Low Vision – Tidak sedikit kasus gangguan penglihatan yang dialami oleh seseorang. Hampir semua gangguan penglihatan ditandai dengan mata yang buram dan visual yang kurang jelas. Meskipun memiliki gejala yang hampir sama, namun setiap gangguan visual yang terjadi memiliki risiko dan dampak masing-masing. Ketika anda memiliki penglihatan yang buram, serta sulit mengenali wajah seseorang bahkan sering tersandung, bisa jadi ini tanda awal low vision. Berbeda dengan gangguan penglihatan lain seperti miopi yang masih bisa di koreksi dengan kacamata, lensa, ataupun prosedur bedah. Pada gangguan penglihatan low vision, tidak dapat di koreksi dengan kacamata, lensa kontak bahkan operasi sekalipun. Kondisi low vision yang semakin buruk bahkan tergolong parah, memperbesar risiko hilangnya kemampuan visual anda.

Mengenal Apa Itu Low Vision

Low vision adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan gangguan penglihatan yang signifikan. Dimana gangguan tersebut tidak dapat dikoreksi sepenuhnya dengan kacamata, lensa kontak, obat-obatan atau operasi mata. Mata kita memiliki lensa yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada retina. Dari retina, cahaya tersebut akan diteruskan menuju ke syaraf optik mata, dan berlanjut hingga ke otak. Barulah kemudian otak akan memproses cahaya tersebut menjadi apa yang disebut sebagai penglihatan. Bagi orang dengan low vision, proses pengolahan cahaya hingga menjadi gambar yang dilihat tersebut mengalami penurunan fungsi. Dimana kondisi penglihatannya mengalami penurunan atau berkurang walaupun sudah dilakukan tindakan medis seperti koreksi dengan kacamata dan bahkan laser.

Meskipun menggunakan kacamata, kondisi penglihatan akibat low vision tidak bisa kembali normal dan masih memiliki jarak pandang yang terbatas. Bahkan seseorang tidak bisa lagi mengenali wajah orang lain dengan baik. Mereka tidak bisa melihat detail hidung, mata, mulut wajah orang lain. Seringkali penderita low vision kesulitan jika berada di lingkungan yang baru. Tidak jarang mereka sering tersandung bahkan sulit untuk mengenali tangga dan rambu jalan. Penurunan ketajaman visual ini akan membatasi kemampuan seseorang untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari secara mandiri.

Baca Juga: Nikmati Ketajaman Visual yang Baik dengan Ortho Keratology

Penyebab Low Vision

Low vision umumnya disebabkan oleh berbagai faktor penyakit mata yang mungkin di derita seseorang. Beberapa penyakit yang bisa memicu timbulnya low vision yaitu:

  • Glukoma
  • Katarak
  • Retinopati diabetic
  • Degenerasi makula
  • Retinitis pigmentosa
  • Cedera mata

Bagaimana Tanda Low Vision

Tidak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami low vision, ataupun memiliki kerabat dengan low vision. Ketika penglihatan seseorang buram dan kabur, kebanyakan orang akan berasumsi bahwa mereka mengalami rabun jauh atau miopi. Padahal, tidak semua penglihatan buram menjadi tanda adanya rabun jauh. Bisa juga hal tersebut merupakan gejala awal dari low vision. Anda dapat mengetahui tanda low vision dengan memperhatikan aktifitas yang dilakukan seseorang. Misalnya, seseorang yang terlihat sedang kebingungan di tempat ramai. Karena seseorang dengan low vision mengalami kesulitan mengenali area di sekitarnya bila berada di lingkungan yang baru. Apalagi di tempat yang banyak kerumunan orang, mereka cenderung kebingungan karena tidak dapat mengenali wajah seseorang dengan baik

Secara fisik tanda low vision apabila dilihat lebih dekat, umumnya mereka memiliki gerakan bola mata yang tidak bisa fokus. Berbeda dengan penglihatan normal, bola mata penderita low vision selalu bergerak, meskipun kondisi ini tidak selalu terjadi. Hal tersebut tergantung dari implikasi penyakit mata yang dialami atau kondisi lain yang diderita yang bersangkutan. Tidak sedikit penderita low vision yang terlihat menggunakan alat bantu seperti kacamata yang tebal, lup dengan lampu, teropong, ketika sedang membaca, hingga tongkat untuk berjalan. Alat bantu tersebut, bertujuan untuk memudahkan mereka yang memiliki low vision untuk beraktifitas dengan mandiri.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.