Ortho K – Pentingnya kesehatan mata dapat menentukan kualitas kehidupan seseorang. Setiap kegiatan yang kita lakukan 80%-nya merupakan informasi yang diperoleh mata dan disampaikan pada otak. Maka dari itu, mata sebagai indra penglihatan berperan penting dan aktif bagi setiap kehidupan seseorang. Kelancaran aktifitas maupun kegiatan yang anda lakukan tidak terlepas dari mata yang berfungsi sebagai penglihatan untuk memperoleh informasi. Oleh sebab itu, kesehatan mata harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Sekarang ini tidak sedikit orang yang mengalami gangguan kesehatan mata. Bahkan gangguan kesehatan mata tidak hanya menyerang orang dewasa saja namun juga terjadi pada anak-anak hingga remaja. Gangguan kesehatan mata baik itu rabun jauh, rabun dekat, presbiopi ataupun astigmatisme dapat terjadi pada siapa saja. Namun hal tersebut dapat diminimalisir satu metode kesehatan mata yang mulai populer sekarang ini. Orthokeratology atau ortho k adalah metode untuk mengatasi permasalahan kesehatan mata yang nyaman dan mudah bahkan untuk anak-anak.

Apa Itu Ortho K?

Orthokeratology atau Ortho-K adalah prosedur klinis untuk mengurangi miopi berdasarkan adaptasi terprogram. Dengan lensa kontak yang dirancang khusus untuk membentuk ulang kornea saat anda tidur. Ortho-K memungkinkan penglihatan yang jelas di siang hari tanpa alat bantu optik lagi. Salah satu metode yang efektif dalam menangani kasus miopi yang anda derita. Tidak hanya itu saja, lensa Ortho K dapat mengurangi resiko rabun jauh, presbiopia, dan astigmatisme. Lensa kontak yang stabil secara dimensi dan hanya dipakai pada mata sebelum anda tidur. Lensa yang dengan lembut membentuk kornea mata untuk memiliki penglihatan yang baik pada keesokan harinya. Jadi anda dapat melepas lensa pada keesokan paginya dan memiliki penglihatan yang jelas.

Baca Juga: Memilih Terapi Mata Minus yang Tepat Demi Menjaga Kesehatan Mata

Indikasi yang Tepat untuk Ortho-K

Lensa Ortho-K dapat digunakan pada banyak orang dengan miopia hingga -6,50 dioptri. Sedangkan bagi penderita mata silinder tidak lebih dari -2,50 D. Dan untuk penderita hyperopia tidak boleh melebihi + 3,00 D. Indikasi yang tepat untuk Ortho-k adalah sebagai berikut:

  • Miopi hingga 5 dioptri dan astigmatisme kurang dari 1,50 dioptri. Pada kasus tertentu, hingga 6 dioptri miopi masih dapat dikoreksi.
  • Perkembangan miopi pada anak-anak dan remaja.
  • Orang dengan aktivitas atau olahraga yang tidak sesuai dengan penggunaan kacamata konvensional atau lensa kontak.
  • Orang dengan alasan profesional yang membutuhkan penglihatan yang baik tanpa koreksi optik.
  • Pasien yang tidak mau atau tidak membutuhkan operasi laser.

Keuntungan Ortho-K

Beberapa keuntungan yang anda peroleh dengan lensa Ortho-K yaitu anda bisa terlepas dari ketergantungan akan kacamata dan lensa kontak. Penglihatan yang jelas dan tidak buram lagi dapat anda rasakan seharian penuh dengan metode Ortho-K ini. Selain itu, lensa Ortho K dapat digunakan untuk mengurangi perkembangan miopi yang anda alami. Beberapa manfaat yang menguntungkan dari penggunaan lensa Ortho-K dapat anda lihat pada poin berikut ini:

  • Tidak ada lagi mata yang kering
  • Tidak ada perasaan benda asing di siang hari akibat menggunakan lensa konvensional
  • Penglihatan lebih stabil dibandingkan dengan lensa kontak normal, terutama dengan astigmatisme
  • Adaptasi optimal dari lensa Ortho-K karena dibuat secara khusus yang disesuikan dengan bentuk kornea mata anda
  • Salah satu cara yang paling efektif untuk memperlambat perkembangan miopi
  • Penglihatan yang jelas dan tajam di siang hari tanpa kacamata atau lensa kontak

Anda membutuhkan layanan metode Ortho-K? Segera kunjungi Vio Optical Clinic yang professional dan tepercaya atau hubungi kami dengan cara klik di sini. Kami memberikan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi kesehatan mata anda dengan baik. Dengan peralatan medis canggih yang lengkap dan staff professional, kami siap melayani anda dengan baik. segera dapatkan layanan kesehatan mata yang terjamin bersama Vio Optical Clinic.