Klinik Mata Jakarta – Memiliki benjolan di kelopak mata bukanlah masalah mata terburuk yang bisa Anda derita, tetapi hal ini mengganggu, membuat Anda tidak nyaman, dan sering kambuh atau menetap, sehingga membawanya ke eyecare terbaik seperti VIO OPTICAL mungkin saja dibutuhkan untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatannya. Benjolan kelopak mata adalah alasan umum mengapa orang mencari nasihat dari spesialis umum atau spesialis mata. Kista mata juga dikenal sebagai chalazion, bintitan, atau hordeolum.

Apa yang Dimaksud dengan Chalazion?

Chalazion menyebabkan terowongan yang tersumbat membengkak, membesar dan membuncit, serta pada beberapa kasus dapat menyebabkan infeksi pada lapisan kulit di sekitarnya. Gejalanya berkisar dari gangguan berupa benjolan sebesar kacang polong di kelopak mata hingga kemerahan, nyeri, dan keluarnya cairan dari kelenjar yang tersumbat.

Apa Cara Termudah untuk Menghilangkan Bintitan?

Mengompresnya

Kunci untuk menghilangkannya sesegera mungkin adalah dengan mengmpresnya dengan air hangat secara langsung ke kelopak mata yang terkena untuk melebarkan pembukaan kelenjar yang tersumbat. Hal ini juga akan melunakkan bahan yang terperangkap di dalam saluran yang tersumbat, sehingga lebih mudah untuk dipijat dengan tekanan yang lembut.

Infeksi yang Menyebar Dapat Menyebabkan Bintitan

Jika Anda mengalami demam, atau kemerahan yang menyebar dengan cepat ke seluruh kulit kelopak mata, maka Anda perlu menemui spesialis untuk mempertimbangkan pengobatan antibiotik oral. Dalam beberapa kasus, spesialis mata mengaitkan chalazion dengan infeksi yang menyebar di kulit di sekitarnya, suatu kondisi yang dikenal sebagai selulitis pre-septal. Hal ini lebih sering terjadi pada pasien diabetes atau kondisi kronis lainnya yang membuat mereka rentan terhadap infeksi, atau pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang tertekan.

Dalam kasus ini, antibiotik oral akan membantu mengatasi infeksi kulit. Namun, kista masih membutuhkan panas dan pijatan. Sangatlah penting bagi anak-anak dengan kista kelopak mata yang mengalami infeksi kulit terkait untuk segera mendapatkan antibiotik oral atau intravena. Kelopak mata memiliki beberapa lapisan dan salah satunya adalah septum, yang memisahkan lapisan luar dari lapisan dalam. Pada orang dewasa, septum telah berkembang sempurna, dan lapisan ini mencegah infeksi dangkal menyebar lebih dalam ke jaringan di sekitar bola mata dan, pada akhirnya, ke otak.

Baca Juga: Ketegangan pada Mata: Tips untuk Mengurangi Gejala yang Mengganggu

Namun, pada anak-anak, septum kelopak mata belum berkembang sempurna, dan infeksi superfisial dapat menyebar dengan cepat ke rongga mata yang lebih dalam dan otak. Ini bukanlah hal yang umum terjadi, tetapi jika seorang anak mengalami bintitan yang berwarna merah, panas, dan sakit, maka Anda harus segera mencari bantuan medis dengan pergi ke klinik mata berkualitas tinggi seperti VIO OPTICAL. Jika chalazion berwarna seperti kulit dan tidak ada demam, maka chalazion pada anak dapat diobati dengan cara yang sama seperti pada orang dewasa, yaitu dengan panas dan pijatan.

Pilihan Pengobatan yang Efektif

Ingat, chalazia dapat kambuh dan mengganggu. Perawatan yang efektif meliputi:

  • Memulai rutinitas panas dan pijat dengan segera dan melakukannya setidaknya dua kali sehari. Perawatan lima menit yang teratur dan konsisten selama lima menit dua kali sehari lebih baik daripada 30 menit seminggu sekali.
  • Oleskan handuk hangat dan basah ke tepi kelopak mata di atas kista, bukan pada kulit kelopak mata. Bukaan yang tersumbat berada di tepi kelopak mata, bukan di kulit
  • Jika seorang anak memiliki chalazion, dengan kemerahan yang menyebar di kulit di sekitarnya dan demam, mereka perlu segera ke spesialis untuk mendapatkan antibiotik untuk menghentikan infeksi yang menyebar ke jaringan dalam di sekitar mata dan otak.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.