Orthokeratology adalah aplikasi lensa kontak khusus yang populer sebagai koreksi penglihatan. Ini adalah solusi untuk masalah penglihatan buram dan buruk akibat kelainan refraksi, terutama pada kasus miopia. Lensa orthokeratology merupakan pilihan tepat tanpa operasi untuk memperbaiki masalah penglihatan tanpa bedah refraktif. Ini adalah solusi efektif untuk memiliki penglihatan yang jelas kembali tanpa alat bantu optik. Ketahui bagaimana orthokeratology memperbaiki penglihatan pada pembahasan berikut.

Kenali Apa itu Lensa Orthokeratology

Orthokeratology merupakan lensa khusus yang dipakai semalaman saat tidur. Lensa kontak khusus orthokeratology memiliki konsep yang berbeda dengan aplikasi lensa kontak reguler pada umumnya. Lensa orthokeratology dirancang secara khusus, sehingga lebih mudah beradaptasi dengan bentuk alami permukaan mata (kornea). Kemudian, lensa orthokeratology membentuk ulang kembali kornea dengan lembut dan secara perlahan untuk menghilangkan masalah penglihatan akibat kelainan refraksi. Dengan begitu proses pembiasan cahaya diperbaiki sehingga bisa fokus tepat pada retina, dan ketajaman penglihatan menjadi lebih baik.

Lensa orthokeratology adalah lensa kontak khusus yang kaku dan berfungsi untuk mengubah bentuk kornea. Orthokeratology yang terdiri dari lensa kontak kaku yang permeabel gas akan mengubah bentuk kornea tanpa merusak atau mempengaruhi kesehatan mata. Lensa orthokeratology dimaksudkan untuk mengubah bentuk kornea sebagai koreksi visual. Perubahan bentuk kornea ini tidak permanen tetapi hanya sementara dan tetap stabil selama beberapa jam berikutnya di siang hari. Untuk mencapai modifikasi kornea yang optimal dalam mengoreksi penglihatan, maka lensa orthokeratology perlu digunakan secara teratur.

Bagaimana Lensa Orthokeratology Bekerja?

Orthokeratology adalah lensa pembentukan kembali kornea yang dibuat khusus dan dipakai semalaman. Dimana pemakaian lensa orthokeratology ditujukan untuk memberikan penglihatan yang jelas sepanjang hari. Orthokeratology digunakan untuk mengoreksi dan memperlambat rabun jauh pada anak-anak hingga mengoreksi presbiopi pada orang dewasa.

Lensa berfungsi sebagai cetakan untuk menekan kornea dan menjadikannya sebagai bentuk baru. Lensa tidak menyentuh kornea; akan tetapi mengapung di film air mata yang sangat tipis. Dan memanfaatkan kekuatan hidrolik yang dengan lembut akan membentuk kembali kornea.

Baca Juga: Ortho-K Lensa Malam Solusi Kelainan Refraksi Tanpa Operasi

Berbeda dengan lensa kontak biasa yang memiliki bentuk kubah bulat sempurna. Lensa orthokeratology menggunakan desain geometris terbalik. di mana pada area tengah lensanya diratakan. Kekuatan hidrolik diterapkan pada film air mata menginduksi tekanan ke pusat lapisan jaringan atas kornea, yang disebut epitel.

Sel-sel epitel saling berhubungan, sehingga cairan yang diisi dapat bergerak di antara sel-sel. Bagian tengah epitel menjadi lebih tipis, dan pinggirannya menebal. Dengan cara ini, kornea diratakan sehingga rabun jauh akan diperbaiki dan menghasilkan penglihatan siang hari yang sempurna. Serta, menjaga keadaan alami kornea untuk memperlambat perkembangan miopia.

Apa Bedanya Orthokeratology dari Lensa Kontak Biasa?

Lensa orthokeratology adalah lensa terapi, bukan hanya alat untuk mengoreksi penglihatan. Dengan membentuk kembali kornea, orthokeratology meningkatkan fungsi mata dalam menghasilkan ketajaman visual yang lebih baik. Sebaliknya, kebanyakan lensa kontak biasa hanya mengoreksi penglihatan tetapi tidak memperbaikinya. Dengan pemakaian rutin lensa orthokeratology semalaman, Anda akan menikmati penglihatan yang lebih baik selama 24 hingga 72 jam. Ini berbeda dengan lensa kontak biasa yang hanya mengoreksi penglihatan hanya selama dipakai.

Dengan lensa kontak khusus orthokeratology, pasien bisa menikmati penglihatan bebas tanpa harus memakai alat bantu visual seperti kacamata atau lensa kontak di siang hari. Terapi dengan lensa orthokeratology adalah pilihan yang sangat nyaman bagi orang yang suka berolahraga dan aktif secara fisik. Ini juga menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang berada di wilayah dengan kondisi cuaca yang sangat kering, panas, atau dingin. Setiap desain lensa orthokeratology dibuat secara khusus untuk masing-masing pasien. Dimana dibutuhkan pengukuran dan pemetaan permukaan kornea untuk merancang lensa orthokeratology sesuai dengan pasien.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.