Mata yang merupakan indera penglihatan adalah organ yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang. Melalui indera penglihatan tersebut, seseorang bisa melihat keadaan dunia di sekitarnya. Timbulnya gangguan penglihatan tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Namun, sekarang ini masalah penglihatan telah menjadi permasalahan yang umum terjadi. Di era yang semakin melek akan kemajuan teknologi gadget menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi dalam aktivitas anak. Kecenderungan akan gadget dapat menyita waktu anak untuk bermain dengan gadgetnya. Padahal cahaya layar monitor gadget kurang baik bagi kesehatan mata anak. Untuk itu, diperlukan langkah pencegahan untuk meminimalkan risiko gangguan penglihatan.

Terlalu lama menatap layar monitor gadget seperti halnya smartphone, dapat memengaruhi kesehatan mata anak. Sinar radiasi yang dihasilkan oleh perangkat tersebut lama-kelamaan dapat membuat mata merah, kering, kelelahan, hingga penglihatan menjadi kabur. Blue light yang dihasilkan oleh layar smartphone, dan perangkat digital lainnya yang terlalu lama dilihat dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS). Karena ketika mata melihat layar monitor, mata membutuhkan akomodasi fokus yang lebih apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Gejala yang bisa dialami ketika anak terlalu lama berkatifitas dengan gadgetnya, seperti:

  • Sakit kepala
  • Hilang fokus
  • Kelelahan mata
  • Sensasi terbakar pada mata
  • Mata merah
  • Penglihatan ganda
  • Mata berkedut
  • Penglihatan kabur
  • Nyeri leher dan bahu

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Mempengaruhi Aktivitas Anak yang Berhubungan dengan Gadget

Langkah yang bisa diambil untuk mengantisipasi hal tersebut dalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi atau lensa blue control. Hal tersebut menjadi solusi untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada mata akibat blue light layar monitor gadget. Lensa blue control mampu mengurangi sinar biru yang dipancarkan oleh layar monitor gadget, meminimalkan  silau, dan meningkatkan kontras. Lensa blue control menjadi perlindungan yang efektif dari blue light atau sinar biru dan menjaga mata dalam kondisi yang lebih baik. Selain itu, lensa blue control juga menawarkan penglihatan yang lebih nyaman dan rileks ketika anak beraktifitas dengan gadgetnya.

Lensa blue control pada umumnya dilengkapi dengan lapisan lensa anti reflektif yang mampu mengurangi pantulan sinar menyilaukan dari layar monitor gadget. Sinar biru (blue light) tersebut dapat menyebabkan mata kelelahan, serta mengganggu kemampuan fokus mata. Lensa blue control memiliki peran untuk mencegah ketegangan yang terjadi pada mata sehingga dapat meningkatkan kenyamanan ketika menggunakan gadget. Lensa blue control berbeda dari lensa kacamata reguler atau kacamata baca, khususnya dalam hal untuk mengoptimalkan penglihatan ketika melihat layar monitor gadget. Risiko penglihatan kabur, mata tegang, dan sakit kepala bisa muncul jika anak beraktivitas dengan gadget tanpa lensa blue control.

Kacamata anti radiasi dengan lensa blue control berfungsi untuk menghalangi sinar cahaya biru dari layar monitor yang berbahaya dan mencegahnya memasuki mata. Lensa ini memiliki filter berwarna kuning yang dirancang khusus untuk memotong sinar cahaya biru dari layar dan mencegahnya mencapai mata. Lensa ini juga secara alami meningkatkan kontras pada layar, yang membuat hal-hal lebih mudah dilihat dan karenanya mengurangi tingkat kelelahan pada mata. Meningkatnya aktivitas anak dalam menggunakan gadget harus diimbangi dengan penggunaan lensa blue control untuk mencegah timbulnya gangguan penglihatan yang dapat merugikan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata untuk anak yang terpercaya dan profesional? Segera hubungi kontak person atau kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan berbagai layanan kesehatan mata terbaik untuk anda dan keluarga. Kami memberikan layanan Pediatric Refraction untuk pemeriksaan kesehatan mata anak secara menyeluruh guna mengetahui kondisi penglihatan anak dengan baik. Dengan layanan pemeriksaan buta warna, pemeriksaan stereopsis, retinoscopy, serta konsultasi kesehatan mata dengan dokter ahli mata terpercaya. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya hanya bersama Vio Optical Clinic.