Ortho K – Mungkin hanya sedikit orang yang belum pernah mendengar tentang orthokeratology atau ortho-k saat ini. Ortho-k merupakan terapi perawatan non-bedah yang menjadi solusi penting dalam memperbaiki masalah penglihatan. Penggunaan ortho-k sebagai metode kesalahan refraksi semakin populer. Ini dikarenakan semakin banyaknya orang yang telah didiagnosis mengalami kelainan refraksi, terutama miopia. Orthokeratology atau lensa ortho-k ini akan bekerja dengan baik untuk orang-orang dari berbagai usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Simak apa saja manfaat dan keunggulan yang dihadirkan oleh lensa malam ortho-k.

Apa itu Lensa Ortho-K?

Lensa ortho-k (orthokeratology) adalah lensa kontak khusus yang dibuat berdasarkan peta gelombang kornea mata pasien. Selama beberapa hari atau minggu, anda akan menggunakan serangkaian lensa kontak yang berbeda untuk membentuk kembali kornea anda. Proses pembentukan ulang kornea ini akan berdampak pada keseluruhan bentuk mata anda dan meningkatkan kinerja bagaimana cahaya dibiaskan ke retina. Anda mendapatkan penglihatan yang lebih jelas saat lensa membentuk kembali kornea, tanpa perlu memakai alat bantu optik lainnya.

Ortho-k dianggap sebagai prosedur yang efektif dan tidak memerlukan laser, pisau, atau waktu penyembuhan setelah operasi. Orthokeratology bisa memperlambat Progresif Miopia secara signifikan seperti yang ditunjukkan oleh banyak studi klinis. Ortho-k bisa digunakan untuk memperlambat pertumbuhan panjang aksial bola mata atau kornea yang terlalu melengkung. Karena panjang aksial mata anak yang lebih memanjang berarti memburuknya miopia yang akan menyebabkan resep miopia lebih tinggi. Sehingga ortho-k menjadi alternatif yang baik dalam memperlambat proses perkembangan miopia tersebut.

Baca Juga: Kenali Masalah Visual Hingga Disebut Sebagai Low Vision

Manfaat yang Dihadirkan Oleh Ortho-K

Pasien yang menggunakan Ortho-k akan menerima berbagai manfaat yang membuat lensa ini lebih unggul dari solusi koreksi penglihatan lainnya. Lensa ortho-k dibuat menggunakan teknologi pemetaan yang tepat yang memastikannya bisa untuk dipasang secara khusus ke mata dengan baik. Sifat individual membuat mereka sangat dapat diandalkan dan juga meningkatkan kenyamanan pemakaian lensa ortho-k. Dimana lensa ini akan memperbaiki kelainan refraksi dalam semalam. Lensa membentuk kembali kornea agar anda dapat melihat dengan jelas sepanjang hari tanpa perlu kacamata atau lensa kontak.

Efek yang dimiliki lensa ortho-k bisa bertahan sepanjang hari. Sehingga ini akan memungkinkan anda untuk dapat melihat dengan jelas saat menjalankan rutinitas harian anda.  Ortho-k juga menyediakan metode koreksi penglihatan non-bedah. Ini sangat cocok untuk pasien yang enggan menjalani operasi atau bukan kandidat yang tepat untuk operasi. Sifat non-invasif menjadikan lensa ortho-k ini menjadi pilihan yang baik bagi banyak pasien yang menderita kelainan refraksi.

Manfaat lensa ortho-k juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Lensa malam (ortho-k) ini bisa menekan pertumbuhan mata dan memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan miopia. Ini adalah solusi alternatif untuk koreksi penglihatan bagi mereka yang terlalu muda untuk menjalani operasi mata. Bahkan kebanyakan orang bisa menggunakan metode koreksi penglihatan dengan Ortho-k. Teknologi yang telah berkembang membuat orthok-k bisa untuk menangani berbagai kondisi penglihatan, seperti rabun dekat, presbiopia, dan astigmatisme.

Prosedur Ortho-K

Dengan Ortho-k, penglihatan pasien seringkali menjadi lebih baik dan nyaman daripada dengan kacamata. Lensa ini sangat bagus dan cocok untuk pasien yang membutuhkan koreksi penglihatan tetapi mengalami kesulitan menggunakan kacamata atau lensa kontak tradisional sehari-hari. Untuk orang-orang seperti atlet, atau mereka yang bekerja di lingkungan yang berdebu atau terlalu kering, Ortho-k adalah opsi yang tepat.

Orthokeratology adalah proses yang menggunakan lensa kontak khusus permeabel gas untuk membentuk kembali kelengkungan mata untuk meningkatkan penglihatan. Perawatan yang aman dan efektif yang dapat memperbaiki rabun dekat hingga astigmatisme. Kebanyakan pemakai Ortho-K akan mencapai penglihatan fungsional yang jelas selama jam-jam bangun dan tidak merasa perlu menggunakan kacamata sepanjang hari. Pemakainya memakai lensa pada malam hari untuk tidur, pada pagi hari mereka melepas lensa setelah bangun tidur. Mereka tidak perlu memakai kacamata apapun ke sekolah atau ke kantor setelah itu. Teknologi modern dalam desain dan produksi menjadikannya cara yang andal dan tepat untuk koreksi penglihatan yang aman.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.