Ortho K – Orthokeratology atau ortho-k adalah solusi koreksi penglihatan yang aman, reversibel dan efektif bagi kelainan refraksi. Metode ini adalah cara sementara non-bedah untuk meningkatkan penglihatan anda terutama dalam menghentikan perkembangan miopia. Dengan menggunakan lensa kontak khusus yang dapat menyerap gas, kelengkungan kornea akan dibentuk kembali dengan lembut saat anda tidur. Lensa ortho-k yang dipakai semalaman akan menghasilkan penglihatan yang jelas sepanjang hari tanpa perlu kacamata atau lensa kontak.

Apa yang Harus Diketahui Tentang Ortho-K

Lensa ortho-k adalah lensa kontak medis yang dipakai pada malam hari. Saat Anda tidur, lensa ortho-k akan membentuk kembali kornea anda, sehingga anda dapat melihat dengan jelas keesokan harinya tanpa bantuan kacamata atau lensa kontak. Bahkan anda bisa menjalani aktivitas harian dengan mata telanjang tanpa memakai lensa kontak atau kacamata. Hasil dari pemakaian lensa kontak ortho-k semalaman bergantung pada tingkat keparahan miopia atau astigmatisme mereka. Lensa ortho-k adalah lensa khusus sehingga membutuhkan perawatan yang lebih spesifik daripada lensa kontak biasa pada umumnya.

Hal yang Perlu Dilakukan Dalam Penggunaan Lensa Ortho-K

Lensa ortho-k adalah lensa medis yang dirancang secara khusus dan berfungsi untuk membantu mengurangi bahkan menghentikan perkembangan miopia atau kelainan refraksi lainnya. Untuk itu, dalam pemakaiannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh dokter ahli mata. Selain itu, anda juga perlu memerhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Bersihkan wajah dan tangan Anda

Kebersihan sangatlah penting untuk menjaga lensa khusus ortho-k ini tetap higienis. Karena anda akan menyentuh mata anda secara langsung ketika memasukkan lensa kontak khusus ortho-k ini. Sebaiknya anda menghindari adanya kotoran, debu atau kuman yang bisa masuk ke mata anda. Cucilah tangan anda dengan sabun terlebih dahulu dan keringkan di atas handuk bersih sebelum melakukan pemasangan lensa ortho-k.

Baca Juga: Manfaat yang Dihadirkan oleh Lensa Ortho-k yang Memberikan Penglihatan Jelas

  1. Gunakan tangan kiri untuk menahan mata kanan agar tetap terbuka

Letakkan jari telunjuk kiri anda dengan lembut di atas kelopak mata kanan anda, dan tarik perlahan kelopak mata ke atas sehingga mata anda terbuka lebar. Pada saat yang sama, letakkan ibu jari kiri di bawah kelopak mata bawah dan tarik ke bawah dengan lembut. Penting sekali agar tangan tetap stabil selama prosedur ini. Jagalah agar mata tidak berkedip ketika anda memasukkan lensa khusus ortho-k ini.

  1. Tempatkan lensa dengan lembut di atas iris Anda

Letakkan salah satu lensa kontak di ujung jari telunjuk tangan kanan anda. Dengan jari telunjuk anda, angkat dengan hati-hati ke mata kanan anda. Jika lensa lembab, maka lensa harus menempel pada jari anda dan tidak tergelincir. Gerakkan lensa ke depan sampai dengan lembut menyentuh kornea anda dan dengan kuat berada di tengah mata anda.  Iris Anda adalah bagian berwarna di tengah mata anda, yang mengelilingi pupil. Iris melebarkan pupil untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk ke mata anda.

  1. Kedipkan mata Anda ke tengah dan basahi lensa

Tarik jari anda ke belakang, karena lensa seharusnya telah menempel pada permukaan mata anda yang basah saat ini. Berkediplah beberapa kali, dan lensa kontak akan berada di tengah secara alami dengan menetap di atas bentuk lengkung mata anda. Jika lensa tidak berada di tengah saat anda berkedip beberapa kali, atau terasa tidak nyaman maka anda harus menarik lensa keluar dan mencoba lagi

  1. Nikmati proses pembentukan ulang kornea selama anda tidur

Ketika anda menyelesaikan dengan baik pemasangan lensa ortho-k pada kedua mata, maka selanjutnya anda bisa menikmati prosesnya ketika tidur. Lensa ortho-k yang dirancang untuk dipakai dalam waktu yang lama saat anda sedang tidur, sebaiknya anda hanya memakainya segera sebelum anda tidur. Diperlukan waktu untuk tidur setidaknya 8 jam agar lensa dapat berfungsi secara maksimal.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staf profesional dan peralatan medis yang lengkap. Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.