Vision Therapy dapat bermanfaat bagi orang dewasa dan anak-anak yang mengalami masalah pada mata. Biasanya akan muncul pertanyaan, “Apakah terapi penglihatan akan membantu?”. Sementara berbagai gejala permasalahan penglihatan lebih mudah dikenali dan beberapa tidak, itulah sebabnya penting untuk meninjau lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini dan melakukan pemeriksaan mata tahunan untuk mendiskusikan masalah ini dengan optometri terbaik. Ketika seorang anak berkembang, keterampilan visual inti diperlukan di setiap tahapan tumbuh kembang.

Seorang anak tidak dilahirkan dengan keterampilan visual yang sepenuhnya berkembang dan butuh waktu karena mereka menemukan lebih banyak kesempatan untuk menggunakan visi mereka dengan cara baru. Ketika mereka masuk sekolah, tidak semua anak memiliki keterampilan visual yang dibutuhkan untuk belajar membaca dan menulis.

Selama pemeriksaan mata pra-sekolah anak Anda, optometri akan mengevaluasi tidak hanya penglihatan mata anak Anda (ketajaman visual), tetapi juga pelacakan visual, kerja sama mata, penglihatan warna, fokus mata, pemrosesan visual, dan kesehatan mata.

Ketika anak Anda bergerak melalui sekolah dasar dan seterusnya, tuntutan visual meningkat dan gejala dapat berkembang kapan saja. Berikut adalah gejala umum masalah penglihatan masa kanak-kanak yang mungkin memerlukan terapi penglihatan:

  • Melewatkan kata atau baris dengan membaca
  • Menggosok mata atau menutup satu mata dengan membaca atau dekat pekerjaan
  • Memegang material dekat atau memiringkan kepala atau kertas
  • Kelelahan mata atau sakit kepala dengan tugas sekolah
  • Pembaca kata yang bagus, tetapi pemahaman bacaan yang buruk
  • Menulis menanjak atau miskin ukuran / spasi dengan menulis
  • Penglihatan kabur ketika melihat jauh ke dekat atau berkelanjutan di dekat tempat kerja
  • Waktu yang sangat lama diambil ketika mengerjakan pekerjaan rumah atau frustrasi dengan pekerjaan sekolah
  • Rentang perhatian yang buruk di sekolah dan rumah saat mengerjakan tugas sekolah atau membaca

Beberapa orang mungkin berpikir ini normal untuk anak kecil, tetapi penting untuk disebutkan selama pemeriksaan mata tahunan mereka. Anak-anak biasanya tidak akan memberi tahu orang tua atau guru mereka ada sesuatu yang salah dengan penglihatan mereka karena mereka biasanya tidak memiliki dasar untuk membandingkannya.  Frustrasi adalah hal biasa karena mereka tidak tahu bagaimana meminta bantuan.

Orang dewasa mungkin juga memerlukan vision therapy karena perubahan tuntutan pada mata mereka, cedera, atau kondisi penglihatan yang tidak terdiagnosis sejak kecil.  Ahli mata akan dapat mendeteksi masalah dengan perkembangan visual pada usia berapa pun dan akan merekomendasikan perawatan yang benar yang dapat mencakup terapi penglihatan.

Baca Juga: Apakah Low Vision Menjadi Gangguan Penglihatan yang Berbahaya?

Semakin cepat masalah visual ditangkap, biasanya semakin mudah untuk memperbaiki atau mengontrol. Visi yang baik penting untuk kesuksesan setiap orang dalam hidup, jadi penting untuk menjadwalkan janji temu dengan ahli mata dengan segera setelah Anda atau anak Anda menampilkan tanda-tanda di atas.

Siapa yang Dapat Manfaat Dari Terapi Penglihatan?

  • Siapa pun pada usia berapa pun yang telah ditentukan untuk memiliki masalah visual, keterlambatan perkembangan atau kinerja visual variabel di sekolah, bekerja atau bermain dapat memperoleh manfaat dari terapi penglihatan.
  • Siapa pun yang merasa tidak memenuhi potensinya atau bekerja lebih keras dari seharusnya untuk memenuhi potensinya.
  • Orang lain mungkin sangat gejala disfungsi penglihatan dengan sakit kepala, kelelahan dan penglihatan buram atau ganda.
  • Siapa pun yang pernah mengalami whiplash atau gegar otak terlepas dari apakah pencitraan kembali normal dan merasa bahwa mereka berfungsi secara berbeda setelah kecelakaan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan pemeriksaan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik kesehatan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.