang cukup menarik adalah orthokeratology atau ortho-k. Metode ini menggunakan lensa khusus untuk membentuk ulang kornea selama anda tidur. Anda bisa memiliki penglihatan jelas tanpa bantuan kacamata keesokan harinya.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap dengan menghubungi atau mengunjungi Vio Optical Clinic.