Ortho K – Gangguan penglihatan pada setiap orang seperti miopia, harus segera diperbaiki. Koreksi optik yang tepat tidak hanya meningkatkan penglihatan tetapi juga kehidupan. Ada beberapa metode korektif miopia, seperti orthokeratology (ortho-k), yang bisa menghasilkan penglihatan yang memadai dan kontrol perkembangan miopia yang efektif. Ketahui lebih lanjut mengenai ortho-k dan manfaatnya untuk koreksi miopi melalui penjelasan berikut.

Kenali Apa Yang Dimaksud Dengan Ortho-K?

Ortho-k mengacu pada penggunaan lensa kontak permeabel gas kaku untuk mengurangi kesalahan bias dengan membentuk kembali kornea. Biasanya lensa ini dipakai dalam semalam, yaitu pada saat tidur. Dimana kemudian, pasien bisa mendapatkan kualitas penglihatan yang jelas dan baik tanpa kacamata atau lensa kontak di siang hari. Ini juga menjadi pilihan yang bagus bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif.

Ortho-k secara signifikan mengurangi perburukan cacat penglihatan dan menghambat perkembangannya. Lensa kontak ortho-k telah menunjukkan pengaruh yang baik terhadap kualitas hidup anak, perilaku dan aspek psikososialnya. Bahkan anak-anak yang melakukan orthokeratology lebih percaya diri, lebih mau mencoba hal-hal baru, dan lebih aktif dalam berpartisipasi dalam olahraga dan hiburan. Ortho-k atau yang juga dikenal dengan istilah lensa RGP mampu meningkatkan kemampuan serta kualitas visi seseorang, dan efektif untuk mengoreksi miopia secara signifikan.

Bagaimana Ortho-K Bekerja Untuk Kontrol Miopia?

Lensa ortho-k membuat kontur kornea sentral menjadi lebih rata dan kornea bagian tepi menjadi lebih curam. Ini menyebabkan penurunan miopia karena membentuk kembali kornea menjadi rata dan normal. Dimana kontur kornea abnormal yang terlalu melengkung dan pemanjangan bola mata bisa menyebabkan pengaburan visual yan dikenal dengan rabun. Dalam beberapa studi, ortho-k mampu mengurangi tingkat perubahan refraksi rabun hingga 40% hingga 60%. Ortho-k adalah lensa terapeutik yang tidak hanya sekadar memperbaiki penglihatan namun juga meningkatkan fungsi mata.

Ortho-k membentuk kembali kornea agar kembali pada kondisi normal. Sehingga bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya ketika terjadi pembiasan cahaya di mata. Cahaya yang di biaskan tidak akan lagi berada di depan retina melainkan tepat pada retina. Hal tersebut memungkinkan anda memiliki visual yang jelas untuk jarak jauh maupun dekat. Dengan pemakaian rutin, ortho-k perlahan membentuk kornea guna mengontrol miopia. Ini adalah solusi koreksi penglihatan tanpa operasi yang efektif.

Baca Juga: Simak Mengenai Penjelasan Mata Minus dan Terapi Mata Minus

Siapa Kandidat Ideal Untuk Ortho-K?

Kandidat yang baik dan ideal untuk ortho-k termasuk pasien yang menderita kelainan refraksi. Tidak hanya miopi, namun juga mencakup hiperopi, astigmatisme, hingga presbiopi. Sebelum menjalankan prosedur ortho-k, penting sekali bagi pasien melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh dengan dokter ahli mata. Hal tersebut bertujuan untuk menentukan apakah pasien sesuai dengan prosedur ini.

Ortho-k bisa bekerja paling baik hingga 4,00 dioptres miopia dan 2,00 dioptres astigmatisme. Beberapa faktor yang dimiliki oleh masing-masing individu seperti kompleksitas bentuk kornea dan kekakuan dari kornea tentu berbeda. Sehingga berpengaruh pada kecepatan pencetakan kornea dari satu individu ke individu lainnya.

Ortho-k adalah opsi yang sangat cocok untuk orang dengan miopi yang bukan kandidat tepat untuk operasi koreksi penglihatan, seperti anak-anak. Orang dari segala usia dapat menggunakan metode ortho-k, karena ini dapat dihentikan kapan saja tanpa adanya efek yang permanen pada mata. Mereka yang membutuhkan koreksi penglihatan dan terlibat secara teratur dalam olahraga adalah kandidat baik untuk ortho-k. Ataupun mereka yang bekerja di lingkungan yang sangat berdebu dan kotor.

Apabila anda membutuhkan layanan ortho-k (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.