Ortho K – Lensa malam Ortho-k mungkin sudah sangat familier bagi setiap orang yang menginginkan koreksi penglihatan tanpa bedah. Lensa ortho-k memiliki bentuk stabil secara dimensi yang dipakai selama tidur dan dilepas setelah bangun tidur. Lensa kontak ini mampu memijat mata dengan kekuatan yang berbeda-beda sehingga Anda bisa melihat dengan jelas sepanjang hari tanpa lensa atau kacamata. Selama pemakaian, lensa ortho-k akan membentuk kornea dengan bertahap untuk koreksi penglihatan. Selain itu, lensa Ortho-k juga digunakan dalam kontrol miopia untuk anak-anak. Kenali pemakaian lensa ortho-k untuk koreksi penglihatan dengan baik berikut ini.

Kenali Apa Lensa Malam Ortho-K?

Dalam bentuknya yang paling dasar, Orthokeratology atau Ortho-K adalah metode koreksi penglihatan yang mengatur kelengkungan atau bentuk kornea mata. Kornea mata adalah struktur bola mata terang yang terletak di atas iris berwarna. Tekstur kornea sangat mirip dengan kulit kita, yang sangat lentur. Kornea memisahkan mata dari udara, dan bagian lain dari dunia luar, serta memiliki bentuk yang melengkung. Kornea bertugas untuk membelokkan cahaya ke arah belakang mata dan bertanggung jawab sebagian besar atas daya bias mata. Ketika bentuk kornea terlalu melengkung, maka daya biasnya akan bermasalah. Lensa ortho-k akan memperbaiki kelengkungan kornea tersebut, sehingga fokus penglihatan kembali normal.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Menggunakan Lensa Malam Ortho-K?

Sebelum anda mulai menggunakan lensa malam ortho-k, ada beberapa tes yang harus dilakukan. Bagian terpenting dari proses pemeriksaan ini adalah untuk menilai apakah mata anda dalam kondisi yang sehat dan bisa menggunakan metode ortho-k. Dokter spesialis mata akan memeriksa retina, kornea, dan bagian luar mata secara menyeluruh. Bagian penting kedua adalah memetakan bentuk kornea mata anda. Seperti peta, Topografer menampilkan informasi tentang perbedaan ketinggian kornea anda, yang memberikan gambaran rinci tentang bentuk mata anda. Informasi dari topografer, ukuran kornea anda, dan kekuatan yang harus diperbaiki semuanya digunakan untuk mendesain lensa otho-k anda.

Baca Juga: Pelajari Mata Minus dan Terapi Mata Minus yang Bisa Dilakukan

Pada hari anda memilih untuk menggunakan lensa ortho-k, anda akan menerima instruksi tentang bagaimana cara memakai lensa dengan baik. Anda akan belajar cara memasang dan melepas lensa dan cara merawatnya. Kesesuaian lensa akan dinilai dan akan dibuat janji untuk check-up setelah tidur malam pertama dengan lensa. Setelah malam pertama, spesialis sekali lagi akan menilai kecocokan lensa, menentukan kekuatan saat ini dan membuat topografi baru untuk menentukan efek lensa. Selama periode pertama, dokter spesialis akan memeriksa anda beberapa kali untuk menentukan apakah kesehatan kornea terjaga dan apakah pengobatannya efektif. Mungkin saja lensa harus disesuaikan pada periode awal untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangan Lensa Malam Ortho-K?

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum memasang dan melepas lensa anda adalah mencuci tangan secara menyeluruh dan keringkan dengan handuk bebas serat. Sangat penting untuk membersihkan tangan anda sebelum memasang lensa ortho-k agar lensa tetap dalam kondisi yang steril. Kemudian, tempatkan lensa 10 menit sebelum tidur. Mulailah menempatkan lensa malam ortho-k dalam urutan yang sama. Misalnya, selalu mulai dengan lensa yang tepat, baik saat memasukkan maupun melepas lensa. Saat anda memasukkan lensa, beri beberapa tetes cairan tambahan di sisi berlubang lensa. Hal ini untuk memastikan bahwa lensa langsung pas dengan nyaman pada mata.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.