Sama seperti Anda, anak remaja Anda juga akan memiliki berbagai perasaan mengenai kondisi matanya ketika mengalami low vision. Masa remaja pada umumnya merupakan masa yang emosional bagi banyak anak muda karena mereka beranjak dari masa remaja ke masa dewasa. Sebagian besar ingin menyesuaikan diri dengan teman sebayanya dan menjadi “berbeda” karena gangguan penglihatan dapat menimbulkan reaksi seperti kemarahan, depresi, atau kesedihan. Banyak remaja juga khawatir tentang masa depan, dan ketidakpastian mereka terkadang dapat menimbulkan perasaan negatif yang kuat karena memiliki low vision.

Remaja yang mengalami low vision mungkin memiliki sejumlah reaksi yang sama, tetapi perasaannya berbeda-beda pada setiap orang. Selain itu, remaja yang baru saja menjadi penglihatan terbatas akan sering memiliki kebutuhan emosional yang agak berbeda dari mereka yang telah menjadi penglihatan terbatas sejak masa kanak-kanak. Anak remaja Anda akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri, belajar untuk hidup dengan kehilangan penglihatannya, dan mengatasi perasaannya, tetapi mereka juga akan membutuhkan dorongan dan dukungan. Banyak strategi yang penting bagi remaja yang terlahir dengan gangguan penglihatan akan sangat membantu.

Membantu Anak Remaja Anda yang Mengalami Low Vision

Memberikan dukungan emosional kepada anak Anda pada masa remaja perlu menjadi fokus utama. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantunya: Bersedialah untuk berbicara dengan anak Anda tentang perasaannya mengenai penurunan penglihatan yang signifikan. Kenali perasaan Anda sendiri dan atasi kehilangan penglihatan anak Anda. Biarkan dia tahu bahwa Anda ada di sana untuk mendengarkan dan mendukungnya, bukan menghakimi.

Bantu mereka bertemu dengan remaja dan orang dewasa lain yang mengalami low vision dan menjalani kehidupan yang sukses. Bertemu dengan orang lain yang mengalami low vision dan mendengar pengalaman mereka akan membantu anak Anda menyadari bahwa mereka bukanlah satu-satunya orang yang mengalami gangguan penglihatan. Para panutan dapat berbagi tentang bagaimana mereka menghadapi perasaan mereka sendiri tentang kehilangan penglihatan. Mendengar langsung dari seseorang yang memiliki pengalaman serupa dapat sangat membantu banyak remaja.

Anak remaja Anda juga dapat memperoleh manfaat dari waktu yang dihabiskan di perkemahan musim panas dan program-program lainnya. Jika anak Anda mengungkapkan perasaan sedih atau marah tentang hubungan mereka dengan teman-temannya, sarankan agar mereka mengundang satu atau dua orang teman. Beberapa remaja mungkin tidak yakin bagaimana harus bereaksi dan mendukung teman yang mengalami kehilangan penglihatan. Anak Anda mungkin perlu melakukan langkah pertama dan menemukan bahwa teman-temannya masih ada untuk mereka setelah mereka memiliki kesempatan untuk berbicara dengan tenang satu sama lain.

Baca Juga: Mengalami Rabun Jauh, Apa yang Harus Segera Dilakukan?

Membangun kembali hubungan dengan teman akan memberikan jalan keluar untuk berbagi perasaan. Jika Anda mendapati anak Anda bingung secara emosional, pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang konselor. Terkadang orang luar yang memiliki pelatihan profesional dapat membantu remaja mengatasi masalah dengan lebih efektif daripada mereka yang paling dekat dengan remaja tersebut.

Anak remaja Anda mungkin akan lebih mudah membicarakan kondisi matanya dengan orang lain yang low vision. Jika mereka tidak memiliki banyak kontak dengan anak-anak lain ketika mereka masih kecil, pertimbangkan untuk mendorong mereka melakukannya sekarang. Hal ini akan memberi mereka kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan orang lain yang menurut mereka sama dengan mereka. Pengalaman ini dapat membuat mereka merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri dan low vision mereka.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata seperti low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.