Orthokeratology – Metode orthokeratology adalah sebuah proses yang menggunakan lensa kontak pada malam hari untuk membentuk kembali kontur kornea. Proses tersebut berlangsung selama tidur dan dengan perlahan akan mengurangi risiko rabun jauh. Berkat ini, anda tidak perlu lagi memakai lensa di siang hari, dan anda memiliki penglihatan yang tetap jelas. Lensa ini dipakai di malam hari untuk memperoleh penglihatan yang jelas pada hari berikutnya. Orthokeratology juga dijuluki dengan istilah ortho-k yang membentuk kembali kornea, serta merupakan terapi bias kornea untuk membentuk penglihatan yang jelas. Beberapa desain baru lensa ortho-k juga tersedia untuk rabun dekat dan presbiopia. Penelitian juga menunjukkan bahwa lensa orthokeratology mampu memperlambat perkembangan miopia.

Definisi Orthokeratology

Orthokeratology atau orto-k adalah teknik revolusioner untuk mengobati gangguan penglihatan seperti rabun jauh, presbiopi dan astigmatisme. Ortho-k melibatkan penggunaan lensa kontak permeable gas selama tidur untuk melihat lebih baik pada hari berikutnya, tanpa perlu kacamata. Tidur dengan memakai lensa ortho-k dapat meratakan bentuk kornea yang melengkung sedikit demi sedikit menuju bentuk yang normal. Proses tersebut berfungsi untuk mengurangi kesalahan bias akibat kelengkungan kornea. Sehingga, anda akan memiliki ketajaman visual yang baik tanpa bantuan lensa korektif seperti kacamata selama beraktifitas.

Siapa Yang Bisa Mendapat Manfaat Dari Orthokeratology?

Orthokeratology untuk mengoreksi miopia sampai dengan -4,00 D dan astigmatisme hingga -2.50 D. Seseorang yang memiliki miopia ringan sampai sedang, asalkan tidak memiliki penyakit mata dapat menggunakan prosedur ini. Orthokeratology adalah alternatif untuk semua orang yang ingin lepas dari ketergantungan akan penggunaan kacamata atau lensa kontak konvensional dalam kehidupan sehari-hari.

Atlet dan seseorang yang bekerja di lingkungan akuatik atau berdebu dapat mengambil manfaat dari lensa orthokeratology. Mereka akan penglihatan yang baik tanpa kacamata di siang hari melalui koreksi miopia saat tidur dengan ortho-k. Anak-anak dan remaja juga dapat memperoleh manfaat dari metode ini. Dimana orthokeratology membantu menstabilkan perkembangan miopia pada anak-anak.

Baca Juga: Kehebatan Lensa Malam Ortho K Untuk Koreksi Penglihatan

Bagaimana Cara Kerja Orthokeratology?

Orthokeratology menggunakan lensa permeable gas yang disesuaikan dengan bentuk kornea pasien melalui pemetaan. Lensa khusus yang dibuat untuk membentuk kembali kornea pada malam hari. Selama anda beristirahat, lensa ortho-k akan memberikan sedikit tekanan untuk mengurangi kelengkungan pada kornea. Bentuk kornea dimodifikasi dan miopia akan menghilang secara perlahan.  Lensa kontak malam ini dirancang untuk dikenakan saat tidur dengan rutin guna memperoleh visual yang jelas dan tajam. Lensa ortho-k berfungsi untuk mengoreksi kesalahan refraksi yang terjadi, penglihatan menjadi jelas.

Orthokeratology Untuk Kontrol Miopia Yang Efektif

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orthokeratology sangat efektif untuk kontrol miopia pada anak-anak. Saat lensa membentuk kornea, lensa akan menekan pertumbuhan miopia. Hal ini akan mencegah mata anak-anak untuk terus tumbuh dan memanjang, sehingga mencegah terjadinya peningkatan risiko miopia. Anak-anak di bawah usia 18 tahun bukan kandidat untuk prosedur operasi bias seperti LASIK. Disini ortho-k menawarkan alternatif yang bagus untuk memperbaiki miopia tanpa bedah atau operasi.

Orthokeratology Untuk Pengobatan Hyperopia Dan Presbiopia

Miopia bukan satu-satunya kondisi penglihatan yang dapat diobati dengan orhtokeratology. Kemajuan dalam teknologi ortho-k telah menghadirkan desain lensa kontak khusus yang dirancang untuk masalah rabun jauh, presbiopia, dan astigmatisme. Topografi kornea sangat penting untuk memetakan kornea untuk membuat lensa ortho-k yang disesuaikan untuk keperluan pasien. Ortho-k menjadi solusi gangguan penglihatan yang bagus untuk anda agar terlepas dari pemakaian kacamata yang dirasa kurang efektif.

Salah satu solusi dalam melakukan terapi mata minus Orthokeratology bisa anda dapatkan di Vio Optical Clinic. Terapi ini bisa mempertahankan kondisi penglihatan anak tanpa perlu menggunakan kacamata sepanjang hari. Terapi Ortho Keratology ini hanya dilakukan pada malam hari sebelum tidur dan di lepas pada saat bangun tidur untuk beraktivitas. Segera dapatkan layanan lensa orthokeratology terpercaya dengan menghubungi kontak person Vio Optical Clinic.