Terapi Mata Minus – Banyak orang yang saat ini memiliki dengan masalah penglihatan yang buram pada jarak jauh. Ini bisa terjadi dan dialami oleh siapa saja akibat kelainan refraksi yang terjadi. Kondisi yang biasa disebut dengan rabun jauh atau mata minus ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Penting sekali untuk bisa mencegah dan menghambat perkembangannya, agar anda tetap bisa beraktifitas dengan normal tanpa hambatan. Simak hal-hal penting berkaitan dengan mata minus dan langkah dalam mengontrol perkembangannya berikut ini.

Kenali Apa yang Disebut dengan Mata Minus

Mata minus merupakan kondisi kelainan refraksi mata yang menjadi gangguan penglihatan paling umum. Kondisi mata minus ini menyebabkan objek yang berada di kejauhan akan terlihat buram. Namun, penderita mata minus bisa melihat objek yang berada dekat dengan jelas. Mata minus bisa terjadi ketika bola mata memanjang, yang memengaruhi daya fokus kornea dan lensa mata. Serta bentuk lensa yang terlalu melengkung. Akibatnya cahaya yang melewati mata berfokus pada satu titik di depan retina, tidak berada tepat di retina. Dengan begitu, pesan yang dikirim retina ke otak untuk ditafsirkan tidak benar sehingga visual menjadi buram.

Peningkatan prevalensi mata minus dan konsekuensi selanjutnya menimbulkan masalah kesehatan masyarakat. Meskipun koreksi kacamata dapat meningkatkan penglihatan. Namun kesalahan refraksi yang tidak dikoreksi adalah penyebab paling umum dari gangguan penglihatan jarak jauh dan penyebab kebutaan kedua yang paling umum secara global. Hal ini terkait dengan peningkatan risiko katarak, glaukoma, ablasi retina, dan degenerasi makula miopik. Yang mana semuanya bisa meningkatkan risiko kehilangan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki.

Ketahui Apa Itu Manajemen Mata Minus Sebagai Terapi Mata Minus

Manajemen mata minus adalah program pengobatan yang bertujuan untuk mengendalikan perkembangan mata minus. Program ini juga bertujuan untuk menjaga tingkat mata minus serendah mungkin, serta mengurangi risiko munculnya penyakit mata yang mengancam penglihatan di kemudian hari. Teknik dalam terapi mata minus berfungsi untuk memperlambat dan bahkan menghentikan perkembangan mata minus. Dengan begitu, maka anda dapat menjaga tingkat mata minus tetap terkendali dan mengurangi risiko mengalami mata minus tinggi dan komplikasi terkait di masa depan.

Baca Juga: Manfaat Vision Therapy untuk Kesehatan Mata Anak

Terapi mata minus sering direkomendasikan untuk anak-anak, karena memulai pengobatan sejak dini akan membantu menjaga tingkat mata minus serendah mungkin sejak awal. Meski begitu, teknik terapi mata minus dapat digunakan dan efektif pada setiap usia. Beberapa pilihan manajemen mata minus sebagai langkah terapi mata minus adalah:

  • Lensa multifokal lembut.
  • Orthokeratology, yaitu lensa kontak khusus yang dipakai semalaman dan membentuk kembali mata saat Anda tidur. Mereka dikeluarkan pada siang hari, dan mata anda mempertahankan bentuk barunya selama beberapa jam. Sehingga pasien dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.
  • Tetes mata atropin dosis rendah.

Manfaat Manajemen Mata Minus

Pasien dapat merasakan sejumlah manfaat dengan memilih menjalani pengobatan untuk mengendalikan mata minus. Perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit dan non-invasif, yang membuatnya cocok untuk sebagian besar usia pasien. Dalam manajemen mata minus sebagai langkah terpai mata minus, perawatannya nyaman dan mudah digunakan. Seperti lensa orthokeratology yang dibuat khusus untuk setiap pasien, dan memastikan kenyamanan saat Anda tidur. Tidak ada risiko signifikan yang terkait dengan salah satu teknik manajemen mata minus.

Mengontrol mata minus sejak dini dapat mengurangi risiko mengembangkan banyak kondisi mata secara signifikan. Dimana hal tersebut termasuk mencegah risiko katarak, glaukoma, degenerasi makula, dan ablasi retinal, yang semuanya dapat mengancam penglihatan Anda. Manajemen mata minus akan membantu mencegah pasien membutuhkan resep tinggi di masa depan. Ini adalah solusi efektif untuk mencegah dan menghambat perkembangan mata minus. Serta mengontrol perkembangan mata minus dengan baik.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.