Orthokeratology – Lensa orthokeratology adalah metode pengobatan untuk masalah refraksi terutama miopi. Perawatan ini memungkinkan Anda untuk hidup nyaman dengan ketajaman visi yang baik. Hanya perlu dilakukan dengan memakai lensa kontak khusus saat tidur di malam hari dan melepasnya di pagi hari. Maka orthokeratology akan membantu menekan perkembangan miopi. Orthokeratology juga dapat digunakan dengan aman untuk anak-anak. Apalagi saat ini tidak sedikit anak-anak yang menderita miopi. Kenali lebih jauh mengenai orthokeratology untuk mengetahui manfaat yang dimilikinya.

Apa itu Orthokeratology?

Lensa orthokeratology adalah pengobatan yang mengoreksi kelainan refraksi terutama miopi, dengan memakai lensa kontak keras yang dirancang khusus pada waktu tidur. Ini diklasifikasikan sebagai lensa kontak khusus koreksi penglihatan dengan memperbaiki bentuk kornea. Orthokeratology berbeda dengan lensa kontak pada umumnya, karena terbuat dari lensa khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pasien.

Orthokeratology diperlakukan dalam oftalmologi sebagai bagian dari pengobatan karena dapat mengubah bentuk kornea. Yang mana menjadi penyebab utama munculnya masalah refraksi. ini karena bentuk kornea yang terlalu melengkung ataupun tidak beraturan, memengaruhi proses pembiasan cahaya. Sehingga cahaya yang masuk tidak dapat dibiaskan dengan baik dan berakibat pada masalah refraksi. Ini juga mulai digunakan pada anak-anak untuk tujuan menekan perkembangan miopi.

Dengan memakai lensa orthokeratology di malam hari, Anda dapat melihat dengan baik bahkan dengan mata telanjang di siang hari. Perawatan orthokeratology adalah metode perawatan di mana lensa kontak dipakai sebelum tidur untuk memperbaiki kornea mata saat tidur.
Anda tidak harus memakai lensa di siang hari, sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang nyaman. Ketajaman visi akan meningkat dan menjadi lebih baik, bahkan tanpa perlu memakai kacamata dan lensa kontak biasa.

Baca Juga: Sudah Tahukah Anda Tentang Ortho-K Sebagai Koreksi Penglihatan?

Manfaat Orthokeratology

Ada banyak manfaat yang dihadirkan oleh lensa orthokeratology. Salah satunya yaitu memperbaiki bentuk kornea dengan lensa khusus tanpa perlu operasi. Lensa orthokeratology adalah lensa kontak keras yang sangat permeabel terhadap oksigen dengan desain khusus di bagian dalam. Lensa kontak yang dirancang khusus meningkatkan miopi dengan meratakan bentuk kornea saat Anda tidur. Oleh karena itu, bentuk kornea yang dikoreksi dipertahankan untuk jangka waktu tertentu bahkan setelah lensa dilepas keesokan paginya, sehingga Anda dapat memiliki kehidupan yang nyaman dengan bidang penglihatan yang baik.

Lensa orthokeratology juga menjadi mekanisme dalam perbaiki miopi. Dimana sebelum memakai orthokeratology, mata membiaskan cahaya yang masuk dengan kornea. Pada kondisi miopi, bayangan objek akan terlihat kabur karena fokusnya yang berada di depan retina. Setalah mengenakan lensa orthokeratology pada waktu tidur, lensa meratakan bentuk permukaan anterior kornea. Sehingga cahaya bisa berfokus pada retina dan mengoreksi miopi. Permukaan anterior kornea yang diratakan oleh lensa mempertahankan bentuknya untuk jangka waktu tertentu bahkan ketika lensa dilepas. Sehingga penglihatan tajam dengan mata telanjang bisa dipertahankan pada siang hari.

Orthokeratology menawarkan anda solusi koreksi penglihatan tanpa perlu operasi. Hasil yang ditawarkan juga lebih efektif, karena dapat meningkatkan ketajaman visi secara signifikan. Ini adalah opsi perawatan non bedah yang baik untuk memiliki ketajaman visual yang bagus. Bahkan, anda bisa memiliki ketajaman visi yang jelas selama beraktivitas tanpa bergantung pada alat bantu optik seperti kacamata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.