Terapi Mata Minus – Apakah Anda kesulitan untuk melihat objek berjarak agak jauh, seperti rambu-rambu jalan raya sampai beberapa meter jauhnya, tetapi mudah untuk membaca buku dari jarak yang dekat? Kemungkinannya adalah Anda rabun, juga dikenal sebagai rabun jauh atau juga mata minus. Kondisi tersebut adalah kondisi yang cukup umum ketika dokter mata Anda biasanya dapat memperbaikinya dengan penggunaan kacamata, lensa kontak, atau operasi mata .

Apa Penyebab Miopia?

Struktur mata Anda yang tidak tepat atau tidak berada pada tempatnya. Saat bola mata Anda terlalu panjang atau kornea (lapisan luar pelindung mata Anda) terlalu melengkung, cahaya yang masuk ke mata Anda tidak akan fokus dengan benar. Objek secara umum fokus di depan retina, yang merupakan bagian mata Anda yang peka terhadap cahaya, alih-alih langsung ke retina. Ini menyebabkan penglihatan yang kabur. Dokter menyebut ini sebagai kesalahan bias.

Miopia tinggi: Ini adalah sebuah kondisi yang lebih serius, di mana bola mata akan tumbuh lebih dari yang sewajarnya dan menjadi sangat panjang mulai dari depan hingga ke bagian belakang. Selain mempersulit untuk melihat hal-hal dari kejauhan, itu juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk memiliki kondisi lain seperti retina yang terlepas, katarak, dan glaukoma.

Miopia degeneratif: Kondisi ini disebut miopia patologis, ini adalah jenis langka yang biasanya Anda dapatkan dari orang tua Anda. Bola mata akan menjadi lebih panjang dengan sangat cepat hingga menyebabkan miopia parah. Hal ini terjadi biasanya pada usia remaja atau menginjak usia dewasa. Miopia jenis ini memiliki kemungkinan menjadi lebih buruk hingga usia dewasa. Selain menyulitkan untuk melihat hal-hal dari kejauhan, Anda mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki retina yang terlepas, pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal di mata (neovaskularisasi koroid), dan glaukoma.

Baca Juga: CORE (Center for Ocular Research & Education) memberikan press release terkait penggunaan lensa kontak ditengah maraknya kasus Coronavirus / COVID-19.

Pengobatan atau Terapi untuk Mata Minus

Ortho-K adalah cara revolusioner untuk memiliki penglihatan yang tajam tanpa mengenakan kacamata atau lensa kontak siang hari. Setelah tidur dengan lensa penglihatan ini semalaman, Anda bisa melepasnya di pagi hari dan berjalan untuk melihat dengan jelas. Bahkan orang yang telah memakai kacamata atau lensa selama bertahun-tahun dapat mengambil manfaat dari lensa kontak Ortho-K ini.

Dasar-Dasar Ortho-K

Lensa Ortho-K adalah lensa kontak permeabel gas kaku khusus yang Anda masukkan secara normal ke mata Anda. Saat Anda tidur, mereka akan meratakan kornea Anda dengan lembut untuk memperbaiki kesalahan bias. Pada saat Anda bangun, miopia Anda (rabun jauh) akan diperbaiki secara perlahan. Secara umum, efeknya hanya bertahan beberapa hari, itulah sebabnya Anda harus memasukkan lensa Ortho-K setiap malam ke mata Anda.

Manfaat Ortho-k

Jika Anda atau anak Anda rabun jauh, ada banyak yang bisa diperoleh dari ortokeratologi.

  • Kebanyakan orang adalah dapat menggunakannya
  • Tidak ada lagi kacamata harian = penglihatan jelas dan nyaman
  • Penglihatan seringkali menjadi lebih baik daripada menggunakan kacamata
  • Tanpa operasi
  • Kontrol miopia untuk anak-anak mengurangi risiko kesehatan mata di masa depan dan menghilangkan kebutuhan untuk membeli kacamata baru setiap tahun
  • Pemain olahraga mencapai penglihatan yang tajam tanpa kacamata tebal atau lensa kontak yang mengganggu
  • Ideal untuk lingkungan kering dan / atau berdebu, di mana lensa kontak menjadi tidak nyaman

Jenis baru lensa Ortho-K dan pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana menyesuaikannya dengan tepat untuk mengoreksi mata minus, presbiopia, dan astigmatisme, terus dikembangkan. Untuk info lebih lanjut tentang bagaimana Anda bisa mendapat manfaat dari ortokeratologi, silakan berkonsultasi dengan dokter mata kami di Vio Optical yang kontak person kami ada di sini.