Low Vision – Low vision gangguan visual yang membuat seseorang sulit dalam melihat dan mengenali objek bahkan dengan kacamata. Low vision juga dapat dikaitkan dengan penurunan secara signifikan di bidang visi. Hal ini dapat terjadi akibat degenerasi makula, glaukoma, diabetes, retina pigmen, retinopati diabetes. umumnya, low vision dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, khususnya bagi mereka yang telah menginjak usia 50 tahun. Gangguan penglihatan ini memberikan dampak yang signifikan dalam penurunan kemampuan seseorang untuk melakukan aktifitas secara mandiri.

Kenali Low Vision dan Gejalanya

Low vision adalah gangguan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan memakai kacamata, lensa korektif, obat-obatan ataupun operasi. Low vision dapat membatasi fungsi penglihatan seseorang dalam melakukan aktifitas harian. Penyebabnya terjadinya low vision diantaranya kerusakan anatomi mata, penyakit mata, retinopati diabetes, katarak, glaukoma, AMD, nystagmus, keratoconus atau retinitis pigmentosa.

Low vision adalah kecacatan yang dapat mengurangi otonomi dan membutuhkan upaya konstan untuk beradaptasi. Penglihatan menjadi kabur, ketajaman visual menurun serta kepekaan terhadap kontras yang tinggi. Penurunan penglihatan terlihat dari kesulitan bergerak tanpa mengenai benda di sekitarnya. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

  1. Hilangnya visi pusat membuat kita kehilangan visi detail, dan menciptakan kesulitan dalam melakukan tugas-tugas tertentu.
  2. Sensitivitas terhadap lampu menyilaukan muncul di dalam dan di luar.
  3. Penglihatan warna diubah, objek kurang kontras dan tampak pudar.

Baca Juga: Cara Kerja Orthokeratology Dalam Menghambat Perkembangan Miopi

Penyebab Low Vision

Penyebab low vision dapat bersifat genetic. Dimana kasus retinitis pigmentosa yang berhubungan dengan pengurangan progresif dalam bidang penglihatan dan yang dapat menyebabkan kebutaan.  Low vision juga bisa menjadi konsekuensi penyakit progresif tertentu seperti berikut ini:

  1. Degenerasi makula

Degenerasi makula terkait dengan usia menjadi penyebab utama gangguan penglihatan ini. Pada orang dengan usia di atas lima puluh, low vision memiliki risiko yang lebih tinggi. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi pusat bidang penglihatan dan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari mereka.

  1. Glukoma

Patologi degeneratif ini terkait dengan peningkatan tekanan okular yang menyebabkan kerusakan saraf optik dan hilangnya penglihatan secara progresif. Apabila hal tersebut tidak diobati dengan baik maka dapat menyebabkan kebutaan. Glaukoma sendiri telah dialami oleh banyak orang dan tidak sedikit orang yang tidak mengetahuinya.

  1. Katarak

Penyakit mata katarak terkait dengan penuaan mata dan lebih khusus pada lensa yang menjadi buram. Pasien memiliki kesan filter ditempatkan di depan matanya. Kemampuan visual akan kontras berkurang tajam. Katarak mudah diperbaiki dalam kebanyakan kasus, berkat implan kecil yang dapat menggantikan lensa. Namun, katarak yang tidak terdeteksi dini dapat berujung pada penurunan fungsi penglihatan seperti low vision.

  1. Retinopati Diabetes

Retinopati diabetes dapat berkembang akibat diabetes yang diderita oleh seorang pasien. Hal ini merupakan konsekuensi dari kerusakan pembuluh darah yang mengairi retina. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya kebutaan. Pada umumnya, setelah lima belas tahun diabetes, sekitar 10% pasien akan mengalami gangguan penglihatan. dimana 2% diantaranya mengalami risiko kebutaan. Low vision yang dibiarkan juga akan berkembang pada kehilangan fungsi visual total atau buta.

Untuk mengatasi gangguan penglihatan low vision, anda perlu melakukan rehabilitasi ataupun treatment khusus. Vio Optical Clinic, menyediakan low vision treatment bagi anda dengan kondisi penglihatan low vision. Kami memberikan pemeriksaan secara menyeluruh guna mengetahui kondisi kesehatan mata anda dengan baik. sehingga, kami dapat merekomendasikan solusi maupun treatment yang tepat untuk hasil yang optimal. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis canggih lengkap dan didukung oleh staff professional. Segera hubungi kami layanan kesehatan mata terpercaya bersama Vio Optical Clinic.